PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS V DI SDN NGADIREJO 03

Problem Based Learning, Wordwall, Hasil Belajar, Keanekaragaman Hayati Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Authors

  • Dik Lucky To Puran Universitas PGRI Madiun
  • Raras Setyo Retno, M.Pd, Dian Nur Antika Eky Hastuti, S.Pd., M.Pd Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28954

Keywords:

Problem Based Learning, Wordwall, Hasil Belajar, Keanekaragaman Hayati Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar siswa kelas V dalam materi keanekaragaman hayati persebaran flora dan fauna di Indonesia di SDN Ngadirejo 03. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pre-Test - Post-Test. Subjek penelitian terdiri dari 14 siswa, yang diambil melalui teknik sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada nilai rata rata siswa, dari 62,85 pada pretest menjadi 83,57 pada posttest. Nilai tertinggi juga mengalami kenaikan, sedangkan nilai terendah menunjukkan perbaikan. Temuan ini mengindikasikan bahwasanya penerapan PBL dengan media Wordwall efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi keanekaragaman flora dan fauna. Hasil ini menggarisbawahi perlunya integrasi media interaktif dalam proses pembelajaran untuk mendorong partisipasi aktif siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antara, H., Guru, K., Hasil, D., & Siswa, B. (2019). Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia Vol 4 No Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia Vol 4 No. 4(2), 56–62.

Apriliani, Y., Muthmainnah, A., Putri, H. S., Amrillah, N. I., & Muhaimin, M. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPAS di SD Negeri 1 Mantingan Kabupaten Jepara. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1, 1227 1234. https://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/view/302

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230

Bestiyana, dkk, 2024. (2015). Pengaruh model. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1), 95–111.

Farida, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Inovasi Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Jurusan PGSD FIP UNP Tahun 2015, 1(1). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/prosidingpgsd/article/viewFile/4866/3825

Pokhrel, S. (2024). No TitleΕΛΕΝΗ. In Αγαη (Vol. 15, Issue 1).

Putra, L. D., Arlinsyah, N. D., Ridho, F. R., Syafiqa, A. N., & Annisa, K. (2024). Pemanfaatan Wordwall pada Model Game Based Learning terhadap Digitalisasi Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 81–95. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i1.8749

Rahmawati, L., & Hardini, A. T. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Daring terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berargumen Pada Muatan Pembelajaran IPS di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1035–1043. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.496

Sofiasyari, I., Kurniawati, I., & Guntur, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Ajar IPS Berbasis Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 174–183. https://doi.org/10.24036/jippsd.v6i2.119820

Tarbiyah, J., Borneo, K., Aini, N., Kadir, M., Islam, U., Sultan, N., Muhammad, A., & Samarinda, I. (2024). Implementasi Project Based Learning ( PjBL ) dalam Menumbuhkan Kreativitas pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial ( IPAS ) belajar mengajar adalah hal yang paling utama dalam mencapai tujuan pendidikan . 5, 301–312.

Wicaksono, D., & Iswan. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 111–126.

Downloads

Published

2025-08-03