MANAJEMEN KELAS DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI SEKECAMATAN GANDUS KOTA PALEMBANG
MANAJEMEN KELAS DAN PROFESIONALISME GURU
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28417Keywords:
Manajemen Kelas, Profesionalisme Guru, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa (1) Pengaruh manajemen kelas terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri Se Kecamatan Gandus Palembang. (2) Pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri Se Kecamatan Gandus Palembang. (3). Pengaruh manajemen kelas dan profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri Se Kecamatan Gandus Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Sekecamatan Gandus Kota Palembang, dengan sampel dalam penelitian ini sebanyak 107 orang guru di Sekolah Dasar ne$ge$ri di Kecamatan Gandus. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan validitas konstruks, sedangkan uji realibilitas menggunakan Cronbach‘s Alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, Uji Heteroskedastisitas, dan Uji Multikolienaritas, serta data di analisis menggunakan teknik regresi linear berganda, korelasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan kelas berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar di Kecamatan Gandus, Palembang. (2) Profesionalisme guru berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar di Kecamatan Gandus, Palembang. (3). Pengelolaan kelas dan profesionalisme guru secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar di Kecamatan Gandus, Palembang.Downloads
References
Buku :
Kesumawati, N dan Aridanu, I. (2017). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Depok: Raja grafindo Persada.Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Mulyasa, E. (2011). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2013). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosdakarya.
Sudjana, N. (2013). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tauhid Rahmatia. (2020). Dasar-Dasar Teori Pembelajaran
Jurnal :
Ainun Nisa, P., Suratman, E., & Maulid, atul. (n.d.). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Gerak Parabola. In gravitasi Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (Vol. 5, Issue 02).
https://doi.org/https://doi.org/10.33059/gravitasi.jpfs.v5i02.5880
Amrini Shofiyani, A. A. , S. siti. (2022). Implementasi Teori Belajar behavioristik di MI Al-Asyari`ah Jombang. Implementasi Teori Belajar Behavioristik Di MI Al-Asyari’ah Jombang.
Anggraini, F. D. P., Aprianti, A., Setyawati, V. A. V., & Hartanto, A. A. (2022). Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6491–6504. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3206
Atmojo, H. B. R., Lian, B., & Mulyadi, M. (2021). Peran Kepemimpinan dan Profesional Guru Terhadap Perbaikan Mutu Pembelajaran. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 744–752. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1217
Berfikir, K., Kuantitatif, P., Zahra Syahputri, A., Della Fallenia, F., Syafitri, R., Lubis, R. N., Wulan, S., & Lubis, D. (2023). Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran. https://jurnal.diklinko.id/index.php/tarbiyah/https://jurnal.diklinko.id/index.php/tarbiyah/profil
Bukman, L. Ildha, A. Muhaamd,T. (2002). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK Setia Darma Palembang. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media e-ISSN: 2746-3583 Vol. 2, No. 3, May 2022 p-ISSN: 2775-4537
Dapodikdasmen, (2023). Data profil guru se kecamatan Gandus
Dwanda Putra, L., Zhinta, S., & Pratama, A. (2023). Pemanfaatan Media dan Teknologi Digital Dalam Mengatasi Pembelajaran. Journal Transformation of Mandalika, 4(8). http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/issue/archive
Fadilla Annisa Rizky, P. A. W. (2023). Literatur Review Analisis Data Kualitatif: Tahap Pengumpulan Data.
Fakhri Ramadhan, M., Siroj, R. A., Win Afgani, M., Raden Fatah Palembang, U., H Zainal Abidin Fikri, J. K., Kemuning, K., Palembang, K., & Selatan, S. (2024). Validitas and Reliabilitas. Journal on Education, 06(02), 10967–10975.
Harmendi dkk, M., Kata Dari Judul Artikel, B., Harmendi, M., Lian, B., & Wardarita, R. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru.
Haryati, D. N. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kepribadian terhadap Organizational Citizenship Behavior dengan Budaya Organisasi sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(1), 28. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i1.433
Herdi Setiawan, M. (2022). PentingnyaLingkungan Belajar Yang Kondusif Bagi Peserta DidikSekolah Dasar. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9530
Idhayani, N., Nasir, N., & Jaya, H. N. (2020). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1566
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911
Ilmiah, J., Stai, P., Gersik, A.-A., Aini, A., Hadi, A., Al-Amin, S., & Kediri, G. (2023). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. In Asratu Aini & Alfan Hadi (Vol. 2, Issue 2). https://ejournal.staialamin.ac.id/index.php/pgmi
Isti Pujihastuti. (2010). Prinsip Kuesioner Penelitian.
