Pengembangan E-Modul Menggunakan Video Berbasis Wondershare Filmora Materi Teks Eksplanasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27922Keywords:
E-module, wondershare filmora, explanatory textAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul menggunakan video berbasis Wondershare Filmora materi teks eksplanasi, sehingga layak untuk diuji cobakan dan efektif untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation). Penelitian ini melibatkan 30 peserta didik dan pada proses validasi serta uji coba e-modul yang telah dikembangkan. Validasi dilakukan oleh tempat validator, yaitu ahli materi, ahli materi guru, ahli bahasa, dan ahli media, dengan hasil validasi ahli materi sebesar 92%, ahli materi guru diperoleh 100%, ahli bahasa mendapatkan 92%, dan ahli media mendapatkan persentase 97% dengan rata- rata hasil 95,25% yang termasuk pada kriteria “Sangat Layak”. Diperkuat dengan hasil responden peserta didik sebesar 100% dan respon guru sebesar 100% termasuk kategori “Sangat Baik”. Demikian pula dengan hasil rata-rata nilai N-Gain sebesar 0.85 dengan kategori “Efektif”. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa e-modul menggunakan video berbasis Wondershare Filmora yang dikembangkan efektif dan praktis untuk digunakan dalam mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi teks eksplanasi. Kata Kunci: E-modul, wondershare filmora, teks eksplanasi.Downloads
References
Luh, N., Fitriani, P., & Yudiana, K.
(2022). Video Pembelajaran
Berbasis Pembelajaran IPA
Peserta didik Kelas V
Wondershare filmora
https://ejournal.undiksha.ac.id/in
dex.php/JJPGSD/article/view/43
386 diakses pada hari Senin 14
Oktober 2024 pukul 08.38 WIB
Mulyasa, H. E. (2023). Implementasi
Kurikulum Merdeka. Bumi
Aksara. Diakses pada Kamis 19
Desember 2024 pukul 13.50 WIB
N.K. Juliani, I.G.P. Sudiarta, & N.N.
Nuadi. (2023). Pengembangan
E-Modul Interaktif Pada Materi
Sistem Persamaan Linear Dua
Variabel Untuk Meningkatkan
Numerasi Siswa. Jurnal
Pendidikan Dan Pembelajaran
Matematika Indonesia, 12(1),
72–83.
https://doi.org/10.23887/jppmi.v1
2i1.933 diakses pada hari Sabtu
10 Mei 2025 pukul 12.31 WIB
Nur Rohmah, P., Hidayat, S., Subhan
Pamungkas, A., & Wilujeng, H.
(2021). Pengembangan Video
Pembelajaran Stop Motion Dengan
Aplikasi Wondershare filmora Pada
Mata Pelajaran Matematika Di
Sekolah Dasar. Ibriez : Jurnal
Kependidikan Dasar Islam
Berbasis
Sains,6.https://doi.org/10.21154/ibr
iez.v6i2.181 diakses pada hari
Sabtu 19 Oktober 2024 pukul 11.40
WIB
Nyoman, L., Kusuma, P., Astawan, I.
G., & Suarjana, I. M. (2021).
Belajar Ekosistem dengan Media
Pembelajaran Audiovisual
Berbasis Aplikasi Filmora untuk
Siswa Sekolah Dasar. Diakses
pada Kamis 19 Desember 2024
pukul 15.09 WIB
Pangesti, A. D. (2019). Research and
Development: Penelitian yang
Produktif Dalam Dunia
Pendidikan.Researchgate,
https://doi.org/10.13140/RG.2.2.
28521.44640 diakses pada hari
Senin 28 Oktober 2024 pukul
17.05 WIB
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan
Asesmen Pembelajaran Abad
21. Jurnal Basicedu,
https://doi.org/10.31004/basiced
u.v5i5.1548 Diakses pada hai
Senin 14 Oktober 2024 pukul
14.00 WIB.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.