PENGARUH MEDIA SOSIAL PANDAWARA GROUP TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS V SDN 18 BANYUASIN 1

Authors

  • miftachuljannah Universitas PGRI Palembang
  • Masnunah Universitas PGRI Palembang
  • Sylvia Lara Syaflin Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28767

Keywords:

Media sosial, Pandawara group, sikap peduli lingkungan.

Abstract

Salah satu konten media sosial yang sangat relevan untuk menumbuhkan sikap peduli lingkungan adalah konten edukatif dari Pandawara Group, yaitu sekelompok anak muda yang aktif melakukan aksi bersih-bersih lingkungan dan membagikannya melalui TikTok Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) berupa posttest-only design. Desain ini digunakan untuk melihat perbedaan sikap peduli lingkungan siswa setelah diberikan perlakuan berupa tayangan video Pandawara Group melalui media sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis media sosial Pandawara Group mampu meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai data angket kelas Eksperimen sebesar 80,50 lebih besar dari nilai data angket kelas kontrol dengan nilai sebesar 63,42 dan observasi dengan hasil kelas kontrol 63,73 dan kelas eksperimen mendapat hasil 89,1. Hal tersebut menunjukkan media sosial pandawara group  berpengaruh besar terhadap sikap peduli lingkungan siswa, pada Tema 8 Subtema 1 kelas V di SDN 18 Banyuasin 1.     

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anadia, P., Syaflin, S. L., & Hermansah, B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 8(1), 12. https://doi.org/10.26737/jpdi.v8i1.3756

Astuti, N. P. (2023). Video Edukatif dan Penanaman Nilai Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 45–53.https://doi.org/10.21831/jpk.v11i1.56890

Baroroh, R., & Roshayanti, F. (2022). Pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 12(1), 45–52

Damayanti, R., Hidayat, A., & Lestari, I. (2023). Efektivitas platform video pendek dalam penanaman nilai karakter di era digital. Jurnal Media dan Pendidikan, 12(1), 21–30.

Dewi, L., & Prasetyo, A. (2023). Peran interaksi sosial terhadap pembentukan sikap peduli lingkungan siswa SD. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(2), 112–124. https://doi.org/10.12345/jpk.v14i2.612

Fadhilah, N., & Maulana, R. (2023). Pengaruh media sosial terhadap pembentukan identitas dan sikap lingkungan siswa SD. Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(3), 122–130. https://doi.org/10.3412/jpp.v8i3.3412

Fauziah, S., & Zulkarnain, A. (2023). Pemanfaatan TikTok sebagai media pembelajaran berbasis lingkungan untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(1), 15–24.

Hidayat, T., & Maulana, R. (2023). Pengaruh media sosial terhadap kesadaran lingkungan remaja. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan, 8(3), 145–160. https://doi.org/10.12345/jkp.v8i3.678

Ineke Febby Wulandari, Kabib Sholeh, & Sylvia Lara Syaflin. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Kelas Iii Sd Negeri 81 Palembang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5841–5853. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1342

Kurniasih, I. (2021). Pendidikan karakter peduli lingkungan di sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara https://doi.org/10.35438/jipd.v6i1.2345

Matondang, A., Siregar, H., & Nababan, S. (2023). Pengaruh Video Sosial Terhadap Kesadaran Lingkungan Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Lingkungan, 7(1), 12–20

Maulana, H., & Hartati, S. (2023). Model perilaku dalam media sosial sebagai pembentuk karakter siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 77–86.

Mayer, R. E. (2020). Multimedia Learning (3rd ed.). Cambridge University Press.

Nasrullah, R. (2022). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi (Edisi revisi). Kencana

Prasetyo, R., & Ayu, M. (2022). Keterlibatan emosional dalam video pembelajaran dan dampaknya terhadap sikap siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 40–49. https://doi.org/10.26858/jppp.v9i1.1422

Rajudin, R., & Hadi, M. (2024). Peran Konten Pandawara Group dalam Membangun Sikap Peduli Lingkungan Remaja. Jurnal Media Sosial dan Pendidikan, 6(1), 56–68.

Sagala, S. (2022). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta

Santrock, J. W. (2022). Educational Psychology (15th ed.). McGraw-Hill Education.

Suryaningsih, T. (2020). Pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran alternatif di masa pandemi. Jurnal Pendidikan, 6(1), 17–24.

Triani, N., Sulastri, E., & Ramadhan, A. (2019). Pendekatan kontekstual dalam menanamkan kepedulian lingkungan. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 110–119. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i2.1234

Yunita, R., & Prayogo, M. (2023). TikTok sebagai media pembelajaran inovatif pada siswa sekolah dasar. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, 4(2), 56–65

Downloads

Published

2025-08-02