PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28349Keywords:
problem based learning (PBL), LKPD, Critical thinking skills, Initial abilitieAbstract
Model pembelajaran PBL dapat mengembangkan kemampuan dan keaktifan peserta didik. Model pembelajaran PBL yang telah banyak, tetapi model PBL berbantuan LKPD belum pernah diimplementasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuanLembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari kemampuan awal peserta didik kelas IV SD Negeri 11 Sago. Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan desain adalah quasi experimental design. Hasil penelitian menunjukkan terdapat Pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berbantuan LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari kemampuan awal rendah peserta didik (0,002) , terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari kemampuan awal Tinggi . Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari kemampuan awal peserta didik kelas IV SD Negeri 11 SagoDownloads
References
Daryanto. (2013). Pendekatan
Pembelajaran Saintifik
Kurikulum 2013. Yogyakarta:
Gava Media.
Hardika, S. (2020). Kemampuan
Berfikir Kritis Matematis.
Perpustakaan IAI Agus Salim
Metro Lampung, 2(April), 1–7.
Herdiansyah, H. (2018).Pengaruh
Penggunaan Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) Berbasis
Problem Based Learning (PBL)
terhadap Kemampuan Berpikir
Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan
Matematika, 12(2), 115-123.
Indriani, N., Aisyah, A. N., & Elok, F.
N. (2021). Pembelajaran Satu
Arah Menyebabkan
Pembelajaran Matematika
Tidak Bermakna. Jurnal Amal
Pendidikan, 2(3), 196.
https://doi.org/10.36709/japend.
v2i3.23011
Jannah, R., Mahsul, A., & Mubarak,
S. (2020). Pengaruh
Penerapan Model
Pembelajaran Problem Based
Learning Terhadap
Peningkatan Keterampilan
Berpikir Kritis Dan Pemahaman
Konsep Siswa Pada Materi
Larutan Penyangga. Spin
Jurnal Kimia & Pendidikan
Kimia, 2(2), 116–131.
https://doi.org/10.20414/spin.v2
i2.2697
Karma, I. W., Suma, K., & Astawan,
I. G. (2023). Pengaruh Model
Pembelajaran Berbasis
Masalah Berseting Kooperatif
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.