EFEKTIVITAS BERMAIN KONSTRUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 4 - 5 TAHUN DI TK ISLAM AN - NAAFI’ NUR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28702Keywords:
bermain konstruktif, berpikir simbolik, pendidikan anak usia diniAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bermain konstruktif dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak usia 4–5 tahun di TK Islam An-Naafi’ Nur. Penelitian dilatarbelakangi oleh temuan bahwa banyak anak menunjukkan keterbatasan dalam merepresentasikan objek secara simbolik, bermain peran imajinatif, serta menggunakan benda sebagai pengganti dalam permainan. Penelitian ini menggunakan model spiral dari Kemmis dan McTaggart yang mencakup dua siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan, serta dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Kegiatan bermain konstruktif dilakukan menggunakan media balok dan plastisin yang merangsang imajinasi, penggunaan bahasa, dan keterampilan memecahkan masalah anak. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir simbolik; pada siklus I hanya 50% anak mencapai indikator perkembangan yang diharapkan, meningkat menjadi 76,6% pada siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa bermain konstruktif efektif dalam mendukung perkembangan berpikir simbolik anak melalui aktivitas yang mendorong penggunaan simbol, bahasa, dan representasi imajinatif dalam pembelajaran anak usia dini.Downloads
References
Ardini, Pupung Puspa, and Anik Lestariningrum. Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Adjie Media Nusantara. Nganjuk: Adjie Media Nusantara, 2018.
Bachtiar, M. Y., & Nurhayani. (2021). Model Bermain Konstruktif untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak TK. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1063-1071.
Daryanto. (2014). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Imas Kurniasih, Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Edukasia, 2009
Latif, Mukhtar, dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Lestari, P. I., & Izzah, L. (2020). Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 759-768.
Priyono, D. A. (2021). Kemampuan Berpikir Simbolik Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 9(2), 78 - 85.
Rohmah, N. (2021). Stimulasi Kemampuan Berpikir Simbolik Melalui Kegiatan Meronce Anak Usia 4 - 5. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 125 - 134.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suyoto. (2021). Teknik Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Kelas. Surakarta: UNISRI Press
Tedjasaputra, Mayke.S. (2001). Bermain, Mainan, dan Permainan.Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Wasdi. (2015). Asesmen Membaca, Menulis dan Berhitung Untuk Anak Berkebutuhan Tunagrahita. Jakarta: Luxima
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.