STRATEGI PENGENDALIAN MUTU PENDIDIKAN INFORMAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI LUAR SEKOLAH

Authors

  • Muchammad Isma'il Fanani Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Romi Faslah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27965

Keywords:

Pengendalian Mutu Pendidikan, Pendidikan Informal, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Abstract

Pendidikan informal berperan penting dalam membentuk karakter religius pesertadidik, khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di luarsekolah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konsep dasar pendidikaninformal, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat, serta merumuskanstrategi pengendalian mutu yang efektif. Dengan pendekatan kualitatif-deskriptifmelalui studi pustaka, ditemukan bahwa pendidikan informal yang berpusat padakeluarga dan lingkungan sangat berpengaruh terhadap internalisasi nilaikeagamaan. Faktor pendukung meliputi peran orang tua, budaya lokal religius,dan pemanfaatan media digital. Adapun hambatannya adalah kurangnyastandarisasi, evaluasi, fasilitas, dan pengaruh lingkungan negatif. Strategipengendalian mutu meliputi penguatan peran keluarga, kurikulum kontekstual,komunitas keagamaan, dan evaluasi berbasis komunitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AF, M Alwi, Khoirunnisa Nurfadilah, and Cecep Hilman. 2022. “Pendidikan Luar Sekolah Dalam Kerangka Pendidikan Sepanjang Hayat.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 2 (2): 90–95.

Darlis, Ahmad. 2017. “Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Antara Hubungan Pendidikan Informal, Non Formal Dan Formal.” Jurnal Tarbiyah 24 (1): 86.

Kaimuddin, Kaimuddin. 2018. “Pembentukan Karakter Anak Melalui Lembaga Pendidikan Informal.” Al-MAIYYAH : Media Transformasi Gender Dalam Paradigma Sosial Keagamaan 11 (1): 132–52.

Kusmiran, Kusmiran, Ilyas Husti, and Nurhadi Nurhadi. 2022. “Pendidikan Formal, Non Formal Dan Informal Dalam Desain Hadits Tarbawi.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia 1 (2): 485–92.

Mustamiin, M. Zainal. 2023. “PENDAS: Jurnal Pendidikan Dasar” 1 (2): 55–64.

Salamah. 2020. “SCAFFOLDING : Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme INDUSTRI 4 . 0 ( STUDI KASUS DI SMA NEGERI 9 KERINCI JAMBI ) Salamah STIE Sakti Alam Kerinci SCAFFOLDING : Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme” 2 (1): 26–36.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. ALFABETA, cv.

Zainuddin, M. Riza, and Siti Nurhidayatul Hasanah. 2022. “Konsep Dasar Lembaga Dalam Lembanga Pendidikan Islam.” DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam 4 (1): 38–50.

Sudarto. “Dasar-Dasar Pendidikan Islam.” Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Keagamaan Islam 6, no. 1 (2020): 56–66.

Sudarto. “Dasar-Dasar Pendidikan Islam.” Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Keagamaan Islam 6, no. 1 (2020): 56–66.

AF, M Alwi, Khoirunnisa Nurfadilah, and Cecep Hilman. 2022. “Pendidikan Luar Sekolah Dalam Kerangka Pendidikan Sepanjang Hayat.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 2 (2): 90–95.

Darlis, Ahmad. 2017. “Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Antara Hubungan Pendidikan Informal, Non Formal Dan Formal.” Jurnal Tarbiyah 24 (1): 86.

Kaimuddin, Kaimuddin. 2018. “Pembentukan Karakter Anak Melalui Lembaga Pendidikan Informal.” Al-MAIYYAH : Media Transformasi Gender Dalam Paradigma Sosial Keagamaan 11 (1): 132–52.

Kusmiran, Kusmiran, Ilyas Husti, and Nurhadi Nurhadi. 2022. “Pendidikan Formal, Non Formal Dan Informal Dalam Desain Hadits Tarbawi.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia 1 (2): 485–92.

Mustamiin, M. Zainal. 2023. “PENDAS: Jurnal Pendidikan Dasar” 1 (2): 55–64.

Salamah. 2020. “SCAFFOLDING : Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme INDUSTRI 4 . 0 ( STUDI KASUS DI SMA NEGERI 9 KERINCI JAMBI ) Salamah STIE Sakti Alam Kerinci SCAFFOLDING : Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme” 2 (1): 26–36.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. ALFABETA, cv.

Zainuddin, M. Riza, and Siti Nurhidayatul Hasanah. 2022. “Konsep Dasar Lembaga Dalam Lembanga Pendidikan Islam.” DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam 4 (1): 38–50.

Sudarto. “Dasar-Dasar Pendidikan Islam.” Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Keagamaan Islam 6, no. 1 (2020): 56–66.

Kaimuddin, Kaimuddin. “Pembentukan Karakter Anak Melalui Lembaga Pendidikan Informal.” Al-MAIYYAH : Media Transformasi Gender Dalam Paradigma Sosial Keagamaan 11, no. 1 (2018): 132–52.

Fiqria, Zulfa, and Zaenal Arifin. “Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES).” Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Pembelajaran Konstruktivistik Dan Sosiokultural 2, no. 1 (2019): 104–14.

Downloads

Published

2025-07-11