PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK TUTWURI HANDAYANI MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28670Keywords:
Metode Inkuiri, Hasil Belajar, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini mengkaji tentang penerapan metode inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI A SMK Tutwuri Handayani Makassar. Penelitian ini melibatkan 35 siswa dan berlangsung selama dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi, dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dan rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca siswa yang signifikan setelah penerapan metode inkuiri. Pada pra siklus, nilai rata-rata siswa sebesar 48 (kategori kurang) dengan persentase ketuntasan hanya 34,28%. Setelah siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 70,28 (kategori baik) dengan persentase ketuntasan mencapai 68,57%. Peningkatan tersebut berlanjut pada siklus II, dengan nilai rata-rata 84,57 (kategori sangat baik) dan persentase ketuntasan sebesar 85,71%. Temuan ini menunjukkan bahwa metode inkuiri efektif dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam, khususnya kemampuan membaca siswa kelas XI SMK Tutwuri Handayani Makassar. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengkaji keberlanjutan peningkatan tersebut dan penerapan metode ini pada mata pelajaran lain.Downloads
References
Aryati, Ani. 2023. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: PT. Bumi Aksara.
Ayub, Syahrial, Muhammad Taufik, and Husnul Fuadi. 2024. “Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9(3):2303–18. doi: https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.3020.
Darmawan, Mohammad Andre Yudi, and Titin Nurhidayati. 2024. “Kebijakan Dan Inovasi Manajemen Sekolah.” JIEP: Journal of Islamic Education and Pedagogy 1(2):84–92. doi: https://doi.org/10.62097/jiep.v1i02.1828.
Indonesia, Republik. 2018. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Surabaya: Kresna Bina Insan Prima.
Lilena, Husna Ameilia, Septiawadi Kari Mukmin, and Abuzar Al-Ghifari. 2024. “Nilai-Nilai Adab Penuntut Ilmu Dalam Al-Qur’an: Analisis Interpretasi QS. Al-Kahfi Dalam Tafsir Fi Zhilal Al-Qur’an.” Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu Al-Quran Dan Tafsir 4(2):646–64. doi: https://doi.org/10.19109/jsq.v4i2.24210.
Madekhan, Madekhan. 2020. “Fungsi Pendidikan Dalam Perubahan Sosial Kontemporer.” Reforma: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 9(1):51–60. doi: https://doi.org/10.30736/rf.v9i1.252.
Mangar, Fransiska, Yoseph DA Santie, and Veronike ET Salem. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Di SMA Negeri 2 Tondano.” COMTE: Journal of Sociology Research and Education 1(4):161–71.
Mardiah, Aini, Khairuna Fitri Lubis, and Gusmaneli Gusmaneli. 2024. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajran PAI.” Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa 1(2):138–53. doi: https://doi.org/10.62383/dilan.v1i2.217.
Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, and Anjani Putri Belawati Pandiangan. 2022. “Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial 1(3):290–98. doi: 10.58540/jipsi.v1i3.53.
Maryam, Maryam. 2022. “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.” Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series 3(3):1958–64. doi: https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.57049.
Maylia, Elma Citra, Aghista Putri Amelia, Dina Mayadiana Suwarna, Izzah Muyassaroh, and Jenuri Jenuri. 2024. “Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD.” Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian 10(1):32–41. doi: https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n1.p32-41.
Muhazira, Asyifa, Iit Sintia, and Gusmaneli Gusmanel. 2024. “Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak.” Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia 2(2):141–50. doi: https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i2.2950.
Nawangsari, Dyah. 2025. “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Melalui Metode Make A Match Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 14(1):1193–1202. doi: https://doi.org/10.58230/27454312.2095.
Nurjanah, Nurjanah, Loso Judijanto, Apriyanto Apriyanto, Titik Haryanti, Dian Ratna Suri, Tadius Tadius, and Muhamad Januaripin. 2025. Administrasi Pendidikan: Manajemen Pengelolaan Sekolah Unggulan. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Putri, Dhea Ananda, and Ike Sylvia. 2025. “Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Potensi Lokal (Desa Wisata: Puncak Lawang) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Sosiologi 1 Di SMA Negeri 1 Matur.” Naradidik: Journal of Education and Pedagogy 4(2):293–302. doi: https://doi.org/10.24036/nara.v4i2.322.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.