PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN IPAS MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GIRIKERTO 1

Contextual Teaching and Learning (CTL), IPAS, Hasil Belajar

Authors

  • Angellina Widya Kinaryosih Universitas PGRI Madiun
  • Raras Setyo Retno Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28955

Keywords:

Contextual Teaching and Learning (CTL), IPAS, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Girikerto 1 dengan menerapkan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) pada pembelajaran IPAS dalam topik Kekayaan Budaya Indonesia. Masalah utama yang ditemukan yaitu rendahnya pemahaman siswa kepada materi, yang disebabkan oleh dominasi metode ceramah serta rendahnya penggunaan media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini mempergunakan pendekatan gabungan kualitatif serta kuantitatif, mempergunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui 2 siklus. Tiap-tiap siklusnya meliputi beberapa tahapan, di antaranya perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini mencakup 11 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Temuan ini memperlihatkan bahwasanya terjadi kenaikan yang signifikan dari hasil belajar siswa, awal tingkat ketuntasan 27% di tahap prasiklus, naik jadi 55% di siklus I, serta 82% di siklus II. Nilai rata-rata siswa juga terjadi peningkatan dari 65 di prasiklus menjadi 81,8 di siklus II. Penerapan model CTL yang didukung dengan media gambar terbukti efektif untuk meningkatkan motivasi, partisipasi aktif, serta hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS terkait materi Kekayaan Budaya Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fauziyah, R., & Anugraheni, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 25(2), 112-121.

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 16(1), 1-9.

Thamrin, H., Muin, A., & Salija, K. (2024). Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Ilmu Pendidikan, 37(1), 25-32.

Teknologi, I., dkk. (2024). Pengaruh Media Interaktif terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(1), 45-56.

Study, M., & Weda, S. (2024). Strategi CTL dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, 13(2), 65-75.

Cahyani, N., & Raharjo, W. (2024). Penerapan Media Gambar dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dasar, 18(1), 50-60.

Downloads

Published

2025-08-02