IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIROAH MENGGUNAKAN DONGENG BAHASA ARAB
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28129Keywords:
Implementasi, Discovery Learning, DongengAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif dongeng bahasa Arab dengan Metode Discovery Learning dalam pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran bahasa Arab dengan dongeng bahasa Arab menggunakan Metode Discovery Learning diawali dengan merumuskan tujuan pembelajaran, dan diakhiri dengan pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Sedangkan untuk hasil keefektifan pembelajaran dapat dikatakan efektif, terbukti dari uji analisis yang dilakukan peneliti berdasarkan tabel hasil uji-t diperoleh nilai sig sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian terdapat perbedaan nilai hasil belajar bahasa Arab sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran dongeng bahasa Arab menggunakan metode Discovery Learning yang menunjukkan adanya peningkatan nilai siswa yang signifikan. Rata-rata nilai pre-test sebesar 50,00 dan rata-rata nilai post-test sebesar 85,00.Downloads
References
Sabana, R., Imron, K., & Ulayya, S.
(2024). Pengembangan Materi
Qiraah Berbasis Pendekatan
Saintifik Dengan Media Pixton
Komik di MTsN 1 Palembang.
Arabia, 16(1), 91–106.
Sabana, R., & Madinah, M. (2024).
Lingkungan Artifisial dalam
Pembelajaran Bahasa Arab di
Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah
Indralaya. Indonesian
Research Journal on
Education, 4(3), 1494–1499.
Siti Nurilngin. (2022). Discovery
Learning Model in Learning
Maharah Qira’ah in Senior
High School/ Model Discovery
Learning pada Pembelajaran
Maharah Qira’ah di Sekolah
Menengah Atas. ATHLA :
Journal of Arabic Teaching,
Linguistic and Literature, 3(1),
88–106.
https://doi.org/10.22515/athla.v
3i1.5125
Sumatra, S. (n.d.). Constitute-Based
Religious Moderation
Education: Studies on the
Qadariyah wa Naqsabandiyah
Thariqah in Islamic Boarding
School.
Taubah, M. (2019). Maharah dan
Kafa’ah Dalam Pembelajaran
Bahasa Arab. Studi Arab,
10(1), 31–38.
https://doi.org/10.35891/sa.v10
i1.1765
Wasilah, W., Jumhur, J., & Cahyani,
R. D. (2023). Development of
Quantum Teaching-Based
Shorof Materials at Madrasah
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.