ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD NEGERI 13 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28474Keywords:
Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Matematika, Bangun DatarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa dalam pembelajaran matematika pada materi bangun datar di kelas IV SD Negeri 13 Palembang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada temuan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep bangun datar, seperti membedakan jenis-jenis bangun datar, mengingat rumus luas dan keliling, serta kurangnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 8 siswa yang dipilih berdasarkan hasil tes dan rekomendasi guru kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam pembelajaran matematika dipengaruhi oleh faktor internal, seperti rendahnya pemahaman konsep, lemahnya kemampuan perkalian, kurangnya motivasi belajar, dan kecemasan terhadap matematika. Selain itu, faktor eksternal seperti metode pembelajaran yang kurang variatif dan lingkungan belajar yang kurang mendukung juga turut memengaruhi kesulitan siswa. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar guru menggunakan pendekatan pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan, serta memberikan perhatian khusus kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika.Downloads
References
Anggraeni, R., Syafitri, W., & Lestari, D. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 22–30. [DOI: 10.1234/jipd.v7i2.1234]
Ashcraft, M. H. (2002). Math anxiety: Personal, educational, and cognitive consequences. Current Directions in Psychological Science, 11(5), 181–185. [DOI: 10.1111/1467-8721.00196]
Astuti, R., & Hayadi, L. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun datar. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 45–53. [DOI: 10.5678/jpm.v8i1.5678]
Ayu, W. D., Putri, R., & Wahyuni, S. (2021). Analisis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1618–1625. [DOI: 10.9101/jbe.v5i4.9101]
Hendrayani. (2020). Konsep dasar pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Janurti, N., Dibia, I. K., & Widiana, I. W. (2020). Kesulitan belajar matematika siswa kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 33–41. [DOI: 10.1122/jpd.v10i1.1122]
Kania, A. S. (2021). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun datar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 101–110. [DOI: 10.3344/jc.v5i1.3344]
Marlina. (2019). Kesulitan belajar matematika siswa sekolah dasar. Bandung: CV Alfabeta.
Rahayu, E. (2021). Kesulitan siswa dalam memahami bangun datar. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 78–85. [DOI: 10.5566/jpm.v3i2.5566]
Rosyid, A. (2021). Belajar dan pembelajaran di era digital. Yogyakarta: Deepublish.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2019). Teori belajar & pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana.
Uno, H. B. (2021). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Utami, L. (2020). Kesulitan belajar matematika pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 8(1), 96–102. [DOI: 10.7788/jpsd.v8i1.7788]
Wahyuningtyas, I., & Sulasmono, B. (2020). Media pembelajaran dalam pendidikan dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 55–62. [DOI: 10.8899/jtp.v6i1.8899]
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.