PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN APLIKASI CANVA PADA IPAS MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA DI KELAS IV SD

Authors

  • Claudia Madinah Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Beta Rapita Silalahi Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Sukmawarti Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Safrida Napitupulu Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

Keywords:

Development, Learning Media, Mind Mapping

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mind mapping berbantuan aplikasi canva pada IPAS materi indonesiaku kaya budaya di kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE yang dilakukan dengan 3 tahap. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuisioner yang diberikan kepada beberapa penelaah ahli, yaitu penelaah ahli materi, penelaah ahli media, penelaah ahli Bahasa, dan guru kelas IV. Skor validasi yang didapatkan dari penelaah ahli materi I sebesar 84%. Skor validasi yang didapatkan dari penelaah ahli materi II sebesar 100%. Skor validasi yang didapatkan dari penelaah ahli media I sebesar 84%. Skor validasi yang didapatkan dari penelaah ahli media II sebesar 86%. Skor validasi yang didapatkan dari penelaah ahli bahasa sebesar 90%. Skor validasi ahli pembelajaran oleh guru sebesar 94%. Dari skor tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran mind mapping berbantuan aplikasi canva pada IPAS materi indonesiaku kaya budaya di kelas IV SD yang dikembangkan sudah “sangat Valid/Sangat Layak” untuk digunakan pada proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, & Safruddin A.J,

Cepi. 2009. Evaluasi Program

Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ernawati, I., & Sukardiyono, T.

(2017). Uji kelayakan media

pembelajaran interaktif pada mata

pelajaran administrasi

server. Elinvo (Electronics,

Informatics, and Vocational

Education), 2(2), 204-210.

Hariadi, R.O., Napitupulu, S. (2024).

Pengembangan Media

Pembelajaran Berbasis Wordwall

Terhadap Minat Belajar Pendidikan

Pancasila Pada Materi Persatuan

dan Kesatuan di Kelas V SDN

101764 Bandar Klippa. JurnalIlmiah Pendidikan Dasar. 9(2).487-

498

Hidayat, H., & Khayroiyah, S. (2018).

Pengembangan Desain Didaktis

Pada Pembelajaran

Geometri. Jurnal MathEducation

Nusantara, 1(1), 15-19.

Hidayat, H., Sukmawarti, S., &

Fadilah, N. Upaya Meningkatkan

Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Kelas 5 sd Dengan Menggunakan

Chip Bilangan. JS (JURNAL

SEKOLAH), 6(4), 160-167.

Irawan, A., & Napitupulu, S. (2022).

Pengaruh Video Canva Terhadap

Hasil Belajar Siswa Dengan

Pendekatan Konstruktivisme SD

Swasta Islam Terpadu Nurul

Ikhwan Kecamatan Pantai Cermin.

EduGlobal: Jurnal Penelitian

Pendidikan, 1(2), 180–188.

Kartika, A. G., & Sujarwo, S. (2023).

Pengembangan Media

Pembelajaran Komik Digital

Bernuansa Budaya Jawa Pada

Materi Geometri. Jurnal Penelitian

Pendidikan MIPA, 8(1), 9–18.

Landong, A (2023). Pengembangan

Kurikulum di Sekolah Dasar. Jejak

Pustaka: Yogyakarta.

Landong, A., Rangkuti, Y. M.,

Sujarwo, Fadlan, M. N.,

Sukmawarti, & Dwi, D. F. (2023).

MEDIA PEMBELAJARAN. Jejak

Pustaka.

Mutia, M., & Silalahi, B. R. (2022).

Pengembangan Buku Panduan

Menulis Puisi Dengan

Menggunakan Model Mind

Mapping Untuk Siswa SD.

Napitupulu, S., & Ningrum, A. (2021).

Pengaruh Penggunaan Media

Pembelajaran Geoboard Terhadap

Hasil Belajar Siswa Pada Keliling

Dan Luas Bangun Datar Kelas III

SD. In Cybernetics: Journal

Educational Research and Social

Studies (Vol. 2, Issue 4).

http://pusdikra-

publishing.com/index.php/jrss.

Nasution, L. A. (2024). Model Project

Based Learning Berbasis Media

Canva Untuk Calon Guru Sekolah

Dasar. JURNAL ILMU

PENDIDIKAN, 5(1), 54-62.

Nasution, M. F., & Darwis, U. (2021).

Pengembangan Media

Pembelajaran Berbasis Komputer

Menggunakan Articulate Storyline

3 Pada Siswa Kelas IV Di SD

Negeri 068074 Medan

Denai. EduGlobal: Jurnal

Penelitian Pendidikan, 1(1), 45-54.Silalahi, B. R. (2023). Media

Pembelajaran Interaktif Berbasis

Articulate Storyline 3 Untuk

Sekolah Dasar. JURNAL ILMU

PENDIDIKAN, 4(2), 115-125.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian

Dan Pengembangan (Research

and Development/R&D) (Ed.;

Cetakan ke-5). Book. ALFABETA.

Sukmawarti, S., & Lubis, M. A.

(2023). A Journal Pengembangan

Media Pembelajaran Peta Budaya

Berbantu Aplikasi Storyline 3 pada

Pembelajaran Tematik di Kelas IV

SD. Indonesian Research Journal

on Education, 3(2), 953-958.

Sutarini, S., Sutikno, S., & Kartolo, R.

(2024). Sosialisasi Canva:

Optimalisasi Kreativitas Guru

Dalam Mendesain Media

Pembelajaran. 5(1), 2190–2197.

Wahyuni, R., & Napitupulu, S. (2022).

Edu Global: Jurnal Penelitian

Pendidikan Pengembangan Media

Pembelajaran Aplikasi Canva

Pada Pembelajaran Tematik Tema

Kayanya Negeriku Kelas IV SD

(Vol. 01).

Downloads

Published

2025-07-09

Most read articles by the same author(s)