PENERAPAN TGT BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KERJASAMA PADA MATERI RANTAI MAKANAN

Authors

  • Farkhani Azhari Universitas Negeri Semaran
  • Sarwi Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27693

Keywords:

collaboration skills,team games tournament (TGT), Kemampuan Pemahaman Konsep

Abstract

 Penelitian ini menjawab tantangan pembelajaran IPA SD, khususnya sifat abstrak materi rantai makanan dan miskonsepsi siswa yang tinggi. Laporan Kemendikbud (2023) menunjukkan 68% siswa kelas IV-V mengalami kesulitan memahami interaksi trofik, sementara 52% guru bergantung pada metode cmedia tradisionalah. Selain itu, 45% kerja kelompok didominasi anggota tertentu, menghambat kolaborasi. Melalui meta-analisis, penelitian mengkaji efektivitas model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Media tradisional—media permainan tradisional yang mengkontekstualisasikan aliran energi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dari 10 jurnal nasional/internasional di Google Scholar. Hasil membuktikan sinergi TGT-Media tradisional meningkatkan pemahaman konsep (rata-rata hasil belajar naik 42%) dan kerjasama (ketuntasan kelas meningkat 18,75%). Pendekatan gamifikasi ini signifikan memacu motivasi, keterlibatan kinestetik, dan partisipasi setara dalam kelompok. Namun, implementasi memerlukan manajemen kelas matang dan pelatihan guru untuk mengatasi kebisingan selama turnamen. Penelitian mengonfirmasi bahwa media berbasis kearifan lokal dengan struktur kooperatif menjadi solusi pedagogi sains di daerah terbatas sumber daya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Putri, R. A., Febiyanti, V. E., &

Wijayanto, W. (2025). Analisis

Kreativitas dan Minat Siswa

Terhadap Pembelajaran Seni

Rupa SD Negeri 2 Purwosari.

JPKS (Jurnal Pendidikan Dan

Kajian Seni), 10(1), 43–55.

Rahmawati, A., Maryani, A. Y., &

Iswatiningsih, D. (2025).

Peningkatan Pemahaman

Budaya Lokal Suku Dayak

Melalui Literasi Digital di Sekolah

Dasar. Pedagogik: Jurnal

Pendidikan, 20(1), 27–38.

Saleha, L., Iltiqaiyyah, L., & Sholihah,

C. (2023). Image Branding

Management in Increasing

Competitiveness of Raudlatul

Athfal in The Society 5 . 0 Era.

1(2), 82–93.

Sinaga, E. M., Marpaung, E. K.,

Sihombing, J. P., & Turnip, H.

(2024). Karakteristik dan Peran

Guru dalam Proses Belajar

Siswa. Jurnal Trust Pentakosta,

1(1), 50–57.

Solihin, A., & Habibie, R. K. (2024).

Pengaruh Integrasi Budaya

Karapan Sapi Berbasis

Etnomatematika Terhadap Hasil

Belajar Geometri Siswa Sekolah

Dasar. Jurnal Penelitian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar,

12(8), 1466–1475.

Wardana, S. A. P., & Mustofa, Z.

(2025). Penggunaan Media

Quizizz dalam Meningkatkan

Keaktifan Belajar Siswa pada

Pembelajaran PAI dan BP di

Kelas VIII SMP Negeri 1

Jenangan Ponorogo. Semantik:

Jurnal Riset Ilmu Pendidikan,

Bahasa Dan Budaya, 3(2), 38–

54.

Downloads

Published

2025-06-14