EKSPLORASI KREATIVITAS TARI PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Yessyca Elsa Risqiana Universitas Negeri Semarang
  • Ni Kadek Aris Rahmadani Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28340

Keywords:

Kreativitas Anak, Pendidikan Anak Usia Dini, Seni Tari

Abstract

Rendahnya pemanfaatan pendekatan eksploratif dalam pembelajaran seni tari untuk mengembangkan kreativitas anak. Permasalahan utama dalam studi ini adalah bagaimana pendekatan pembelajaran tari yang efektif dapat mendorong perkembangan kreativitas pada anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran eksplorasi tari dalam mendukung aspek perkembangan anak khususnya dalam dimensi motorik kasar, sosial-emosional, imajinasi, dan kepercayaan diri. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (Systematic Literature Review) dengan menelaah 40 artikel ilmiah dari jurnal nasional dan prosiding yang diterbitkan antara tahun 2016 hingga 2025. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pencarian sistematis menggunakan kata kunci terkait kreativitas tari anak usia dini melalui Google Scholar dan aplikasi Publish or Perish. Teknik analisis data melibatkan pengelompokan temuan ke dalam tema besar, yaitu perkembangan fisik, sosial, kognitif, serta pendekatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksplorasi tari yang dilakukan dengan pendekatan bermain eksploratif, pembelajaran berbasis budaya lokal, dan metode ramah anak memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan kreativitas dan aspek tumbuh kembang anak secara holistik. Tari tidak hanya memperkuat motorik kasar, tetapi juga meningkatkan kemampuan berimajinasi, mengekspresikan emosi, serta membangun rasa percaya diri dan kerja sama sosial. Oleh karena itu, integrasi seni tari dalam kurikulum PAUD perlu dirancang secara sistematis dan kontekstual untuk menunjang perkembangan menyeluruh anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyanti, R., Nirwana, E. S., & Agusmiati, S. (2022). Pengaruh Kegiatan Seni Tari Kreasi terhadap Percaya Diri Anak Usia Dini 5-6 Tahun di TK Al-Azhar Kota Bengkulu. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 3(3), 55-63.

Aprilian, A. D., & Zulfahmi, M. N. (2024). Analisis Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Media Ecobrick: Analyze the Creativity of Children Age 5-6 Years Trough Using Ecobrick Media. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(1), 78-85.

Apriani (2017) “Penerapan Tari Kreatif Dengan Eksplorasi Imagery Lingkungan Hidup Anak Usia Dini”

Ayu Vinlandari Wahyudi (2024) “Penanaman Karakter Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Tari Kreatif Berbasis Ramah Anak”

Fitriyanti, D., Wulandari, H., & Justicia, R. (2023). Implementasi Tari Kreatif dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 123-138.

Gunada, I. W. A. (2022). Konsep, fungsi dan strategi pembelajaran seni bagi peserta didik usia dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 109-123.

Hanifa, H. M., & Syafila, F. N. (2025). Peran Seni Tari Dalam Perkembangan Sosial Anak Usia Dini: The Role Of Dance In Early Childhood Social Development. Journal Fascho: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(7), 42-50.

Heldanita, H. (2018). Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(1), 53-64.

kadek ayu Damayanti, N., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. (2023). Kegiatan Seni Tari Kreasi Terhadap Kepercayaan Diri Anak Kelompok Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(1), 140-147.

Khairunnisa, P., Saputra, A., & Ningsih, S. Y. (2025). Pengembangan Video Gerakan Tari Kreasi Dolanan Untuk Mengenalkan Budaya Pada Anak Usia Dini Di TK Negeri 02 Tiumang. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 15(1), 1-5.

Lestari, W. (2022). Strategi penanaman literasi budaya dan kreativitas bagi anak usia dini melalui pembelajaran tari. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5476-5486.

Mukhlisin, M., & Lestari, K. (2024). Proses Pembelajaran Tari Anak Usia Dini. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1-8.

Riyani Desfira Arinda, Amir Hamzah, Tutut Handayani, Izza Fitri (2025) “Analisis Kegiatan Tari Kreasi untuk Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini di RA Miftahul Jannah Palembang”

Sari, A. T. R., & WAHYUDI, W. (2019). Penciptaan Karya Tari Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal.

Sumyati, S. (2023). Implementasi Bermain Eksplorasi Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Taman Kanak-Kanak Islam Al-Hidayah Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Tarbiyah Jurnal: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(02), 771-780.

Sutini, A. (2018). Pembelajaran tari bagi anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2).

Tahira, A., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Tari Kreasi. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 9(2), 21-30.

Wahyudi, A. V., & Gunawan, I. (2024). Penanaman Karakter Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Tari Kreatif Berbasis Ramah Anak. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 791-802.

Downloads

Published

2025-08-05

Most read articles by the same author(s)