PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MEREDUKSI PERILAKU BULLYING VERBAL DI SMA NEGERI 8 PALEMBANG

Authors

  • Desvira Juwita Desvira Universitas PGRI Palembang
  • Nurlela, Ramtia Darma Putri Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28899

Keywords:

Group Guidance Discussion 1, Verbal Bullying 2

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa siswa ada yang masih menyebut atau memanggil dengan nama orang tua, ada juga siswa yang masih mengejek atau mempertawakan teman saat tampil didalam kelas dan siswa masih menghina, menggosip, dan memfitnah. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh bimbingan kelompok Teknik diskusi untuk mereduksi perilaku bullying. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian kuantitatif dengan metode Eksperimen menggunakan quasi eksperimen dengan jenis The One group designs. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 68 siswa kelas XI SMA Negeri 8 Palembang, penarikan sample menggunakan purposive sampling yaitu didapatkan 9 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur variable X dan Y. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat dari hasil analisi data menggunakan uji Wilcoxon diketahui Asymp.Sig (2-tailed) 0,008 lebih kecil dari 0,05 dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini adanya perbedaan nilai yang signifikan antara pretest dan posttest sehingga dapat diartikan bahwa bimbingan kelompok Teknik diskusi berpengaruh untuk mereduksi perilaku bullying verbal di SMA Negeri 8 Palembang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dhamayanti, M., Ilmu, D., Anak, K.,

Sakit, R., & Sadikin, H. (2021).

Bullying: Fenomena Gunung Es di

Dunia Pendidikan (Vol. 23, Issue

1).

Dr. Yusuf Tojiri, M. M. , H. S. P. S. E. ,

M. Si. , Dr. N. F. S. E. , M. Si.

(2023). Dasar Metodologi

Penelitian: Teori, Desain, dan

Analisis Data.

TAKAZAINNOVATIXLABS.

Melandi Oktari, Syawaluddin

Syawaluddin, & Itrawati Itrawati.

(2023). Efektifitas Layanan

Bimbingan Kelompok untuk

Mengurangi Perilaku Bullying bagi

Siswa Kelas VIII.5 SMP N 1 Kec.

Payakumbuh. Cakrawala: Jurnal

Pengabdian Masyarakat Global,

3(1), 20–28.

https://doi.org/10.30640/cakrawal

a.v3i1.2040.

Permata, J. T., & Nasution, F. Z.

(2022). Perilaku Bullying

Terhadap Teman Sebaya Pada

Remaja. Educativo: Jurnal

Pendidikan, 1(2), 614–620.

https://doi.org/10.56248/educativ

o.v1i2.83.

Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T.

(2022). Strategi Guru dalam

Mengatasi Perilaku Bullying Siswa

di Sekolah Dasar. Jurnal

Basicedu, 6(3), 4566–4573.

https://doi.org/10.31004/basicedu

.v6i3.2892.

Downloads

Published

2025-08-03