Pengembangan E-Modul Menggunakan Video Berbasis Wondershare Filmora Materi Teks Eksplanasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Authors

  • Nanda Lestari universitas pakuan
  • Raden Teti Rostikawati universitas pakuan
  • Jaja Sudarjat universitas pakuan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27922

Keywords:

E-module, wondershare filmora, explanatory text

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul menggunakan video berbasis Wondershare Filmora materi teks eksplanasi, sehingga layak untuk diuji cobakan dan efektif untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation). Penelitian ini melibatkan 30 peserta didik dan pada proses validasi serta uji coba e-modul yang telah dikembangkan. Validasi dilakukan oleh tempat validator, yaitu ahli materi, ahli materi guru, ahli bahasa, dan ahli media, dengan hasil validasi ahli materi sebesar 92%, ahli materi guru diperoleh 100%, ahli bahasa mendapatkan 92%, dan ahli media mendapatkan persentase 97% dengan rata- rata hasil 95,25% yang termasuk pada kriteria “Sangat Layak”. Diperkuat dengan hasil responden peserta didik sebesar 100% dan respon guru sebesar 100% termasuk kategori “Sangat Baik”. Demikian pula dengan hasil rata-rata nilai N-Gain sebesar 0.85 dengan kategori “Efektif”. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa e-modul menggunakan video berbasis Wondershare Filmora yang dikembangkan efektif dan praktis untuk digunakan dalam mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi teks eksplanasi.   Kata Kunci: E-modul, wondershare filmora, teks eksplanasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Raden Teti Rostikawati, universitas pakuan

Dosen FKIP Universitas Pakuan 

Jaja Sudarjat, universitas pakuan

Dosen FKIP Universitas Pakuan

References

Luh, N., Fitriani, P., & Yudiana, K.

(2022). Video Pembelajaran

Berbasis Pembelajaran IPA

Peserta didik Kelas V

Wondershare filmora

https://ejournal.undiksha.ac.id/in

dex.php/JJPGSD/article/view/43

386 diakses pada hari Senin 14

Oktober 2024 pukul 08.38 WIB

Mulyasa, H. E. (2023). Implementasi

Kurikulum Merdeka. Bumi

Aksara. Diakses pada Kamis 19

Desember 2024 pukul 13.50 WIB

N.K. Juliani, I.G.P. Sudiarta, & N.N.

Nuadi. (2023). Pengembangan

E-Modul Interaktif Pada Materi

Sistem Persamaan Linear Dua

Variabel Untuk Meningkatkan

Numerasi Siswa. Jurnal

Pendidikan Dan Pembelajaran

Matematika Indonesia, 12(1),

72–83.

https://doi.org/10.23887/jppmi.v1

2i1.933 diakses pada hari Sabtu

10 Mei 2025 pukul 12.31 WIB

Nur Rohmah, P., Hidayat, S., Subhan

Pamungkas, A., & Wilujeng, H.

(2021). Pengembangan Video

Pembelajaran Stop Motion Dengan

Aplikasi Wondershare filmora Pada

Mata Pelajaran Matematika Di

Sekolah Dasar. Ibriez : Jurnal

Kependidikan Dasar Islam

Berbasis

Sains,6.https://doi.org/10.21154/ibr

iez.v6i2.181 diakses pada hari

Sabtu 19 Oktober 2024 pukul 11.40

WIB

Nyoman, L., Kusuma, P., Astawan, I.

G., & Suarjana, I. M. (2021).

Belajar Ekosistem dengan Media

Pembelajaran Audiovisual

Berbasis Aplikasi Filmora untuk

Siswa Sekolah Dasar. Diakses

pada Kamis 19 Desember 2024

pukul 15.09 WIB

Pangesti, A. D. (2019). Research and

Development: Penelitian yang

Produktif Dalam Dunia

Pendidikan.Researchgate,

https://doi.org/10.13140/RG.2.2.

28521.44640 diakses pada hari

Senin 28 Oktober 2024 pukul

17.05 WIB

Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan

Asesmen Pembelajaran Abad

21. Jurnal Basicedu,

https://doi.org/10.31004/basiced

u.v5i5.1548 Diakses pada hai

Senin 14 Oktober 2024 pukul

14.00 WIB.

Downloads

Published

2025-07-10