PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KESALEHAN INDIVIDU SISWA DI SD NEGERI 2 CILOA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27691Keywords:
Peran Guru, Kesalehan Individu, Siswa SDAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Kesalehan Individu Siswa di SD Negeri 2 Ciloa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian meliputi Kepala Sekolah, Guru PAI, serta siswa kelas V di SD Negeri 2 Ciloa. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga teknik utama yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan peneliti meliputi lembar observasi khusus untuk Guru PAI, pedoman wawancara untuk Kepala Sekolah, Guru PAI, dan beberapa siswa kelas V, serta dokumentasi terkait. Adapun hasil penelitian menunjukkan hasil analisis persentase yang mencapai 75%, disimpulkan bahwa Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Kesalehan Individu Siswa di SD Negeri 2 Ciloa sudah terlaksana dengan baik. Angka ini, yang berada dalam rentang kategori 61% - 80%, mengindikasikan efektivitas peran guru PAI yang signifikan. Guru PAI di SD Negeri 2 Ciloa tidak hanya berfungsi sebagai pengajar, melainkan juga sebagai pembentuk karakter dan akhlak mulia, penggerak pembiasaan keagamaan melalui program rutin.Downloads
References
Hamzah, Nuraini; , Anton; Rahman,
Fazlur;. (2024). Strategi Guru
Pendidikan Agama Islam Dalam
Meningkatkan Kecerdasan
Spiritual Peserta Didik Di SMAN 5
Kupang.
Kadafi, Ahmad;. (2024). Kontribusi
Guru Pendidikan Agama Islam
Dalam Meningkatkan Kecerdasan
Spiritual Peserta Didik Di SD
Negeri 2 Metro Timur.
Maherah, Rafika;. (2020). Peranan
Guru Pendidikan Agama Islam
dalam Membentuk Sikap
Keagamaan pada siswa.
Mukhlis; Rasyidi, Ahyar; Husna;.
(2024). Tujuan Pendidikan Islam:
Dunia, Akhirat dan Pembentukan
Karakter Muslim dalam
Membentuk Individu yang
Berakhlak dan Berkontribusi
Positif. Jurnal Pendidikan dan
Pemikiran Islam.
Ramli, Rosmiati; Prianto, Nanang;.
(2019). Peranan Guru Pendidikan
Agama Islam dalam Pembinaan
Kecerdasan Emosional. Jurnal Al-
Ibrah.
Robianti. (2022). Peran Guru
Pendidikan Agama Islam Dalam
Mengembangkan Kecerdasan
Spiritual Siswa Di Sekolah Dasar
Negeri 007 Pusaran Kecamatan
Enok.
Sarwindah, Umi; Rokhuma, Chubbi
Mllatina;. (2019). Membina
Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas
IV SD Ala Guru PAI.
Selfi. (2018). Peranan Guru
Pendidikan Agama Islam Dalam
Membina Kecerdasan Spiritual
Siswa Kelas VII SMP Neger 3
Bajeng Kecamatan Bajeng
Kabupaten Gowa.
Supriyatno, Triyo;. (2016).
Keberagaman Elemen Budaya
Dalam Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam Di Sekolah Dasar
Islam Di Malang.
Utami, Lufiana Harnany;. (2015).
Pengembangan Kecerdasan
Spiritual Siswa Di SD Islam
Tompokersan Lumajang.
Yuliani, Wiwin;. (2018). Metode
Penelitian Deskriptif Kualitatif
Dalam Perspektif Bimbingan Dan
Konseling.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.