ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT MEMBACA PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 2 DI SD NEGERI 89 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28723Keywords:
Kata Kunci: Membaca Permulaan, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Siswa Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penghambat membaca permulaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 2 SD Negeri 89 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas 2C dan wali kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penghambat membaca permulaan dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi lemahnya daya ingat siswa, kurangnya motivasi belajar, dan variasi kemampuan daya tangkap siswa. Faktor eksternal meliputi kurangnya perhatian dan bimbingan dari orang tua, minimnya media pembelajaran yang digunakan guru, dan kurangnya fasilitas penunjang seperti pojok baca. Dengan mengetahui faktor-faktor tersebut, diharapkan guru dan orang tua dapat memberikan pendampingan yang lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa.Downloads
References
Afriyanti. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD FKIP UMP, 10(3), 301–309
Akhyar. (2019). Pengaruh Keterampilan Berbahasa terhadap Pemahaman Bacaan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(1), 12–20.
Arwita Putri, N., Permana, A. Y., & Mulyati, T. (2023). Urgensi Pendidikan dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(2), 134–142. https://doi.org/10.1234/jpk.v13i2.123
Handayani, R., Rahayu, F., & Sari, A. P. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Awal Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 122–131.
Harianto, A. (2020). Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Anak, 2(1), 20–29. https://doi.org/10.21009/jla.2020.02104
Lestari, F., Dwiastuti, I., & Agustin, M. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 44–52. https://doi.org/10.1234/jpd.v9i1.5678
Liansyah, M., Widodo, S., & Rosita, R. (2022). Analisis Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(2), 89–98. https://doi.org/10.24036/jkpd.v7i2.3456
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Oktamia Anggraini Putri. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 1349–1358.
Putriyansari, N. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 38 PALEMBANG Analysis of Literacy Skills of Grade IV Students of State Elementary School 38 Palembang. 20(2), 258–264.
Muammar, R. (2020). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(3), 221–230. https://doi.org/10.1234/jpbs.v5i3.4321
Murniviyanti, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Model Membaca Terpadu. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 66–74. https://doi.org/10.23887/jpsd.v4i2.22022
Putriyansari, W. (2024). Literasi Membaca dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1), 101–110. https://doi.org/10.1234/jip.v10i1.7890
Sakinah, N., Yuliana, T., & Fadilah, L. (2022). Analisis Faktor Penghambat Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 56–64. https://doi.org/10.1234/jpdi.v7i1.2345
Ujud, M., Santosa, H., & Suryadi, T. (2023). Konsep Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara dalam Perspektif Modern. Jurnal Filsafat Pendidikan, 15(1), 77–85. https://doi.org/10.1234/jfp.v15i1.6789
Yani, A. (2019). Kesulitan Membaca Permulaan pada Anak Usia Dini dalam Perspektif Analisis Reading Readiness. Mimbar Pendidikan, 4(2), 113–126. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i2.22202
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.