PERSEPSI GURU SD PADA PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DAN KEGIATAN KOMUNITAS BELAJAR TERHADAP MUTU PENDIDIKAN

PERSEPSI GURU SD PADA PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK

Authors

  • Nurleni Septika Universitas PGRI Palembang
  • Edi Harapan, Darwin Effendi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28419

Keywords:

Program Sekolah Penggerak, Kegiatan Komunitas Belajar, Mutu Pendidikan, Pendidikan Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program sekolah penggerak dan kegiatan komunitas belajar terhadap mutu pendidikan menurut persepsi guru SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian terdiri dari 90 orang guru di SD Kecamatan Gandus menggunakan pemilihan metode sampel jenuh (saturation sampling). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari uji persyaratan analisis dan uji hipotesis yang mencakup uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, multikolinearitas,  heteroskedastisitas, regresi linier sederhana, regresi linear berganda, dan koefisien determinan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) Program Sekolah Penggerak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan menurut persepsi guru SD, 2) Kegiatan Komunitas Belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan menurut persepsi guru SD, 3) Program Sekolah Penggerak dan Kegiatan Komunitas Belajar secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan menurut persepsi guru SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Cet. ke 13. Jakarta : PT Rineka Cipta

Basuki wibawa. (2011) Teknologi Kinerja dan Implentasinya di Organisasi dan masyarakat Belajar. Jakarta: Makalah

Hafidhuddin, D. (2003). Islam Aplikatif, Jakarta: Gema Insani Press

Fadli. A. (2011). Organisasi dan Administrasi. Jakarta: Manhalun Nasyiin Press

Gary, Y. (2005). Kepemimpinan Dalam Organisasi,edisi kelima.Jakarta: Gramedia.

Handoko, Hani, (2000). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: BPFE.

Hasibun S. P, Malayu, (2002). Manajemen Sumberdaya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.

Hendri Tanjung, Arep & Ishak, (2003), Manajemen Motivasi, PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia, Jakarta.

Kemedikbud. (2019) Neraca pendidikan Daerah tentang Uji Kompetensi Guru

Kerlinger, FN. (2003). Asas-Asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Kesumawati, N., & Aridanu, I. (2018). Statistik parametrik penelitian pendidikan. Palembang: NoerFikri Offset.

Kristiawan, dkk.(2018). Inovasi Pendidikan.Jawa Timur; Wade Group

Mangkunegara, A.P (2010) Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama

Marquardt, M.J. (1996). Building in the learning organizational: A system approach to quantum improvement and global success. Newyork: McGraw-Hill

Marwansyah. (2010). Manajemen sumber daya manusia. Bandung: Alfabeta

Mathis, R. L., dan Jackson,J.H. (2001), Manajemen Sumber Daya Manusia, buku 1 dan buku 2, Terjemahan, Salemba Empat, Jakarta.

Moeheriono. (2009). Pengkuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor : Ghalia. Indonesia.

Mulyasa, E. (2009) Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ramayulis. (2016). Profesi dan etika keguruan. Jakarta: Kalam Mulya

Rivai, Veithzal, ( 2004). Kepemimpinan Dan Perilaku Organisasi, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Robbins, S.P dan M. Coulter, (2010). Manajemen (Terjemahan, Edisi Sepuluh),.Jakarta : Erlangga.

Sa’ud, S. (2009). Pengembangan profesi guru. Bandung: CV. Alfabeta

Senge, P.M. (2006). The fifth discipline: The art and practice of the learning organization, a currency paperbook. Newyork: Doubleday

Stephen P. Robbins. (2001). Organizational Behavior. San Diego State University: Prentice Hall.

Singarimbun, M., dan Effendi, S. (2007). Metode Penelitian Survei. Jakarta: PT Pustaka LP3ES Indonesia

Sugiyono, (20019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Usnaini, U. (2011). Manajemen, teori, praktik dan riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Yamin, M. (2010). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Pers.

Yvonne A. Unrau, Peter A. Gabor, dan Richard M. Grinnell, Jr . (2007) Evaluation in Social Work: The Art and Science of Practice, Fourth Edition. New York: Oxford University Press.

Jurnal :

Abdulgani, (2015). Peran kelompok kerja guru (KKG) Pendidikan agama islam dalam meningkatkan kompetensi paedagogik guru SD Negeri Gugus kecamatan Payaraman OKI. Journal Conciencia. Journal of Islamic education. 14(2). 1-23.

Allan A. Glatthorn, (2000). The Princpal as Curriculum Leader: Shaping What Is Taught & Tested. 2nd ed. Thousand Oaks, Calif.: Corwin Press,

Angriawan, E., &Rusilowati, U. (2014). Pengaruh organisasi pembelajar (learning organization) terhadap kinerja karyawan Bank BCA. Kreatif Jurnal prodi manajemen Universitas Pamulang. 2(2), 1-12

Bintarti, S (2017). Studi Tentang Tingkat Kompetensi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Tenaga Pendidik SMPIT Pesantren Al Binaa Bekasi Tahun 2016. Value Journal of Management and Business, 1(2),

Hafid, M. (2017). Pengaruh Motivasi Dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dan Madrasah Di Lingkungan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia (JPII). 1(2), 293-314

Fitriana. (2019). Kelompok kerja guru sekolah sebagai wadah peningkatan kinerja guru SD. (studi kasus kelompok kerja guru gugus II kecamatan tinggi mencong). Tesis pascasarjana program studi Universitas Hasanudin Sulawesi Selatan.

