Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pesawat Sederhana Kelas VIII Di Smp Negeri 1 Kairatu
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27596Keywords:
project based learning, creative thingking, simple plane materialAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena sangat rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik di kelas VIII SMP N 1 Kairatu. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL). Pada penelitian ini menggunakan tipe one group pretest-posttest, dan didalamnya terdapat pretest, treatment, dan posttest, dengan 20 peserta didik sebagai sampel dalam penelitian ini yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran project based learning dapat membuat kemampuan berpikir kreatif peserta didik meningkat. Berdasarkan data pada instrumen tes dan non tes. Tes awal yang berkategori kurang kreatif sebesar 20% dan tidak kreatif sebesar 80%. Pada non tes berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berkategori kreatif sebesar 20% dan cukup kreatif sebesar 80%. Pada tes akhir peserta didik mendapatkan kategori nilai sangat kreatif 30% dan kreatif 70%. Rerata skor pencapaian nilai akhir peserta didik adalah 61,8 berada pada kualifikasi kreatif. Hal tersebut menunjukan bahwa kemampuan peserta didik mengalami peningkatan pada setiap tahap melalui model pembelajaran project based learning.Downloads
References
This study was motivated by the very low creative thinking skills of students in class
VIII SMP N 1 Kairatu. To solve these problems using a project-based learning (PjBL)
learning model. In this study using the one group pretest-posttest type, and in which
there are pretest, treatment, and posttest, with 20 students as samples in this study
obtained using purposive sampling technique. The results of this study indicate that
the project-based learning model can make students' creative thinking skills
increase. Based on data on test and non-test instruments. The initial test which was
categorized as less creative was 20% and not creative was 80%. In non-tests in the
form of Learner Worksheets (LKPD) categorized as creative by 20% and quite
creative by 80%. In the final test, students get a very creative score category of 30%
and creative 70%. The average score of the achievement of the final score of
students is 61.8 in creative qualifications. This shows that the ability of students has
increased at each stage through the project-based learning model.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.