MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI PERSEPSI GURU PADA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PENGGERAK DAN KOMITE SEKOLAH
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PENGGERAK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28420Keywords:
Kepemimpinan Kepala Sekolah Penggerak, Komite Sekolah, Mutu Pendidikan, Sekolah Dasar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Pengaruh persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah penggerak terhadap mutu pendidikan di Sekolah Dasar Kecamatan Ilir Barat I Palembang, 2) Pengaruh komite sekolah terhadap mutu pendidikan di Sekolah Dasar Kecamatan Ilir Barat I Palembang, 3) Pengaruh gabungan persepsi guru pada kepemimpinan kepala sekolah penggerak dan komite sekolah terhadap mutu pendidikan di Sekolah Dasar Kecamatan Ilir Barat I Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 113 guru, dengan sampel sebanyak 88 guru yang dipilih menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dengan sumber data utama berasal dari data primer. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier sederhana dan berganda dengan SPSS versi 26.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah penggerak berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan di Sekolah Dasar Kecamatan Ilir Barat I Palembang, 2) Komite sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan di Sekolah Dasar Kecamatan Ilir Barat I Palembang, 3) Persepsi guru pada kepemimpinan kepala sekolah penggerak dan komite sekolah secara gabungan berpengaruh signifikan terhadap mutu pendidikan di Sekolah Dasar Kecamatan Ilir Barat I Palembang.Downloads
References
Komara, E., & Suhendraya, H. (2024). Pengambilan Keputusan Dan Analisis Kebijakan Sektor Pendidikan.
Lelo Sintani, M. M., Fachrurazi, H., Mulyadi, S. E., Nurcholifah, I., EI, S., Fauziah,
M. M., Sri Hartono, S. E., & Jusman, I. A. (2022). Dasar Kepemimpinan. Cendikia Mulia Mandiri.
Lickona, T. (2022). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility (Edisi terbaru). New York: Bantam Books.
Machali, I. (2018). The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia Edisi 2 (Vol. 2). Prenada Media.
Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.
Nadur, E. S. (2017). Implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam membentuk budaya sekolah pada konteks pendidikan di indonesia. Jurnal Penelitian, 21(1).
Nguyen, T., & Lee, J. (2023). Participative Leadership in Education: Enhancing Teacher Engagement and School Quality. Seoul: Education Research Press.
Paramansyah, A., & Parojai, M. R. (2024). Pendidikan Inklusif Dalam era Digital. Penerbit Widina.
Purwanto, A. (2022). Konsep dasar penelitian kualitatif: Teori dan contoh praktis. Penerbit P4I.
Rahman, A., & Yusoff, N. (2023). Kepemimpinan Inklusif Kepala Sekolah Penggerak dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jakarta: Pustaka Edukasi Mandiri.
Safitri, A. (2021). Manajemen Kepala Sekolah. CV. Scientifik Corner Publishing.
Sari, D. A., & Nugroho, H. (2024). Sinergi Komite Sekolah dan Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pustaka Edukasi.
Suharsaputra, U. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama
Yulianto, H. (2023). Paradigma Transformasi Sistem Pendidikan: Perspektif Fasilitator Sekolah Penggerak. Sagusatal Indonesia.
Zhang, Y., & Wang, L. (2023). Strategic Human Resource Management in Education: Pathways to School Improvement. Beijing: China Academic Press.
Jurnal :
Abrori, M., & Muali, C. (2020). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah. JUMPA: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 1–16.
Alfian, M., Hasibuan, M. A., & Ratonggi, R. (2024). Peranan Komite Sekolah dalam Meningkatkan Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Sipirok, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan. Wathan: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(3), 219–236.
Amon, L., & Harliansyah, H. (2022). Analisis kompetensi manajerial kepala sekolah dalam perencanaan peningkatan mutu pendidikan menengah kejuruan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 147–162.
Atmojo, S. E., Lian, B., & Mulyadi, M. (2021). Peran Kepemimpinan, dan Profesional Guru Terhadap Perbaikan Mutu Pembelajaran. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 5(1), 8–16. https://doi.org/10.17977/um025v5i1p8-16
Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85.
Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(01), 31–42.
Hasibuan, P. M., & Hadijaya, Y. (2024). Implementasi Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Research, 5(3), 2802– 2809.
Hidayati, N. (2023). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Bandung: Penerbit Cendekia Utama.
Indana, N. (2018). Penerapan Kurikulum Terintegrasi Dalam Mengembangkan Mutu Belajar Siswa (Studi Kasus Di Sma Darul ‘Ulum 1 Unggulan Bppt Jombang). Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 121– 147.
Iswahyudi, M. S., Irianto, I., Salong, A., Nurhasanah, N., Leuwol, F. S., Januaripin, M., & Harefa, E. (2023). Kebijakan Dan Inovasi Pendidikan: Arah Pendidikan di Masa Depan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Iswahyudi, M. S., Munizu, M., Muktamar, A., Badruddin, S., Suryani, L., Kustanti, R., Dewi, L. P., Januaripin, M., Dewi, A. R., & Munawar, A. (2023). Kepemimpinan Organisasi: Teori Dan Praktik. PT. Green Pustaka Indonesia.
Samosir, Y., Gaol, R. L., Abi, A. R., Simarmata, E. J., & Mahulae, S. (2023).
Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas Iv Sd Negeri 6 Onanrunggu Kecamatan Onanrunggu Kabupaten Samosir Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jurnal Binagogik, 10(2), 398–403.
Sulistiyanto, E., & Efendi, N. (2023). Kompetensi Sosial Kepala Madrasah Dalam Memberdayakan Komite Untuk Peningkatan Sarana Prasarana di MAN 1 Tulungagung. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 166–186.
Suryadi, F., Pasaribu, M. H., Siahaan, A. D., Sabri, A., & Lubis, Y. (2024). Peran Manajemen Pendidikan dalam Mewujudkan Sekolah Berkualitas. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 3(4), 92–107.
Susi, S., Agustina, R., Janah, M., Sari, S. M., Sartika, D., & Agustanti, A. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Kajian Study Literatur). Journal on Education, 6(1), 3782–3793.
Syahputri, A. Z., Della Fallenia, F., & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.
Trispiyanti, D., Arafat, Y., & Eddy, S. (2023). Implementasi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Peran Manajerial Kepala Sekolah di SDN 212 Kota Palembang. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 115–126. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.3258
Yokoyama, Y., Nadeak, B., & Sihotang, H. (2023). Implementasi kompetensi guru penggerak dalam menerapkan merdeka belajar SMK di Tana Toraja. Jurnal Dinamika Pendidikan, 16(2), 187–200.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.