IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM MENINGKATKAN KEBEBASAN BERPENDAPAT SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMP N 1 SEMPU BANYUWANGI

Authors

  • Christian Eka Widiawati Universitas Muhammadiyah Malang
  • Budiono Universitas Muhammadiyah Malang
  • Trisakti Handayani Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.28160

Keywords:

Implementasi nilai demokrasi, Kebebasan berpendapat, Pembelajaran Pkn.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran PKn di SMP N 1 Sempu. 2) Kebebasan berpendapat siswa dalam pembelajaran PKn di SMP N 1 Sempu. 3) Implementasi nilai-nilai demokrasi apakah dapat meningkatkan kebebasan berpendapat di SMP N 1 Sempu. 4) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kebebasan berpendapat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) PKn berperan penting dalam membentuk karakter dan sikap siswa, dan hal ini sudah diimplementasikan melalui diskusi kelompok dan kerja sama dalam menyelesaikan tugas. Implementasi terhadap kebebasan berpendapat dan kolaborasi dalam pengambilan keputusan, dilakukan melalui pemilihan ketua kelas dan OSIS. 2) Di SMP N 1 Sempu, kebebasan berpendapat penting untuk menciptakan suasana belajar yang demokratis, meskipun partisipasi siswa masih terbatas dan banyak yang apatis untuk menyampaikan pendapat mereka. 3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai demokrasi, seperti toleransi, kerja sama, dan penghargaan terhadap perbedaan pendapat, secara signifikan meningkatkan kebebasan berpendapat. 4) Faktor pendukung dan penghambat di SMP N 1 Sempu antara lain: a) Kegiatan Praktis siswa dilakukan b)Kurikulum yang relevan c) Dukungan dari kepala sekolah dan guru. Faktor penghambat anatara lain: a) Sikap apatis siswa b) Perbedaan karakter individu.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Budiono, Universitas Muhammadiyah Malang

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran PKn di SMP N 1 Sempu. 2) Kebebasan berpendapat siswa dalam pembelajaran PKn di SMP N 1 Sempu. 3) Implementasi nilai-nilai demokrasi apakah dapat meningkatkan kebebasan berpendapat di SMP N 1 Sempu. 4) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kebebasan berpendapat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) PKn berperan penting dalam membentuk karakter dan sikap siswa, dan hal ini sudah diimplementasikan melalui diskusi kelompok dan kerja sama dalam menyelesaikan tugas. Implementasi terhadap kebebasan berpendapat dan kolaborasi dalam pengambilan keputusan, dilakukan melalui pemilihan ketua kelas dan OSIS. 2) Di SMP N 1 Sempu, kebebasan berpendapat penting untuk menciptakan suasana belajar yang demokratis, meskipun partisipasi siswa masih terbatas dan banyak yang apatis untuk menyampaikan pendapat mereka. 3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai demokrasi, seperti toleransi, kerja sama, dan penghargaan terhadap perbedaan pendapat, secara signifikan meningkatkan kebebasan berpendapat. 4) Faktor pendukung dan penghambat di SMP N 1 Sempu antara lain: a) Kegiatan Praktis siswa dilakukan b)Kurikulum yang relevan c) Dukungan dari kepala sekolah dan guru. Faktor penghambat anatara lain: a) Sikap apatis siswa b) Perbedaan karakter individu.

Trisakti Handayani, Universitas Muhammadiyah Malang

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran PKn di SMP N 1 Sempu. 2) Kebebasan berpendapat siswa dalam pembelajaran PKn di SMP N 1 Sempu. 3) Implementasi nilai-nilai demokrasi apakah dapat meningkatkan kebebasan berpendapat di SMP N 1 Sempu. 4) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kebebasan berpendapat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) PKn berperan penting dalam membentuk karakter dan sikap siswa, dan hal ini sudah diimplementasikan melalui diskusi kelompok dan kerja sama dalam menyelesaikan tugas. Implementasi terhadap kebebasan berpendapat dan kolaborasi dalam pengambilan keputusan, dilakukan melalui pemilihan ketua kelas dan OSIS. 2) Di SMP N 1 Sempu, kebebasan berpendapat penting untuk menciptakan suasana belajar yang demokratis, meskipun partisipasi siswa masih terbatas dan banyak yang apatis untuk menyampaikan pendapat mereka. 3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai demokrasi, seperti toleransi, kerja sama, dan penghargaan terhadap perbedaan pendapat, secara signifikan meningkatkan kebebasan berpendapat. 4) Faktor pendukung dan penghambat di SMP N 1 Sempu antara lain: a) Kegiatan Praktis siswa dilakukan b)Kurikulum yang relevan c) Dukungan dari kepala sekolah dan guru. Faktor penghambat anatara lain: a) Sikap apatis siswa b) Perbedaan karakter individu.

References

Ersa Kusuma. (2023). Kebebasan Berpendapat dan Kaitannya Dengan Hak Asasi Manusia (HAM). 01, 03–04.

Hamdan, C. T. L. (2023). Implementasi kebebasan berpendapat dan berekspresi di indonesia saat ini . 2(f), 45–49.

Khuzaimah, F. P. (2022). Penerapan Demokrasi Pendidikan pada Pembelajaran Siswa di Sekolah Dasar.

Nungki Dwi Abshita Rini. (2017). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DEMOKRASI MELALUI PEMBELAJARANPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. 3, 164–168.

Nurul Hidayati, Y., & Sri Rukmini, B. (2021a). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Vol. 7, Issue 1).

Nurul Hidayati, Y., & Sri Rukmini, B. (2021b). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Vol. 7, Issue 1).

Ode, W., Ramadani, D., Noe, W., & Rajaloa, N. (2022). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA TERNATE. In JAMBURA Journal Civic Education (Issue 2). http://ejurnal.ung.ac.id/index.php./jacedu

Ongku M. (2021). HAM dan kebebasan berpendapat dalam undang-undang dasar 1945. 33–34.

Purwaningsih. (2019). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (DI SMP ISLAM NURUL HIDAYAH RENI JAYA-DEPOK).

S Salsabila. (2024). Implementasi nilai-nilai demokrasi melalui pendidikan kewarganegaraan. 6(2).

Shalahuddin, Mahfud. (1990). Pengantar Psikolog.

Studi, P., Pancasila, P., & Kewarganegaraan, D. (2019). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI KELAS VII SMP ISLAM ABD WAHID PAJARAKAN KULON KABUPATEN PROBOLINGGO. In Jurnal Ilmiah Politik, Kebijakan, & Sosial (Publicio) (Vol. 1, Issue 2).

Zuriah, N. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berbasis Polysynchronous di Era New Normal. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(1), 12–25. https://doi.org/10.21067/jmk.v6i1.5086

Downloads

Published

2025-07-10