Jurnal, H., Alim, B., Saefudin Wahid, F., Yono, R. R., Kunci, K., Kelas, M., Belajar, D., & Belajar, M. (2022). Jurnal Ilmu Pendidikan Pengaruh Manajemen Kelas Dan Disiplin Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Soko Guru, 2(2).
Keilmuan, J., Pendidikan, M., Nugraha, M., Negeri, S., Cikulur, S. A., Lebak, K., & Banten, P. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. 4(01), 27–44. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbawi
Lana Amrona, Y., Nurhuda, A., Assajad, A., & Ariska Putri, A. (2023). Manajemen Peserta Didik sebagai Sarana dalam Mencapai Keberhasilan Tujuan Pendidikan. 5(3), 93–103. https://belaindika.nusaputra.ac.id/indexbelaindika@nusaputra.ac.id
Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5087–5099. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1436
Lian, B. (2017). Kepemimpinan dan Kualitas Kinerja Pegawai. https://www.researchgate.net/publication/347007120
Magister, M. W., Pendidikan, A., Kristen, U., & Wacana, S. (n.d.). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).
Narmi, Y., Montessori, M., Fitria, Y., & Adnan, M. F. (2021). Pemanfaatan Sarana dan Sumber Belajar pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6144–6149. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1774
Nurdin, Hs., & Profesional Dan Penelitian, G. (2016). Jurnal Educative : Journal of Education Studies (Vol. 1, Issue 1).
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Ardiansyah, P., Jailani, Ms., Negeri, S., Provinsi Jambi, B., & Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (n.d.-a). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan
Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Ardiansyah, P., Jailani, Ms., Negeri, S., Provinsi Jambi, B., & Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (n.d.-b). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan
Pendidikan, J., & Konseling, D. (n.d.). Teori Belajar Behavioristik (Vol. 5).
Pendidikan Transformatif, J., Santoso, G., Abdul Karim, A., Maftuh, B., & Murod, mun. (n.d.). Kajian Kewajiban dan Hak Negara dan Warga Negara sebagai Strategi WNI dan WNA di Dalam dan di Luar Negeri Indonesia Abad 21
.
Sihaloho, W., Rabiul, M., Damanik, A., Maimanah, A., Rahayu, A. H., Daulay, M., Efendi, Z., Pendidikan, P. S., Anak, I., Dini, U., Tarbiyah, I., Universitas, K., Negeri, I., & Utara, S. (n.d.). Pendidikan dan Masyarakat. https://doi.org/10.17467/jdi.v5i3.4368
Sulaiman, S., & S, N. (2021). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Serta Implikasinya Dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3). https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.118
Sularmi. (2018). Penerapan Teori Kontruktivisme untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pkn Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Punjul Tulungagung.
Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258-264.
Sundahry, D. M. , O. A. Y. P. J. M. (2023). Pelatihan Pengembangan Instrument Pembelajaran SD. https://doi.org/https://doi.org/10.52060/jppm.v4i2.1282
Suryani, N., Jailani, Ms., Suriani, N., Raden Mattaher Jambi, R., & Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (n.d.). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan.
http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan
Syaifullah, R. (2012). Penerapan Model Pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK PGRI Sukodadi Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(01), 1–8
Syaikhul Basyir. (2022). Kontribusi Teori Belajar Kognitivisme David P.Ausubel dan Robert M.Gagne Dalam Proses Pembelajaran.
Syarnubi. (2019). Guru Yang Bermoral Dalam Kontekstual Sosial, Budaya, Ekonomi, Hukum dan Agama.
Wahyunanto Prihono, E., Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, F., Ambon Jl Tarmizi Taher, I. H., Cengkeh, K., Merah Atas, B., Ambon, K., & Penulis, K. (2019). Validitas Instrumen Kompetensi Profesional pada Penilaian Prestasi Kerja Guru. 18(2), 897–910. http://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/ekspose
Warini, S., Hidayat, Y. N., Ilmi, D., Islam, P. A., Tarbiyah, F., Keguruan, D., Islam, U., Sjech, N., Djamil, M., Bukittinggi, D., & Kunci, K. (2023). Education And Learning Journal Teori Belajar Sosial Dalam Pembelajaran. In | Anthor: Education and Learning Journal (Vol. 2).
Wati, A. R. Z., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 46. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p46-57
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.