Pengembangan Bahan Ajar Pocket Book Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28907Keywords:
Pocket Book, 4D ModelAbstract
Tujuan untuk menghasilkan bahan ajar pocket bookpembelajaran IPAS yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model 4D yang terdiri dari: 1) Define, merupakan langkah awal yang dilakukan peneliti yaitu analisis kebutuhan, analisis kurikulum dan analisis peserta didik. 2) Design, peneliti mulai merancang, mendesain dan memilih tampilan bahan ajar pocket book pembelajaran IPAS. 3) Development, yaitu validasi produk yang telah dikembangkan.4) Dissemination, yaitu penyebaran produk bahan ajar pocket book pembelajaran IPAS. Teknik pengumpulan data berupa angket untuk mengetatahui kevalidan dan kepraktisan media, yaitu angket validasi, angket respon peserta didik dan angket respon pendidik. Hasil penelitian menunjukkan nilai presentase validasi media sebesar 93%, validasi materi 92,5% dan validasi bahasa sebesar 92% dengan kategori sangat valid, hasil angket respon pendidik sebesar 93,3%, angket respon peserta didik uji coba terbatas 93,1% dengan kriteria sangat praktis dan hasil uji praktikalitas peserta didik dan pendidik mendapat nilai 92,3% dengan kriteria sangat praktis.Downloads
References
Afifah, S. M., Pratama, A., Setyaningrum, A., & dkk. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Untuk Mata Pelajaran IPAS. Semarang: Cahya Ghani Recovery.
Larassati, Oktavia, M., & Ayurachmawati, P. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Minat Belajar Siswa Berbantuan Gambar Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN 222 Palembang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol 7 (1), 46-53.
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., & dkk. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendiikan dan Ilmu Sosial, 2 (2) 311-326.
Najma , S. (2022). Pengembangan Pocket Book Math Berbasis dengan Pendekatan Matematika Realistik dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa . Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika , 13 (3), 499-511.
Nugraha, M. F., & dkk. (2020). Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Nurmala, & Udiana, A. S. (2022). Pengembangan Pocket Book Mathematic (Pocketmath) Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Siswa. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol 5 (1),19-29.
Nurmalia, L., Iswan, Prasanti, A., & dkk. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pocket Book Matematika SD Materi Perkalian, Pembagian, dan Mata Uang Kelas II. Seminar Nasional Penelitian , 4 (2), 1-19.
Nurmalia, L., Iswan, Prasanti, A., & Syahidah, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pocket Book Matematika SD Materi PEkalian, Pembagian dan Mata Uang Kelas II. Seminar Nasional Penelitian, Vol 1 (2), 1-19.
Oktiningrum, W., & Putri, A. R. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Pocket Book Berbasis QR Code untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Bidang Sains, 2 (1), 45-54.
Puspitasari, M., Primasatya, N., & Wahyudi. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pocket Book Pada Materi Macam-macam Sumber EnergiKelas IV Sekolah Dasar. Semdikjar, Vol 3 (1), 550-559.
Putri, K. S., Wiratomo, Y., & Zulkarnain , I. (2020). Pengembangan Pocket Book Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Mind Mapping Untuk Siswa Kelas VI SD. Jurnal Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika , 3 (2), 53-60.
Ramadhan, S., Ihlas, & dkk. (2024). Pendidikan dan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar . Yogyakarta: K-Media.
Sumalinda, L., Fadillah, S., & Abdillah. (2023). Pengembangan Pocket Book Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Materi Pola Bilangan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, Vol 4 (3), 1941-1926.
Wati, R. S., Margaretta, A., & Ayurachmawati, P. (2023). Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3908-3920.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.