PENERAPAN TGT BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KERJASAMA PADA MATERI RANTAI MAKANAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27693Keywords:
collaboration skills,team games tournament (TGT), Kemampuan Pemahaman KonsepAbstract
Penelitian ini menjawab tantangan pembelajaran IPA SD, khususnya sifat abstrak materi rantai makanan dan miskonsepsi siswa yang tinggi. Laporan Kemendikbud (2023) menunjukkan 68% siswa kelas IV-V mengalami kesulitan memahami interaksi trofik, sementara 52% guru bergantung pada metode cmedia tradisionalah. Selain itu, 45% kerja kelompok didominasi anggota tertentu, menghambat kolaborasi. Melalui meta-analisis, penelitian mengkaji efektivitas model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Media tradisional—media permainan tradisional yang mengkontekstualisasikan aliran energi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dari 10 jurnal nasional/internasional di Google Scholar. Hasil membuktikan sinergi TGT-Media tradisional meningkatkan pemahaman konsep (rata-rata hasil belajar naik 42%) dan kerjasama (ketuntasan kelas meningkat 18,75%). Pendekatan gamifikasi ini signifikan memacu motivasi, keterlibatan kinestetik, dan partisipasi setara dalam kelompok. Namun, implementasi memerlukan manajemen kelas matang dan pelatihan guru untuk mengatasi kebisingan selama turnamen. Penelitian mengonfirmasi bahwa media berbasis kearifan lokal dengan struktur kooperatif menjadi solusi pedagogi sains di daerah terbatas sumber daya.Downloads
References
Putri, R. A., Febiyanti, V. E., &
Wijayanto, W. (2025). Analisis
Kreativitas dan Minat Siswa
Terhadap Pembelajaran Seni
Rupa SD Negeri 2 Purwosari.
JPKS (Jurnal Pendidikan Dan
Kajian Seni), 10(1), 43–55.
Rahmawati, A., Maryani, A. Y., &
Iswatiningsih, D. (2025).
Peningkatan Pemahaman
Budaya Lokal Suku Dayak
Melalui Literasi Digital di Sekolah
Dasar. Pedagogik: Jurnal
Pendidikan, 20(1), 27–38.
Saleha, L., Iltiqaiyyah, L., & Sholihah,
C. (2023). Image Branding
Management in Increasing
Competitiveness of Raudlatul
Athfal in The Society 5 . 0 Era.
1(2), 82–93.
Sinaga, E. M., Marpaung, E. K.,
Sihombing, J. P., & Turnip, H.
(2024). Karakteristik dan Peran
Guru dalam Proses Belajar
Siswa. Jurnal Trust Pentakosta,
1(1), 50–57.
Solihin, A., & Habibie, R. K. (2024).
Pengaruh Integrasi Budaya
Karapan Sapi Berbasis
Etnomatematika Terhadap Hasil
Belajar Geometri Siswa Sekolah
Dasar. Jurnal Penelitian
Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
12(8), 1466–1475.
Wardana, S. A. P., & Mustofa, Z.
(2025). Penggunaan Media
Quizizz dalam Meningkatkan
Keaktifan Belajar Siswa pada
Pembelajaran PAI dan BP di
Kelas VIII SMP Negeri 1
Jenangan Ponorogo. Semantik:
Jurnal Riset Ilmu Pendidikan,
Bahasa Dan Budaya, 3(2), 38–
54.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.