PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS III UPT SDN DOROMUKTI

Authors

  • Dwi yuni kholifatus isdiyanti Universitas PGRI RONGGOLAWE
  • Wendri wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28560

Keywords:

diorama, media pembelajaran, siklus hidup makhluk hidup

Abstract

Rendahnya motivasi belajar dan capaian akademik siswa pada materi siklus hidup makhluk hidup mendorong peneliti untuk mengembangkan solusi pembelajaran melalui media diorama yang konkret dan interaktif pada siswa kelas III UPT SDN Doromukti dalam mata pelajaran IPAS. Faktor penyebab utamanya adalah penerapan metode pembelajaran konvensional yang masih terbatas pada penggunaan LKS dan teknik ceramah, sehingga mengakibatkan minimnya keterlibatan aktif siswa pada aktivitas  belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan hasil belajar materi siklus hidup makhluk hidup melalui implementasi media diorama sebagai alternatif pembelajaran inovatif bagi siswa kelas III di UPT SDN Doromukti. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 14 peserta didik (10 perempuan dan 4 laki-laki) sebagai subjek penelitian. Desain penelitian mengadopsi model PTK dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan utama melalui siklus perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan evaluasi. Hasil studi membuktikan implementasi media diorama, menunjukkan nilai persentase keberhasilan pada siklus I sebesar 35,71%% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 93%. Dengan demikian, implementasi media diorama pada aktivitas belajar mengalami kenaikan hasil belajar pelajaran IPAS tentang siklus hidup makhluk hidup siswa kelas III di UPT SD Negeri Doromukti tahun ajaran 2024/2025.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, N., Robandi, B., Rosmiati,I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9186. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662

Aini Qolbiyah, Sonzarni, & Muhammad Aulia Ismail. (2022). Implementation of the Independent Learning Curriculum At the Driving School. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 01–06. https://doi.org/10.31004/jpion.v1i1.1

Astinah, A., Suryadin, A., & Wahyuningsih, E. (2023). Penggunaan Media Diorama dan Hasil Belajar Siswa Materi Lingkungan Pada Kelas I SD Negeri 16 Sungailiat. Journal of Islamic Education, 1(2), 60–70. https://doi.org/10.61231/jie.v1i2.156

Aziza, A. (2023). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Muatan IPA Materi Siklus Hidup Hewan Dengan Mengunakan Model Baiman Dan Media Diorama Pada Kelas IV Di SDN Gambut 8. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 01(3),669–675. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15

Fitriani, B. (2023). Pengaruh Media Diorama Terhadap Hasil Belajar IPA Di SD Negeri 73 Buton. 05(04), 17878–17884.

Hasibuan A.R.H., Aufa, Khairunnisa L., Siregar W.A., & A. H. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(6), 667.

Hendrik, M. Y., Tanggur, F. S., & Nahak, R. L. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Diorama terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran IPS di SD Inpres Sikumana 3 Kota Kupang. Jurnal MahasiswaPendidikan Dasar, 2(2), 115–129.

History, A. (2024). https://jurnal.uns.ac.id/shes. 7(5), 820–827.

Jannah, M., & Basit, A. (2019). Penerapan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Lestari, E. T., Eko, B., Cahyono, H., & Kusuma, G. E. (2024). PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA DALAM PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KAIBON 01 THE USE OF DIORAMA MEDIA IN IPAS LEARNING TO IMPROVE THE

LEARNING OUTCOMES OF FOURTH GRADE STUDENTS AT SDN KAIBON 01. September, 5936–5942.

Murti, K., Kresnadi, H., Halidjah, S., Tanjungpura, U., Prof, J., Profesor, J., Nawawi, D. H. H., Laut, B., Tenggara, K. P., Pontianak, K., & Barat, K. (2023). Pengembangan Modul Ajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas IV Kurikulum Merdeka Materi Indonesiaku Kaya Budaya di SDN 24 Pontianak Timur. Journal on Education, 06(01), 6801–6808.

Rahmadhani, S., & Susanti, A. (2024). Pengaruh Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran IPAS Siklus Air Kelas III Gugus XIX Kota Bengkulu. 7(2).

Sari, M. (2024). Pengembangan Media Diaroma Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Siklus Air di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. 01(November), 7–12.

Syahid, S. N. L., Maula, L. H., Nurmeta, I. K., Sulastri, A., & Ruslani, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa SD

melalui Media Pembelajaran Diorama Lingkungan. Jurnal Basicedu, 6(3), 5181–5192. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3076

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Downloads

Published

2025-08-04