PENGEMBANGAN MEDIA KAHOOT AMPERA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 2 MEKAR JAYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28561Keywords:
Media, Kahoot Ampera, IPASAbstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berupa Kahoot Ampera yang valid dan praktis untuk digunakan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas IV di SDN 2 Mekar Jaya. Latar belakang penelitian ini muncul dari permasalahan di lapangan, yakni rendahnya partisipasi dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPAS. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dikembangkan media pembelajaran berbasis teknologi yang menarik dan mampu meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada tahap awal dilakukan analisis kebutuhan melalui observasi langsung di kelas. Selanjutnya, dilakukan perancangan dan pengembangan media Kahoot Ampera yang kemudian divalidasi oleh ahli materi dan media. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini termasuk dalam kategori "sangat valid" dengan rata-rata skor kevalidan sebesar 92,56%. Uji coba kepraktisan dilakukan melalui metode one-to-one dan small group, yang menghasilkan skor kepraktisan sebesar 94,9% dengan kategori "sangat praktis". Selain itu, penggunaan media ini terbukti mampu meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa. Meskipun demikian, terdapat kendala teknis berupa keterbatasan perangkat yang tidak mendukung aplikasi Kahoot. Secara keseluruhan, media Kahoot Ampera dinyatakan layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran IPAS di tingkat sekolah dasar.Downloads
References
Argierta, A., S, M. A. C., Noviyanti, S., & Sofwan, S. (2024). Analisis Permasalahan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 1322–1329. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10615
Arni, Y., Sunedi, & Robert, B. L. (2024). Pelatihan Penguatan Profil Pancasila Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi dan Karakter Siswa SD Sesuai dengan Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 19–27. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesst/article/view/1917
Aulia, N., Sitohang, S., & Thesalonika, E. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran PjBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS di SD Negeri 094129 Bah Tobu. 4, 16463–16479.
Bahri, A., & Asnidar, A. (2024). Pengembangan Materi Ajar Bahasa Indonesia Berbantu Media Aplikasi Kahoot. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 10(1), 364-371.
Jannah, F., Irtifa, T., & Zahra, P. F. A. (2022). Pengertian Kurikulum Merdeka Latar Belakang. Al Yazidiy: Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Pendidikan, 4(2), 55–65.
Prihatini, N. W., Dewi, S. M., Buana, U., Karawang, P., Klari, K., Karawang, K., Barat, J., Kahoot, M., & Dasar, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Kahoot dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. 5(4), 4429–4435.
Rahman, R., & Fuad, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar. DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 1(1), 75–80. https://doi.org/10.69875/djosse.v1i1.103
Ramadhina, K., Hidayat, O. S., & Soleh, D. A. (2024). Pengaruh Model Flipped Classroom Tipe Peer Instruction terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 778–787. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6993
Siburian, M. E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Game Interaktif Berbasis Web Kahoot Pada Tema 7 Sub Tema 1 di Kelas IV SDN 060857 Medan Tembung TA 2022/2023 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan).
Sugiyono. (2021). Metode penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Syahbana, A., Asbari, M., Anggitia, V., & Andre, H. (2024). Revolusi Pendidikan: Analisis Kurikulum Merdeka Sebagai Inovasi Pendidikan. Journal Of Information Systems And Management, 03(02).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.