PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MEREDUKSI PERILAKU BULLYING VERBAL DI SMA NEGERI 8 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28899Keywords:
Group Guidance Discussion 1, Verbal Bullying 2Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa siswa ada yang masih menyebut atau memanggil dengan nama orang tua, ada juga siswa yang masih mengejek atau mempertawakan teman saat tampil didalam kelas dan siswa masih menghina, menggosip, dan memfitnah. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh bimbingan kelompok Teknik diskusi untuk mereduksi perilaku bullying. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian kuantitatif dengan metode Eksperimen menggunakan quasi eksperimen dengan jenis The One group designs. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 68 siswa kelas XI SMA Negeri 8 Palembang, penarikan sample menggunakan purposive sampling yaitu didapatkan 9 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur variable X dan Y. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat dari hasil analisi data menggunakan uji Wilcoxon diketahui Asymp.Sig (2-tailed) 0,008 lebih kecil dari 0,05 dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini adanya perbedaan nilai yang signifikan antara pretest dan posttest sehingga dapat diartikan bahwa bimbingan kelompok Teknik diskusi berpengaruh untuk mereduksi perilaku bullying verbal di SMA Negeri 8 Palembang.Downloads
References
Dhamayanti, M., Ilmu, D., Anak, K.,
Sakit, R., & Sadikin, H. (2021).
Bullying: Fenomena Gunung Es di
Dunia Pendidikan (Vol. 23, Issue
1).
Dr. Yusuf Tojiri, M. M. , H. S. P. S. E. ,
M. Si. , Dr. N. F. S. E. , M. Si.
(2023). Dasar Metodologi
Penelitian: Teori, Desain, dan
Analisis Data.
TAKAZAINNOVATIXLABS.
Melandi Oktari, Syawaluddin
Syawaluddin, & Itrawati Itrawati.
(2023). Efektifitas Layanan
Bimbingan Kelompok untuk
Mengurangi Perilaku Bullying bagi
Siswa Kelas VIII.5 SMP N 1 Kec.
Payakumbuh. Cakrawala: Jurnal
Pengabdian Masyarakat Global,
3(1), 20–28.
https://doi.org/10.30640/cakrawal
a.v3i1.2040.
Permata, J. T., & Nasution, F. Z.
(2022). Perilaku Bullying
Terhadap Teman Sebaya Pada
Remaja. Educativo: Jurnal
Pendidikan, 1(2), 614–620.
https://doi.org/10.56248/educativ
o.v1i2.83.
Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T.
(2022). Strategi Guru dalam
Mengatasi Perilaku Bullying Siswa
di Sekolah Dasar. Jurnal
Basicedu, 6(3), 4566–4573.
https://doi.org/10.31004/basicedu
.v6i3.2892.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.