PENGARUHBULLYINGTERHADAPKEPERCAYAANDIRISISWA KELAS IV DALAM MATA PELAJARAN PJOK DI SD NEGERI 05 TULUNG SELAPAN

Authors

  • Ilpa Rahmadani Universitas PGRI Palembang
  • Endie Riyoko Universitas PGRI Palembang
  • Endang Surtiyoni Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i3.28246

Keywords:

bullying against self confidence, and PJOK subjects

Abstract

This study aims to determine whether there is an effect of Bullying on the self- confidence of grade IV students at SD Negeri 05 Tulung Selapan. The type of research that will be used in this study is an experimental method with the effect of bullying on the self-confidence of grade IV students in the subject of PJOK at SD Negeri 05 Tulung Selapan. The research sample used in this study was grade IV students of SD Negeri Tulung Selapan as an experimental class. Based on the results of the research conducted at SD Negeri 05 Tulung Selapan, it can be concluded that the hypothesis test obtained a t-count value of 3.426, and a t-table value of 1.717. meaning t-count> t-table, then Ha is accepted and Ho is rejected. Therefore, it can be concluded that there is a significant influence of Bullying on students' self-confidence in PJOK learning for class IV.A students of SD Negeri 05 Tulung Selapan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriani. (2024). Fonomena Perilaku Bullying di Sekolah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.

Agustina. (2023). Pengarih Lingkungan Siswa Terhadap Preastasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar : Tinjauan Literatur. Journal Ilmu Pendidikan, 6.

Aminullah, Herna, Witilar, Misna, Elihami. (2022). pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis kearifan lokal budaya masserumpulu tema keragaman negeriku di sekolah dasar. pendidikan sekolah dasar, 25.

Apsari & Rizki. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Program Linear. Jurnal Pendidikan Matematika, 163.

Ardaya, D. A. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep MateriIpaSiswaSekolahDasar. jurnal pendidikan guru sekolah dasar, 73.

Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Cahyono. (2019). Pengaruh Billying Terhdap Kepercayaan Diri Mahasiswa UIN Malang. Jurnal Pendidikan , 1.

Chan, F. (2019). DampakBullying Terhadap Perdcaya Diri Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pandas Mahakam.

Destina, Misdakina, dan Nurhasana. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Kota Palembang Tema LingkunganSahabat Kita Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 1150.

Destina. Misdalina.dan Nurhasana. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Kota Pelambang Tema LingkunganSahabat Kita kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 1150.

DIKNAS. (2023). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial.

Hanafi. (2017). KONSEP PENELITIANR&DDALAMBIDANG

PENDIDIKAN. jurnal kajian keislaman, 130.

Hasanah. (2022). Pengaruh Bullying Terhadap Percaya diri dan motivasi Belajar Siswa Kelas VII di UPT SMP Negeri 14 Gersik. Jurnal Pendidikan.

Hidayat, Nizar. (2021). Model Addie (Anaysis, Design, Development, Impem entation and Evalution) dalam pembelajaran Pendidikan agama islam. Pendidikan agama agamma inovasi islam, 29-30.

Hidayati. (2022). Bullying pada Anak : Analsiis dan Alternatif Solusi. Jurnal Korespodensi, 3.

Latief. (2023). Peranan Pentingnya Lingkungan Belajar Bagi Anak. Journal Kependidikan, 1.

Latif. (2023). Peranan Pentingknya Lingkungan Belajar Bagi Anak. Journal Kependidikan, 1.

Miftahuddin. (2019). Pengaruh Bullying Terhadap Perilaku Pelajara PAI Siswa Kelas XI SMK Bishri Syansuri Denayar Jombang. Jurnal Pendidikan.

Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. AbsoluteMedia.

Murkaromah. (2023). Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Hasil BelajarSiswaRumpunPAIDarulUlum Muncar Bnyuawani. Journal Pendidikan, 1.

Nadhifah. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS).

Ningsih, Kuswidyanarko, Lubis. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Suhu Dan Kalor Kelas V. PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1167.

Noprinda, Soleh. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS). Indonesian Journal of science and mathematics education, 169.

Nurhsanah. (2022). Manfaat Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Telaah, 4.

Nurmala,Iswan,Emorad,Lestari, Qonita. (2022). Pengembangan Media Monopoli Pembelajaran IPA Materi "Sumber Energi" Pada Siswa Kelas Vl SDN Margahayu Vl. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 3.

Pertiwi, Sumarno, Dwi. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. mimbar PGSD Undisha, 265.

Putri. (2024). Menciptakan Lingkungan Belajar Aman danNyaman di Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islkam Anak Usia Dini.

Ramadhani. (2022). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 2Prumnas Way Halim. Journal Pendidikan, 2

Riyoko. E (2024) Pengaruh Pendekatan Contexstual Teaching Andlearningterhadap Kemampuan Berfikir Kritis Berdasarkanminatbelajar Siswa Sd Negri 93 Palembang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,

Sani, Setiawan. (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran KeterampilanMenulisSiswa.journalof management, 89.

Sudaryono. (2019). Aplikasi Analisis Path Analysis Berdasarkan Urutan Penempatan Variabel Dalam Penelitian. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 226.

Tritansi. (2020). Bullying dan Efeknya Bagi Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Kudus. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan.

Wulandari. (2018). Karakteristik Pelaku dan Korban Bullying di SMA Negeri 11 Surabaya. Jutrnal BK Unesa, 3.

Wulandari. (2022). Penanganan Bullying Melalui Penguatan Karakter Pada Anak Usia Sekolah Dasar Jurnal Paradigma, 3.

Downloads

Published

2025-09-01

Most read articles by the same author(s)