IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIROAH MENGGUNAKAN DONGENG BAHASA ARAB

Authors

  • rizqiana faizah universitas islam negeri raden fatah palembang
  • Jumhur, Nazarmanto Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Alfathul Akbar, Fadhiya Rahma Pratiwi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Nurul Jawahir Universiti Utara Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28129

Keywords:

Implementasi, Discovery Learning, Dongeng

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif dongeng bahasa Arab dengan Metode Discovery Learning dalam pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran bahasa Arab dengan dongeng bahasa Arab menggunakan Metode Discovery Learning diawali dengan merumuskan tujuan pembelajaran, dan diakhiri dengan pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Sedangkan untuk hasil keefektifan pembelajaran dapat dikatakan efektif, terbukti dari uji analisis yang dilakukan peneliti berdasarkan tabel hasil uji-t diperoleh nilai sig sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian terdapat perbedaan nilai hasil belajar bahasa Arab sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran dongeng bahasa Arab menggunakan metode Discovery Learning yang menunjukkan adanya peningkatan nilai siswa yang signifikan. Rata-rata nilai pre-test sebesar 50,00 dan rata-rata nilai post-test sebesar 85,00.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sabana, R., Imron, K., & Ulayya, S.

(2024). Pengembangan Materi

Qiraah Berbasis Pendekatan

Saintifik Dengan Media Pixton

Komik di MTsN 1 Palembang.

Arabia, 16(1), 91–106.

Sabana, R., & Madinah, M. (2024).

Lingkungan Artifisial dalam

Pembelajaran Bahasa Arab di

Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah

Indralaya. Indonesian

Research Journal on

Education, 4(3), 1494–1499.

Siti Nurilngin. (2022). Discovery

Learning Model in Learning

Maharah Qira’ah in Senior

High School/ Model Discovery

Learning pada Pembelajaran

Maharah Qira’ah di Sekolah

Menengah Atas. ATHLA :

Journal of Arabic Teaching,

Linguistic and Literature, 3(1),

88–106.

https://doi.org/10.22515/athla.v

3i1.5125

Sumatra, S. (n.d.). Constitute-Based

Religious Moderation

Education: Studies on the

Qadariyah wa Naqsabandiyah

Thariqah in Islamic Boarding

School.

Taubah, M. (2019). Maharah dan

Kafa’ah Dalam Pembelajaran

Bahasa Arab. Studi Arab,

10(1), 31–38.

https://doi.org/10.35891/sa.v10

i1.1765

Wasilah, W., Jumhur, J., & Cahyani,

R. D. (2023). Development of

Quantum Teaching-Based

Shorof Materials at Madrasah

Downloads

Published

2025-06-19