PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BER-QR CODE UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I SD

Authors

  • Syakila Apriliana, Syaiful Musaddat Universitas Mataram
  • Aisa Nikmah Rahmatih, Moh. Irawan Zain Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27827

Keywords:

Keterampilan Membaca Permulaan, Media Pembelajaran Flashcard, QR Code

Abstract

Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti di sekolah didapatkan bahwa 90% dari 22 peserta didik belum mampu membaca dengan lancar. Masih terdapat beberapa peserta didik yang belum mengenal huruf dan lambang bunyi, pelafalan bunyi huruf W dan Y yang sering tertukar serta kesulitan dalam pelafalan huruf yang berakhiran “ng” dan “ny”. Diperlukan inovasi yang dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang ditemukan. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan media flashcard ber-QR code yang dapat membantu peserta didik dalam membaca permulaan. Tujuan penelitian ini yakni mengetahui prototipe, kevalidan, dan kepraktisan media flashcard ber- QR code untuk keterampilan membaca permulan peserta didik kelas I SD. Model pengembangan yang digunakan yakni ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze (analisis), design (desain), develop (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni angket validasi ahli materi dan angket validasi ahli media untuk uji kevalidan produk, agket respon peserta didik dan angket respon guru untuk uji kepraktisan produk. Berdasarkan penilaian dari validator ahli materi mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase 90% dan ahli media mendapatkan kriteria sangat layak dengan persentase 96%. Hasil kepraktisan produk peserta didik pada uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar, dan respon I orang guru klas I berturut-turut yakni 88,33%, 91,5%, dan 90% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan media flashcard ber- QR code sangat valid dan sangat praktis digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. Jurnal Pijar Mipa, 16(02), 170-175.

Cahyanti, N. R., William, N., & Nurmalasari, W. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran E-Flashcard Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 2170-2182.

Hayati, L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 15(2), 197-208.

Istiningsih, S., Darmiany, D., Astria, F. P., & Erfan, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli di Era New Normal. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(6), 911-920.

Juzzaini, H., Ermiana, I., & Musaddat, S. (2020). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN 10 Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 8(1), 15-26.

Kumullah, R., Yulianto, A., & Ida, I. (2019). Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 7(2), 36-42.

Mulyati, D., & Nugrahani, F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan Berbasis Media Flash Card Variatif Untuk Sekolah Dasar. Stilistika: Kajian Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 5(1).

Mulyatimingsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. Yogyakarta: UNY press. ISBN: 978-602-8418-59-4

Munthe, A. P., & Sitinjak, J. V. (2018). Manfaat Serta Kendala Menerapkan Flashcard Pada Pelajaran Membaca Permulaan. Jurnal dinamika pendidikan, 11(3), 210-228.

Musaddat, S., Istiana, S. R. H., & Mar’I (2019). Pendidikan Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Mataram: Cerdas Press.

Nugraha, A. P., Zulela, M. S., & Bintoro, T. (2018). Hubungan Minat Membaca dan Kemampuan Memahami Wacana dengan Keterampilan Menulis Narasi. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 19-29.

Pratama, A. P., & Hardini, A. T. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 4570-4579.

Rahmatih, A. N., Yuniastuti, A., & Susanti, R. (2018, May). Pengembangan Booklet Berdasarkan Kajian Potensi Dan Masalah Lokal Sebagai Suplemen Bahan Ajar SMK Pertanian. In Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) (pp. 474-481).

Rosyidah, U., Triwahyuni, I., & Musaddat, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Siswa Melalui Model Pembelajaran Make A Match Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SDN 1 Mataram. Journal of Science Instruction and Technology, 3(2), 101-107.

Septiani, M., & Zain, M. I. (2024). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 208-215.

Sirtufillaily, A., Tahir, M., & Hasnawati. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Etnopedagogi Suku Sasak Pada Materi IPAS Bab 5 Kelas IV. JCAR: Joural of Classroom Actiion Research, 69(1), 140-146

Ulandari, S., Dewi, N. K., & Istiningsih, S. (2022). Pengembangan Alat Peraga Jari Baru (Jaring-Jaring Bangun Ruang) Berbasis Inkuiri pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VI SDN 02 Pejanggik Praya Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 216-222.

Walidiati, M., Tahir, M., & Rahmatih, A.N. (2023) Pengembagan Media Kartu Kuartet Pada Pembelajaran IPA. Journal Of Classroom Action Research, 5(4), 321-330.

Wira, A (2021). Validitas dan Efektivits Media Pembelajaran Berbsis Android Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Journal of Education Informatic Technology and Science (JeITS), 3(1), 01-10.

Downloads

Published

2025-07-01