PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PESERTA DIDIK

Authors

  • Leni Pitrianis Program Pascasarjana Universitas Terbuka
  • Dewi Padmo, Rini Farmila Yanti Program Pascasarjana Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28349

Keywords:

problem based learning (PBL), LKPD, Critical thinking skills, Initial abilitie

Abstract

Model pembelajaran PBL dapat mengembangkan kemampuan dan keaktifan peserta didik. Model pembelajaran PBL yang telah banyak, tetapi model PBL berbantuan LKPD belum pernah diimplementasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuanLembar Kerja Peserta Didik  ( LKPD ) terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari kemampuan awal peserta didik kelas IV SD Negeri 11 Sago. Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan desain adalah quasi experimental design. Hasil penelitian menunjukkan terdapat Pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berbantuan LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari kemampuan awal rendah peserta didik  (0,002) , terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari kemampuan awal Tinggi . Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari kemampuan awal peserta didik kelas IV SD Negeri 11 Sago

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto. (2013). Pendekatan

Pembelajaran Saintifik

Kurikulum 2013. Yogyakarta:

Gava Media.

Hardika, S. (2020). Kemampuan

Berfikir Kritis Matematis.

Perpustakaan IAI Agus Salim

Metro Lampung, 2(April), 1–7.

Herdiansyah, H. (2018).Pengaruh

Penggunaan Lembar Kerja

Peserta Didik (LKPD) Berbasis

Problem Based Learning (PBL)

terhadap Kemampuan Berpikir

Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan

Matematika, 12(2), 115-123.

Indriani, N., Aisyah, A. N., & Elok, F.

N. (2021). Pembelajaran Satu

Arah Menyebabkan

Pembelajaran Matematika

Tidak Bermakna. Jurnal Amal

Pendidikan, 2(3), 196.

https://doi.org/10.36709/japend.

v2i3.23011

Jannah, R., Mahsul, A., & Mubarak,

S. (2020). Pengaruh

Penerapan Model

Pembelajaran Problem Based

Learning Terhadap

Peningkatan Keterampilan

Berpikir Kritis Dan Pemahaman

Konsep Siswa Pada Materi

Larutan Penyangga. Spin

Jurnal Kimia & Pendidikan

Kimia, 2(2), 116–131.

https://doi.org/10.20414/spin.v2

i2.2697

Karma, I. W., Suma, K., & Astawan,

I. G. (2023). Pengaruh Model

Pembelajaran Berbasis

Masalah Berseting Kooperatif

Downloads

Published

2025-06-22