Pengaruh stres ekonomi keluarga terhadap tingkat motivasi belajar siswa di SD Negeri 08 Biau
Pendekatan Kuantitatif pada siswa kelas IV, V, VI di Sekolah Dasar
Keywords:
Stres Ekonomi Keluarga, Motvasi BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan motivasi siswa untuk menempuh pendidikan terutama di Sekolah Dasar yang terganggu oleh permasalahan ekonomi keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari stres ekonomi keluarga terhadap tingkat motivasi belajar siswa di SD Negeri 08 Biau, Kabupaten Buol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Ex Post facto. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada orang tua/wali siswa kelas 4, 5, dan 6 menggunakan teknik sampling insidental. Analisis data yang dilakukan menggunakan uji Spearman’s Rank, diperoleh nilai koefisien sebesar -0,363 dengan sig sebesar 0,002 < 0,05 artinya terdapat hubungan yang negatif. Selanjutnya dilakukan uji Kruskal-Wallis untuk melihat perbedaan tingkat motivasi belajar dilihat dari tingkat stres ekonomi keluarga, adapun hasil ujinya didapatkan nilai sig (p) sebesar 0,001 yang berarti terdapat perbedaan dalam tingkat motivasi belajar siswa. Untuk kelompok yang berbeda secara signifikan dilanjutkan dengan uji Games-Howell Post Hoc Comparisons, didapatkan dari nilai signifikan kelompok stres berat-ringan sebesar <0,001 terdapat perbedaan, selanjutnya kelompok stres berat-sedang sebesar 0,079 tidak terdapat perbedaan, kemudian kelompok stres ringan-sedang sebesar <0,001 terdapat perbedaan. Dialnjutkan dengan analisis regresi logistik ordinal didapatkan nilai sig 0,001<0,05 artinya terdapat pengaruh dengan koefisien regresi (estimate) -17,0 dan -18,0 yang berarti semakin berat tingkat stres ekonomi maka peluang siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi sangat kecil. Dalam penelitian ini, stres ekonomi keluarga memiliki kontribusi sebesar 13,9% terhadap perbedaan tingkat motivasi belajar siswa.Downloads
References
Adil, A., Liana, Y., Mayasari, R., Lamonge, A. S., Ristiyana, R., Saputri, F. R., Jayatmi, I., Satria, E. B., Permana, A. A., Rohman, M. M., Arta, D. N. C., Bani, M. D., Bani, G. A., Haslinah, A., & Wijoyo, E. B. (2023). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif : Teori dan praktik. https://www.researchgate.net/publication/377329440_Metode_penelitian_kuantitatif_dan _kualitatif _teori_dan_praktik_get_press_Indonesia
Akbar, R., Sukmawati, U. S., & Katsirin, K. (2024). Analisis Data Penelitian Kuantitatif. Jurnal Pelita Nusantara, 1(3), 430–448. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i3.350
Bariyah, A., Jannah, M., & Ruwaida, H. (2023). Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Journal of Education and Teaching Learning, 1(1), 572–582. https://doi.org/4604 @ doi.org. (n.d.). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4604
Bramantha, H., & Yulianto, D. E. (2020). Pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar pada siswa sekolah dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 3(3), 38–47. https://doi.org/al-aulad.v3i1.5851
Chen, J. H., Huang, C. H., Wu, C. F., Reid, M. J., & Drake, B. (2024). The application of family stress model to investigating adolescent problematic behaviors: The moderating role of assets. Journal of Family and Economic Issues, 45(1), 174–183. https://doi.org/10.1007/s10834-023-09902-2
Dhewy, R. C. (2022). Pelatihan analisis data kuantitatif untuk penulisan karya ilmiah mahasiswa. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 4575–4578. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i3.3224
Forester, B. J., Khater, A. I. A., Afgani, M. W., & Isnaini, M. (2024). Penelitian kuantitatif: Uji reliabilitas. 4(3), 1812–1820. https://doi.org/10.56832/edu.v4i3.577
Idman, M., Talangko, L. P., & Sahriman, S. (2022). Penerapan metode stepwise dan dominance analysis pada regresi logistik biner (studi kasus: Data hiperteni di Indonesia). ESTIMASI: Journal of Statistics and Its …, 3(07), 76–86. https://doi.org/10.20956/ejsa.vi.12211
Iskandar, J. (2021). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(7), 96–107. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2087
Jainiyah, Fahrudin, F., Ismiasih, & Ulfah, M. (2023). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309. https://jmi.rivierapublishing.id/index.php/rp
Nasriati, R. (2020). Tingkat stres dan perilaku manajemen stres keluarga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.20527/dk.v8i1.5907
Pajaitan, K., & Fardana, N. (2023). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui pendekatan permainan dalam pembelajaran penjas. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 7(1), 54–61. https://doi.org/10.31539/jpjo.v7i1.6857
Razak, A., Fauzi, M. A., & Sudarmo, A. P. (2022). Pengaruh motivasi siswa dan sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa SDN 001 Bulang Kota Batam. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 5(4), 28–34. https://doi.org/ejpe.v5i1.16447
Sari, Y. G., Putra, B. E., Miranti, Y., & Setiawati, M. (2022). Hubungan peningkatan motivasi belajar siswa dengan penerapan kurikulum merdeka belajar kelas X di SMA 1 IX Koto Sungai Lasi. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(11), 131–138. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol1.iss4.375
Suhayati, Y. F., Maulina, A. N., & Adji, W. H. (2022). Pengaruh Pemahaman Bertransaksi Menggunakan Webform BSI dan BSI Mobile terhadap Kepuasan Nasabah. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(6), 1681–1695. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i6.1054
Udin, M. B., & Aunillah. (2021). Buku ajar statistik pendidikan. In M. T. Multazam & M. D. K. Wardana (Eds.), Forum Statistika dan Komputasi (Vol. 8, Issue 1). https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6292-33-4
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.