STANDAR LITERASI NUMERASI DAN SISTEM INFORMASI DALAM MEMPENGARUHI MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI KECAMATAN ILIR BARAT I

STANDAR LITERASI NUMERASI

Authors

  • Rizti Aprionita Universitas PGRI Palembang
  • Edi Harapan, Hery Setiyo Nugroho Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28421

Keywords:

Standar Literasi Numerasi, Standar Informasi, Mutu Pendidikan, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Pengaruh standar literasi numerasi terhadap mutu Pendidikan di SD Negeri Kecamatan Ilir Barat I, 2) Pengaruh standar informasi terhadap mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Kecamatan Ilir Barat I, 3) Pengaruh antara standar literasi numerasi dan system informasi dalam meningkatkan mutu Pendidikan di SD Negeri Kecamatan Ilir Barat I. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 110 guru, dengan sampel sebanyak 86 guru yang dipilih menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dengan sumber data utama berasal dari data primer. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier sederhana dan berganda dengan SPSS versi 26.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Standar literasi numerasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap mutu pendidikan di SD Negeri Kecamatan Ilir Barat I, 2) Sistem informasi pendidikan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap mutu pendidikan di SD Negeri Kecamatan Ilir Barat I, 3) Standar literasi numerasi dan sistem informasi pendidikan secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri Kecamatan Ilir Barat I.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.

Ekowati, D. W., & Suwandayani, B. I. (2018). Literasi numerasi untuk sekolah dasar (Vol. 1). UMMPress

Kesumawati, Nila. (2024). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Palembang: Noer Fikri

Sallis, Edward. (2011). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.

Saputra, A. M. A., Kharisma, L. P. I., Rizal, A. A., Burhan, M. I., & Purnawati, N. W. (2023). Teknologi Informasi: Peranan TI dalam berbagai bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sutabri, Tata. (2012). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi

Teresia, W. (2021). Asesmen Nasional 2021. Guepedia.

Jurnal :

Agustriani, J., Wulandari, Y., & Wulandari, R. (2022). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Kelompok Bermain (KB). Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(03), 351–362.

Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kajian akademik kurikulum untuk pemulihan pembelajaran.

Aswita, D., Nurmawati, M. P., Salamia, M. S., Sarah, S., Si, S. P., Saputra, S., Kurniawan, E. S., Yoestara, M., Fazilla, S., & Zulfikar, S. (2022). Pendidikan Literasi: Memenuhi Kecakapan Abad 21. Penerbit K-Media.

Atiaturrahmaniah, A., Bagus, I., Aryana, P., & Suastra, I. W. (2022). Peran model science, technology, engineering, arts, and math (STEAM) dalam meningkatkan berpikir kritis dan literasi sains siswa sekolah dasar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(2), 368–375.

Atmojo, S. E., Lian, B., & Mulyadi, M. (2021). Peran Kepemimpinan, dan Profesional Guru Terhadap Perbaikan Mutu Pembelajaran. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 5(1), 8–16. https://doi.org/10.17977/um025v5i1p8-16

Fadil, K., Ikhtiono, G., & Nurhalimah, N. (2024). Perbedaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) antara Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 224–238.

Fajriyah, E. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 4, 403–409.

Fauziyah, H. (2017). Manajemen kepemimpinan transformasional di bidang pendidikan terhadap kedisiplinan mutu pendidikan. Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 15(1).

Fitriyana, I., Juhana, J., & Nirmala, S. D. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(1), 439–453

Gunawan, G., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2769–2777.

Herfiyanti, N., Setiyanti, W., & Wulandari, A. (2024). Peningkatan Mutu Sekolah Dengan Perencanaan Berbasis Data Rapor Pendidikan. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 508–512

Kurniawati, E., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Journal of Education Research, 1(2), 134–137.

Maris, I. S., Komariah, A., & Bakar, A. (2016). Kepemimpinan transformasional kepala sekolah, kinerja guru dan mutu sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(2).

Mubarak, F. (2015). Faktor dan indikator mutu pendidikan islam. Management of Education, 1(1), 10–18.

Nafi’ah, J., Faruq, D. J., & Mutmainah, S. (2023). Karakteristik pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar di madrasah ibtidaiyah. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 1–12.

Padilah, R. N., Rakhmat, C., & Pratama, F. F. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Kemampuan Belajar Siswa Kelas V di SDN 1 Sukamanah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 18446–18453.

Rigianti, H. A., & Utomo, A. C. (2023). Asesmen kompetensi minimum ranah literasi membaca dan implikasinya di sekolah dasar. Jurnal Education and Development, 11(1), 133–137.

Suriani, N., & Jailani, M. S. (2023). Konsep populasi dan sampling serta pemilihan partisipan ditinjau dari penelitian ilmiah pendidikan. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36.

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23.

Syelviani, M. (2020). Pentingnya manajemen waktu dalam mencapai efektivitas bagi mahasiswa (studi kasus mahasiswa Program Studi Manajemen UNISI). Jurnal Analisis Manajemen, 6(1), 66–75.

Triansyah, F. A., Siti Yuliyanti, S. T., Kom, M., Rohmawati, I., Kom, S., Kom, M., Faizal, S. E., Suacana, I. W. G., Rakhmawati, D. Y., & Turno, M. P. (2024). Konsep Dasar Sistem Informasi Manajemen. CV Rey Media Grafika.

Trispiyanti, D., Arafat, Y., & Eddy, S. (2023). Implementasi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Peran Manajerial Kepala Sekolah di SDN 212 Kota Palembang. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 115–126. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.3258

Yanti, H., & Syahrani, S. (2021). Standar bagi pendidik dalam standar nasional pendidikan indonesia. Adiba: Journal of Education, 1(1), 61–68.

Yunarti, T., & Amanda, A. (2022). Pentingnya kemampuan numerasi bagi siswa. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 2(1), 44–48.

Downloads

Published

2025-06-22