Guruh, M. (2018). Pengaruh kompetensi terhadap kinerja guru. Jenius: Jurnal Ilmiah Manajemen SDM. 2(1), 109-121.

Hasmiati., Yunus, M., & Elpisah. (2022). Pengarum program KKG terhadap profesionalisme guru SD di kecamatan Mandai Maros. Jurnal Education and Development. 10(20, 612-616.

Hastuti, S., Lian, B., & Mahasir, M. (2021, December). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Karakter Guru Terhadap Kompetensi Profesional Guru. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Holilah Holilah, Yasir Arafat, Meilia Rosani, (2023), Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komite Sekolah terhadap Mutu Pendidikan, Jakarta: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Idawati, K. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Kompetensi Profesional dan Kelompok Kerja Guru (KKG) Sekolah Dasar Negeri Gugus III Kecamatan Gunung Agung Tulang Bawang Barat. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 4(2), 46-57.

Immah, F., & Kartini, T. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Di Sma Negeri 01 Kalisat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 14(1), 253-255.

Koestiyati, A.(2020) Pengaruh kegiatan KKG dan supervise akademik terhadap kinerja guru SD di Gugus Wijaya Kesuma kecamatan Ngaliyan Semarang. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Universitas PGRI Semarang

Listiani, I. (2018). Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru Penddikan Agama Islam SD Melalui Kegiatan KKG Se-Kecamatan Tegalrejo Kota Yogyakarta

Lubis, S. (2017) Peningkatan profesionalisme guru PAI melalui KKG. Jurnal Al-Thariqah. 2(2), 189-204

Maliki, P. (2018). Strategi kelompok kerja guru dalam meningkatkan kinerja guru PAI di kota Batu Malang. Tesis program manajemen Pendidikan islam UIN Maulana Malik Ibrahim

. Nizar, N., AR, H. F., & Mahdum, M. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Aktivitas Guru Dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 6(1), 81-92.

Nurdianti, R. R. S. (2017). Pengaruh kompetensi profesional Dan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru ekonomi SMA Negeri di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 18(2), 177-188.

Nugraha, S. A. (2023). Pengaruh Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kinerja Guru PAI SD Se-Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(1), 361-378.

Novalita, L., Ahyani, N., & Eddy, S. (2023). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kurikulum merdeka terhadap kinerja guru SMA Negeri program sekolah penggerak. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 6(1), 171-181.

Rakhman, A., & Brata, Y. R. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogikdan Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(2), 259-264

Rosmawati, R., Ahyani, N., & Missriani, M. (2020). Pengaruh Disiplin dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 200-205.

Saroh,I., Latifah,L. (2014). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan keaktifan guru dalam mengikuti MGMP terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan ekonomi Dinamika Pendidikan. IX(1). 41-47

Selvi, K. (2010). Teacher’s Competencies. Cultura. International Journal of Philosophy of Culture and Axiology, 7(1), 167-175

Supriyatno, A., Subiyanto., dan Tawil. (2016). Pengaruh Sertifikasi Pendidik, Kompetensi Guru Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA. Jurnal Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) Jawa Tengah, 3(2), 171-181.

Sukirman. (2020) Efektivitas KKG dalam meningkatkan kompetensi guru. Indonesian Journal of Education Management & Administrasi Review. 4(1), 205-213.

Sulistyorini, (2001), Hubungan Antara Manajerial Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Dengan Kinerja Guru, Jurnal Ilmu Pendidikan, 28(1), 1-12

Suratman, Arafat,Y., & Eddy,S. (2020). The influence of principal’s leadership and teacher’s competence toward teacher performance in Indonesia. Journal of Social Work and Science Education, 1(20), 103-104.

Syafaat,M., Taufik. R.P., Yasin, M. (2022). Peran KKG dalam meningkatkan kinerja guru PAI MAN Sriwijaya Sri Bahwono Lampung. Unisan Jurnal: Jurnal Management dan Pendidikan. 1(1) 894-907

Syarifudin, M., & Ekawati, H.D. (2020) Faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru. Jurnal Cahaya mandalika. 1(3), 47-51.

Utami, P. (2018). Pengaruh Kelompok Kerja Guru terhadap kinerja dan profesionalisme guru SD se Gugus Cahyana Karang Moncong Purbaligga. Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Watkins, K.E., & O’neill, J. (2013). The learning organization quistionaire (DLOQ). Advances in Developing Human Resources, 15(2), 133-147.

Wiryawan, D. (2015). Kontribusi Partisipasi Guru Dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Intensitas Supervisi Akademik Oleh Pengawas Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Se-Kecamatan Kotagede Kota Yogyakarta. Hanata Widya, 4(8).

Wiyono, G. (2017). Strategi penerapan organizational learning untuk membentuk guru pembelajar di sekolah jurusan Pendidikan Teknik elektronika Fakultas Teknik UNY. Jurnal Edukasi, V(1), 69-77.

Downloads

Published

2025-06-22