Transformasi Pembelajaran PJOK: Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Berdiferensiasi
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28525Keywords:
differentiated learning, learning motivation, underhand passing volley ballAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap motivasi belajar siswa pada materi keterampilan dasar passing bawah bolavoli dalam pembelajaran PJOK. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain one group pre-test post-test, melibatkan 30 siswa kelas V di SDN 2 Tawangrejo. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen angket motivasi belajar yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara skor pre-test dan post-test, dengan rata-rata skor meningkat dari 18,80 menjadi 23,20. Nilai signifikansi pada uji t sebesar 0,000 (< 0,05) mengindikasikan bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PJOK, khususnya pada materi keterampilan passing bawah bolavoli.Downloads
References
Almujab, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendekatan Efektif Dalam Menjawab Kebutuhan Diversitas Siswa. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 1–17. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Aprilianto, D., Husin, S., & Suranto, S. (2019). Koodinasi Mata-Tangan Dan Kekuatan Otot Lengan Dengan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli. JUPE (Jurnal Penjaskesrek), 2017. https://www.researchgate.net/publication/335207462%0AHand-Eye
Azmi, B., Fatmasari, R., & Jacobs, H. (2024). Aulad : Journal on Early Childhood Motivasi , Disiplin , Lingkungan Sekolah : Kunci Prestasi Belajar. Aulad : Journal on Early Childhood, 7(2), 323–333. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i2.654
Banjarani, W. A., & Ridwan, M. (2023). Pengaruh media augmented reality terhadap motivasi belajar passing sepak bola. JUMPER (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga) Vol., 3(2), 123–129.
Berliana, A. P., Sumiyadi, S., & Nugroho, R. A. (2024). Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Proyek untuk Pengembangan Keterampilan Menulis Cerita Pendek di SMP. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2998–3009. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4035
Chairunnisa, Maulana, A., & Agyl, A. (2024). Pembelajaran Diferensiasi Dalam PJOK : Literatur Review. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 3, 684–693.
Fadila, H. N., Heynoek, F. P., Kurniawan, R., & Amiq, F. (2022). Survei Motivasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Menengah Atas ( SMA ) Negeri Se-Kota Malang. Sport Science and Health, 4(11), 1040–1048. https://doi.org/10.17977/um062v4i112022p1040-1048
Fauziyati, W. R. (2018). Strategi kepala sekolah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pendidikan menuju generasi maju Indonesia. Qalamuna, 10(1), 157–177.
Glawa, A., Lase, B. P., Bawamenewi, A., & Harefa, A. T. (2025). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Menggunakan Model Discovery Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 8(6), 6397–6411. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Illmu Pendidikan, 35(2). https://doi.org/10.21009/PIP.332.1 Volume
Jasiah, J., Maisura, M., Susilo, C. B., Trinova, Z., & Yuniendel, R. K. (2023). Pembelajaran Diferensiasi di Tengah Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7683–7689. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2914
Kolesnichenko, N. Y., Hladun, T. S., Diahyleva, O. S., Hats, L. Y., & Karnaukhova, A. V. (2020). Increasing students’ motivation to learn at tertiary educational institutions. International Journal of Higher Education, 9(7), 166–175. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n7p166
Lutfi, N., Ginanjar, A., Malik, A. A., & Pingon, L. (2021). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Maenpo: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 11(2), 205–215. https://jurnal.unsur.ac.id/maenpo%0AThis
Mustaqim, O. R. (2024). Manajemen pendidikan yang mengakomodasi anak berkebutuhan khusus melalui pendekatan holistik. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 2(1), 21–31. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i2.3495
Nugraha, I. R. R., Supriadi, U., & Firmansyah, M. I. (2023). Efektivitas Strategi Pembelajran Project Based Learning dalam meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(1), 39–47. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI
Nuriawati, I., Suroto, S., Tuasikal, A. R. S., & Setyorini, S. (2020). Efektivitas Model Permainan Target Berbasis Goal Orientation Pada Pendidikan Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(1), 13–22. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i1.8313
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Bagus, P. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online Pengembangan Aplikasi Kuesioner Survey Berbasis Web Menggunakan Skala Likert dan Guttman. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185
Pratiwi, I. R. (2022). Implementasi Praktik Baik Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Academia.Edu, November 1989. https://www.academia.edu/download/111110441/Pembelajaran_Diferensiasi_PJOK.pdf
Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2019). Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Rahmani, D. A., Risnawati, R., & Hamdani, M. F. (2025). Uji T-Student Dua Sampel Saling Berpasangan/Dependend (Paired Sample t – Test). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(2), 568–576. https://jpion.org/index.php/jpi 568
Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608–2617. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1153
Syawal, S., Tulak, H., Ishak, S., Wajdi, F., Rante, S. V. N., & Tulak, T. (2025). IOC : Merangsang Minat Belajar Siswa SD. Elementary Journal, 8(1), 30–41.
Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif : Konsep , Prosedur , Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211.
Wati, S., & Nurhasannah, N. (2024). Penguatan Kompetensi Guru Dalam Menghadapi Era Digital. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(2), 149–155. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n2.p149-155
Wibisono, K. A., & Guntur, G. (2025). Penerapan Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Bola Voli Kelas VIII D Pada SMP Negeri 12 Surakarta. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 263–276. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta
Widyawati, R. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 365–379.
Wijaya, E., & Nuraini, F. (2023). Pentingnya Interaksi Sosial dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 9–13.
Yuli, R. R., Munandar, K., & Salma, I. M. (2023). Keselarasan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Visi Pedagogis Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. JTP: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.80
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.