INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM MEMBENTUK SIKAP TOLERANSI SANTRI

INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM MEMBENTUK SIKAP TOLERANSI SANTRI

Authors

  • Ivan Kharisma Universitas Nurul Jadid
  • Jazilurrahman Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27613

Keywords:

Internalisasi, Nilai Moderasi Beragama, Toleransi

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara mendalam tentang proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam membentuk sikap toleransi santri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus.  Lokasi penelitian di pondok pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo dari bulan Januari-Mei 2025. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisa data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam membentuk sikap toleransi santri di Pesantren Zainul Hasan Genggong yakni melalui integrasi nilai moderasi beragama dalam kurikulum pendidikan pesantren, pengajian kitab kuning, menerima kunjungan umat agama non-Muslim, KKN (Kuliah Kerja Nyata) bertema moderasi beragama, dan kerja bakti rutin di lingkungan pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku

Alim, Muhammad, (2011). Pendidikan Agama Islam (Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Basrowi dan Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rineka Cipta

Hasyim, Umar. (1979). Toleransi dan Kemerdekaan Beragama Dalam Islam Sebagai Dasar Menuju Dalog dan Kerukunan Antar Agama. Surabaya: PT Bina Ilmu Offset.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. (2022, Juni 9). Kunjungi MTs Zainul Hasan Genggong, Kakanwil apresiasi moderasi beragama. https://jatim.kemenag.go.id/berita/528516/kunjungi-mts-zainul-hasan-genggong-kakanwil-apresiasi-moderasi-beragama

Lickona, Thomas. (1992). Educating for Character, How are Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Ridwansyah, A. (2023,November 17). 65 Kasus intoleransi terjadi di Indonesia pada 2019-2023. KBR. https://kbr.id/berita/nasional/65-kasus-intoleransi-terjadi-di-indonesia-pada-2019-2023

Saifuddin, L. H. (2019). Moderasi beragama. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

TEMPO. (2023, Maret 24). Setara institute catat kenaikan kasus intoleransi jelang tahun politik. https://www.tempo.co/politik/setara-institute-catat-kenaikan-kasus-intoleransi-jelang-tahun-politik-205562

Jurnal

Alabdulhadi, Maali Mohammed Jassim, and Kalthoum Mohammed Alkandari. 2024. “Practices of Islamic Education Teachers in Promoting Moderation (Wasatiyyah) Values among High School Students in Kuwait: Challenges and Obstacles.” Cogent Education 11 (1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2365577.

Alawi, Hapsi, and Muhammad Anas Maarif. 2021. “Implementasi Nilai Islam Moderat Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural.” Journal of Research and Thought on Islamic Education (JRTIE) 4 (2): 214–30. https://doi.org/10.24260/jrtie.v4i2.2037.

Alim, Muhamad Syaikhul, and Achmad Munib. 2021. “Aktualisasi Pendidikan Moderasi Beragama Di Madrasah.” Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas 9 (2): 263. https://doi.org/10.31942/pgrs.v9i2.5719.

Amrullah, M. Kholis, and M. Irfan Islamy. 2021. “Moderasi Beragama: Penanaman Pada Lembaga Pendidikan Formal Dan Nonformal.” Nizham Journal of Islamic Studies 9 (02): 57. https://doi.org/10.32332/nizham.v9i02.4308.

Arifin, S. 2022. “IMPLEMENTASI NILAI-NILAI RELIGIUS BERBASIS MODERASIS BERAGAMA TERHADAP PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN (Study Kasus Di Pondok Pesantren ….” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam … 4 (2): 249–65. http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/jmpid/article/view/1832.

Azizah, Riqwan. 2021. “The Relevance of Pesantren Culture: A Review on ‘Sejarah Etika Pesantren Di Nusantara in Nusantara.’” Risalatuna: Journal of Pesantren Studies 1 (1): 58. https://doi.org/10.54471/rjps.v1i1.1243.

Azmi, Muhammad Bagus. 2019. “Penerapan Nilai-Nilai Islam Moderat Di Kalangan Mahasantri Ma’Had Sunan Ampel Al-Aly Uin Maulana Malik Ibrahim Malang.” Skripsi, 12–26. http://etheses.uin-malang.ac.id/16819/%0Ahttp://etheses.uin-malang.ac.id/16819/1/15110190.pdf.

Burga, Muhammad Alqadri, and Muljono Damopolii. 2022. “Reinforcing Religious Moderation Through Local Culture-Based Pesantren.” Jurnal Pendidikan Islam 8 (2): 145–62. https://doi.org/10.15575/jpi.v8i2.19879.

Hasan, Mustaqim. 2021. “Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa.” Jurnal Mubtadiin 7 (2): 111–23. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadii.

Hummelstedt, Ida P., Gunilla I.M. Holm, Fritjof J. Sahlström, and Harriet A.C. Zilliacus. 2021. “Diversity as the New Normal and Persistent Constructions of the Immigrant Other – Discourses on Multicultural Education among Teacher Educators.” Teaching and Teacher Education 108. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103510.

Jannah, Miftahul, Khamim Zarkasih Putro, and Ahmad Tabiin. 2022. “Potret Sikap Toleransi Mahasiswa Program Studi PIAUD Dalam Penerapan Moderasi Beragama Di IAIN Pekalongan.” Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 12 (1): 107–18. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v12i1.992.

