UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK DIGITAL PADA KELAS IV SDN 01 KANIGORO

Hasil Belajar, IPAS, Problem Based Learning, Pop Up Book Digital

Authors

  • Ernita Putri Rahmadhani Universitas PGRI Madiun
  • Raras Setyo Retno, Dian Nur Antika Eky Hastuti Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28956

Keywords:

Hasil Belajar, IPAS, Problem Based Learning, Pop Up Book Digital

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 01 Kanigoro pada mata pelajaran IPAS, khususnya materi Keberagaman Budaya di Indonesia. Proses pembelajaran yang masih didominasi oleh metode ceramah tanpa media pendukung menyebabkan siswa kurang antusias dan sulit memahami materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang didukung media pop up book digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 12 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I dan siklus II. Pada pra siklus, hanya 2 siswa (16,67%) yang mencapai KKM. Setelah penerapan PBL pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 7 siswa (58,33%). Pada siklus II setelah perbaikan media pembelajaran dengan pop up book digital, ketuntasan meningkat menjadi 10 siswa (83,33%). Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan media pop up book digital efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa. Dengan demikian, strategi pembelajaran ini layak dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran IPAS, terutama dalam materi yang bersifat visual dan kontekstual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fazriah, A. N., Cahyaningsih, U., & Yanto, & A. (2024). PENGEMBANGAN MEPOTAL (MEDIA POP UP BOOK DIGITAL) DALAM MATERI IPS MENGENAL KEBERAGAMAN BUDAYA INDONESIA. 3(2), 72–78.

Febriyanti, A., & Sulistyawati, N. (2024). Media digital interaktif untuk pembelajaran IPS.

Ihsanudin, A. M., & Suwartini, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Penerapan Metode Demonstrasi pada Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Pokak Tahun Pelajaran 2023 / 2024. 1(4).

Kamal, A. L., Ali, M. K., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2024). Penggunaan Media Pop Up Book pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(3), 12. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i3.336

Masliah, L., Nirmala, S. D., & Sugilar, S. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4106

Meylovia, D., & Alfin Julianto. (2023). Inovasi Pembelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 25 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(1), 84–91. https://doi.org/10.69775/jpia.v4i1.128

Pamungkas, A. D., & Kristin, F. (2018). MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) PADA SISWA KELAS 4 SD. 3(Vol. 3 No. 1 (2018): NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran). https://doi.org/https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.268

Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 33. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762

Putri, R. S. Y., MZ, A. . S. A., & Zativalen, O. (2024). Media Pop Up Book Digital sebagai Media Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(5), 5640–5650. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i5.7269

Wibowo Imam Suwardi, F. R. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Imam Suwardi Wibowo , Ririn Farnisa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202.

Downloads

Published

2025-08-04