Pengaruh Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Savina Siti Nur Halimah KAMPUS STKIP MODERN NGAWI
  • Uci Ulfa Nur’afifah STKIP Modern Ngawi
  • Dita Primashanti Koesmadi STKIP Modern Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27906

Keywords:

Snakes and Ladders Media, Learning Outcomes

Abstract

Penelitian ini blertujuan untuk mlengetahui jawablan emlpiris tentang pengaruh penggunaan mledia ular tangga terhadap hasil blelajar mlatemlatika siswa kelas 3 SD Negeri Dawung 1. Dalaml penelitian ini peneliti mlenggunakan mletolde eksperimlen dengan jenis pre-eksperimlental dan blerblentuk OLne Grolup Pretest-Polsttest Design. Polpulasi yang digunakan dalamlpenelitian adalah seluruh siswa kelas 3 dengan jumllah 20 siswa. Instrumlen yang digunakan peneliti blerupa solal pilihan ganda dengan jumllah 10 solal yaitu solal pre-test dan polst-test. Teknik pengumlpulan data: 1) Tes, 2) Dolkumlentasi. Teknik analisis data dalamlpenelitian ini mlenggunakan teknik analisis data deskriptif dan analisis hipoltesis dengan mlenggunakan rumlus paired samlple t-test. Hasil penelitian mlenunjukkan blahwa: 1) MLedia ular tangga seblagai mledia pemlblelajaran dirancang sesuai dengan perkemlblangan dan karakteristik siswa sehingga dapat mlemloltivasi siswa kelas 3 dalaml mlemlahamli mlateri pecahan pada mlata pelajaran mlatemlatika dapat dilihat dari nilai yang diperolleh siswa yang seblelumlnya blerkategolri rendah setelah mlenggunakan mledia pemlblelajaran dapat blerkategolri tinggi, 2) MLedia pemlblelajaran ular tangga sangat blerpengaruh terhadap hasil blelajar siswa, dapat dilihat dari hasil blelajar siswa pada nilai pre-test dan polst-test.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mal gdal lenal , I., Fal uzial h, S. N., Fal zial h, S.

N., & Nupus, F. S. (2021). ALnal lisis

Val lidital s, Relial bilital s, Tingkal t

Kesulital n Dal n Dal yal Bedal Butir Soal l

Ujial n ALkhir Semester Temal 7 Kelal s

Iii Sdn Kal ret 1 Sepal tal n. BINTAL NG :

Jurnal l Pendidikal n Dal n Sal ins, 3(2),

198–214.

Pital lokal , D. L., Dimyal ti, D., &

Purwal ntal , E. (2021). Peral n Guru

Dal lal m Menal nal mkal n Nilal i

Toleral nsi Pal dal ALnal k Usial Dini Di

Indonesial . Jurnal l Obsesi : Jurnal l

Pendidikal n AL nal k Usial Dini, 5(2),

1696–1705.

Pral nal ndal , G., Friskal , S. Y., &

Susilal wal ti, W. O. (2021).

Pengal ruh Medial Konkret

Terhal dal p Hal sil Belal jal r Mal teri

Operal si Hitung Cal mpural n

Bilal ngal n Bulal t Siswal Kelal s IV

Sekolal h Dal sal r. Jurnal l Edukal si

Mal temal tikal Dal n Sal ins), 9(1), 1–

10.

Purwal nzal , S. W., Wal rdhal nal , (Cal nd)

ALdityal , Mufidal h, AL., Renggo, Y.

R., Setial wal n, J., Dal rwin, Bal di’al h,

AL., Sal yekti, S. P., Fal dlilal h, M.,

Nugrohowal rdhal ni, R. L. K. R.,

ALmruddin, Sal loom, G., Hal rdiyal ni,

T., Tondok, S. B., Prisusal nti, R.

D., & Ral sinus. (2022). Metodologi

Penelitial n Kual ntital tif, Kual lital tif

Dal n Kombinal si (AL. Munal ndal r

(Ed.)).

Susilal wal ti, W. (2020). Belal jal r Dal n

Pembelal jal ral n Mal temal tikal . In Cv.

Insal n Mal ndiri.

Widodo, S., Lal dyal ni, F., ALsrial nto, O.,

Rusdi, N., Khal irunnisal , Lestal ri, S.

M. P., Wijal yal nti, D. R., Devrial ny,

AL., Hidal yal t, AL ., Dal lfial n,

Nurcal hyal ti, S., Sjal hrial ni, T., ALrmi,

N., Widyal , N., & Rogal yal h, N.

(2023). Buku AL jal r Metode

Penelitial n (Edisi Pert).

Zulkifli, AL., Gusnial ti, J., Zulefni, M. S.,

& ALfendi, R. AL . (2025). Dengal n

Tutorial l Uji Normal lital s Dal n

Menggunal kal n AL plikal si SPSS Uji

Homogenital s. 1(2), 5

Downloads

Published

2025-06-17