Jazilurrahman. 2022. “The Implementation Model Of Multicultural Islamic Education Values In Shaping The Humanist-Religious Attitudes Of Santris At Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo.” Pendidikan Multikultural 6: 1–22. https://riset.unisma.ac.id/index.php/MULTI/article/view/13634%0Ahttps://riset.unisma.ac.id/index.php/MULTI/article/download/13634/10554.

Kusuma, Bagus Wibawa. 2020. “Integrasi Nilai Islam Wasathiyah Dan Kearifan Lokal Dalam Dakwah Transformatif Pondok Pesantren Sabiilul Hidayah.”

Lalithabai, Diana S., Wael M. Ammar, Khalid S. Alghamdi, and Ahmad E. Aboshaiqah. 2021. “Using Action Research to Evaluate a Nursing Orientation Program in a Multicultural Acute Healthcare Setting.” International Journal of Nursing Sciences 8 (2): 181–89. https://doi.org/10.1016/j.ijnss.2021.01.002.

Mariyono, Dwi, Maskuri Maskuri, and M.Djunaidi Ghony. 2023. “Reconstructing Multicultural Islamic Education in Indonesia (Binoculars of Azyumardi Azra’s Thought).” Edunity Kajian Ilmu Sosial Dan Pendidikan 2 (4): 454–66. https://doi.org/10.57096/edunity.v2i4.80.

Marpaung, Watni, Noor Azizah, and Putra Apriadi Siregar. 2024. “Islamic Education, Depression, Religiosity, and the Effects of Religion Moderation of Muslim Students.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 80 (1). https://doi.org/10.4102/hts.v80i1.9271.

Muaz, Muaz, and Uus Ruswandi. 2022. “Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5 (8): 3194–3203. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.820.

Munfa’ati, Kusnul. 2023. “Integrasi Nilai Islam Moderat Pada Pendidikan Karakter Di MI Miftahul Ulum Driyorejo Gresik.” BHINNEKA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran 1 (1): 106–16.

Pangestu, Riko. 2021. “INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM MODERAT PADA PONDOK PESANTREN DI BANDAR LAMPUNG RIKO PANGESTU PROGRAM MAGISTER ILMU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PASCASARJANA ( Ps ) UIN RADEN INTAN LAMPUNG INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM MODERAT PROGRAM MAGISTER ILMU PENDIDIKAN.”

Pasaribu, Andar Gunawan. 2023. “Peran Pendidikan Teologi Berbingkai Moderasi Beragama Dalam Pengembangan Sikap Toleransi Mahasiswa.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 3 (1): 11–24. https://doi.org/10.54170/harati.v3i1.160.

Rahmat, Munawar, and M. Wildan Bin H.M. Yahya. 2022. “The Impact of Inclusive Islamic Education Teaching Materials Model on Religious Tolerance of Indonesian Students.” International Journal of Instruction 15 (1): 347–64. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15120a.

Saihu, Made. 2022. “Moderasi Pendidikan: Sebuah Sarana Membumikan Toleransi Dalam Dunia Pendidikan.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11 (02): 629. https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.2651.

Syaibani, I. A. Y., & Salik, M. (2021). Pendidikan Toleransi Antar Umat Beragama melalui Pendidikan Agama Islam (Menelusuri Pemikiran Gus Dur). AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 4(2), 120-142.

Sayyi, Ach. 2014. “Menguak Nilai Pendidikan Islam Moderat Di Pesantren Federasi Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 1–20.

Shodiq, Muhammad. 2021. “Mengenalkan Pancasila Melalui Nilai-Nilai Islam Moderat.” Bertuah Jurnal Syariah Dan Ekonomi Islam 2 (1): 25–32. https://doi.org/10.56633/jsie.v2i1.189.

Suryadi, Rudi Ahmad. 2022. “Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Agama Islam.” Taklim : Jurnal Pendidikan Agama Islam 20 (1): 1–12. https://doi.org/10.17509/tk.v20i1.43544.

Sutrisno, Edy. 2019. “Aktualisasi Moderasi Beragama Di Lembaga Pendidikan.” Jurnal Bimas Islam 12 (2): 323–48. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113.

Syatar, Abdul, Muhammad Majdy Amiruddin, Islamul Haq, and Arif Rahman. 2020. “Darurat Moderasi Beragama Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).” KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan 13 (1): 1–13.

Umar Al Faruq, and Dwi Noviani. 2021. “Pendidikan Moderasi Beragama Sebagai Perisai Radikalisme Di Lembaga Pendidikan.” TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam 3 (1): 59–77. https://doi.org/10.53649/taujih.v3i1.91.

Zamroni, Zamroni, Hasan Baharun, Achmad Febrianto, Muhammad Ali, and Siti Rokaiyah. 2022. “Membangun Kesadaran Santripreneur Berbasis Kearifan Lokal Di Pondok Pesantren.” Al-Tijary 7 (2): 113–27. https://doi.org/10.21093/at.v7i2.4264.

Zulkifli, Nur Kafid, Herlino Nanang, and Muhamad Fahri. 2023. “The Construction of Religious Moderation Among Indonesian Muslim Academics.” Teosofi: Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam 13 (2): 337–66. https://doi.org/10.15642/teosofi.2023.13.2.337-366.

Zumrotus Sholikhah, and Muhamad Basyrul Muvid Muvid. 2022. “Konsep Islam Moderat Sebagai Alternatif Dalam Proses Penanggulangan Paham Radikal Di Indonesia.” Al-Afkar, Journal For Islamic Studies 5 (4): 115–28. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.324.

Downloads

Published

2025-07-04