PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN APLIKASI CANVA PADA IPAS MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA DI KELAS IV SD
Keywords:
Development, Learning Media, Mind MappingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mind mapping berbantuan aplikasi canva pada IPAS materi indonesiaku kaya budaya di kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yang dilakukan dengan 3 tahap. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuisioner yang diberikan kepada beberapa penelaah ahli, yaitu penelaah ahli materi, penelaah ahli media, penelaah ahli Bahasa, dan guru kelas IV. Skor validasi yang didapatkan dari penelaah ahli materi I sebesar 84%. Skor validasi yang didapatkan dari penelaah ahli materi II sebesar 100%. Skor validasi yang didapatkan dari penelaah ahli media I sebesar 84%. Skor validasi yang didapatkan dari penelaah ahli media II sebesar 86%. Skor validasi yang didapatkan dari penelaah ahli bahasa sebesar 90%. Skor validasi ahli pembelajaran oleh guru sebesar 94%. Dari skor tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran mind mapping berbantuan aplikasi canva pada IPAS materi indonesiaku kaya budaya di kelas IV SD yang dikembangkan sudah “sangat Valid/Sangat Layak” untuk digunakan pada proses pembelajaran.Downloads
References
Arikunto, Suharsimi, & Safruddin A.J,
Cepi. 2009. Evaluasi Program
Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ernawati, I., & Sukardiyono, T.
(2017). Uji kelayakan media
pembelajaran interaktif pada mata
pelajaran administrasi
server. Elinvo (Electronics,
Informatics, and Vocational
Education), 2(2), 204-210.
Hariadi, R.O., Napitupulu, S. (2024).
Pengembangan Media
Pembelajaran Berbasis Wordwall
Terhadap Minat Belajar Pendidikan
Pancasila Pada Materi Persatuan
dan Kesatuan di Kelas V SDN
101764 Bandar Klippa. JurnalIlmiah Pendidikan Dasar. 9(2).487-
498
Hidayat, H., & Khayroiyah, S. (2018).
Pengembangan Desain Didaktis
Pada Pembelajaran
Geometri. Jurnal MathEducation
Nusantara, 1(1), 15-19.
Hidayat, H., Sukmawarti, S., &
Fadilah, N. Upaya Meningkatkan
Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa
Kelas 5 sd Dengan Menggunakan
Chip Bilangan. JS (JURNAL
SEKOLAH), 6(4), 160-167.
Irawan, A., & Napitupulu, S. (2022).
Pengaruh Video Canva Terhadap
Hasil Belajar Siswa Dengan
Pendekatan Konstruktivisme SD
Swasta Islam Terpadu Nurul
Ikhwan Kecamatan Pantai Cermin.
EduGlobal: Jurnal Penelitian
Pendidikan, 1(2), 180–188.
Kartika, A. G., & Sujarwo, S. (2023).
Pengembangan Media
Pembelajaran Komik Digital
Bernuansa Budaya Jawa Pada
Materi Geometri. Jurnal Penelitian
Pendidikan MIPA, 8(1), 9–18.
Landong, A (2023). Pengembangan
Kurikulum di Sekolah Dasar. Jejak
Pustaka: Yogyakarta.
Landong, A., Rangkuti, Y. M.,
Sujarwo, Fadlan, M. N.,
Sukmawarti, & Dwi, D. F. (2023).
MEDIA PEMBELAJARAN. Jejak
Pustaka.
Mutia, M., & Silalahi, B. R. (2022).
Pengembangan Buku Panduan
Menulis Puisi Dengan
Menggunakan Model Mind
Mapping Untuk Siswa SD.
Napitupulu, S., & Ningrum, A. (2021).
Pengaruh Penggunaan Media
Pembelajaran Geoboard Terhadap
Hasil Belajar Siswa Pada Keliling
Dan Luas Bangun Datar Kelas III
SD. In Cybernetics: Journal
Educational Research and Social
Studies (Vol. 2, Issue 4).
http://pusdikra-
publishing.com/index.php/jrss.
Nasution, L. A. (2024). Model Project
Based Learning Berbasis Media
Canva Untuk Calon Guru Sekolah
Dasar. JURNAL ILMU
PENDIDIKAN, 5(1), 54-62.
Nasution, M. F., & Darwis, U. (2021).
Pengembangan Media
Pembelajaran Berbasis Komputer
Menggunakan Articulate Storyline
3 Pada Siswa Kelas IV Di SD
Negeri 068074 Medan
Denai. EduGlobal: Jurnal
Penelitian Pendidikan, 1(1), 45-54.Silalahi, B. R. (2023). Media
Pembelajaran Interaktif Berbasis
Articulate Storyline 3 Untuk
Sekolah Dasar. JURNAL ILMU
PENDIDIKAN, 4(2), 115-125.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian
Dan Pengembangan (Research
and Development/R&D) (Ed.;
Cetakan ke-5). Book. ALFABETA.
Sukmawarti, S., & Lubis, M. A.
(2023). A Journal Pengembangan
Media Pembelajaran Peta Budaya
Berbantu Aplikasi Storyline 3 pada
Pembelajaran Tematik di Kelas IV
SD. Indonesian Research Journal
on Education, 3(2), 953-958.
Sutarini, S., Sutikno, S., & Kartolo, R.
(2024). Sosialisasi Canva:
Optimalisasi Kreativitas Guru
Dalam Mendesain Media
Pembelajaran. 5(1), 2190–2197.
Wahyuni, R., & Napitupulu, S. (2022).
Edu Global: Jurnal Penelitian
Pendidikan Pengembangan Media
Pembelajaran Aplikasi Canva
Pada Pembelajaran Tematik Tema
Kayanya Negeriku Kelas IV SD
(Vol. 01).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.