PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WHOLE BRAIN TEACHING (WBT) DAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MEMAHAMI TEKS PUISI SISWA KELAS VIII SMPN 7 RANTAU BAYUR KABUPATEN BANYUASIN

Authors

  • Isnayati Universitas PGRI Palembang
  • Yessi Fitriani Universitas PGRI Palembang
  • Puspa Indah Utami Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28968

Keywords:

Kata kunci : Hasil, Belajar, Puisi, WBT, Kolaborasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran berbasis Whole Brain Teaching (WBT) serta strategi kolaboratif terhadap peningkatan hasil belajar dalam memahami teks puisi pada siswa kelas delapan di SMPN 7 Rantau Bayur, Kabupaten Banyuasin. Kajian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif melalui rancangan eksperimen dengan kelompok kontrol yang tidak setara (an experimental framework with unequal control and intervention setups) yang mencakup tahap pretest dan posttest. Penelitian dilaksanakan di SMPN 7 Rantau Bayur, Kabupaten Banyuasin, dengan partisipasi 36 siswa sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian ujian serta dokumentasi. Temuan studi ini mengindikasikan bahwa baik pendekatan yang berlandaskan pada Whole Brain Teaching maupun strategi pembelajaran kolaboratif memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa dalam memahami teks puisi. Namun demikian, model Whole Brain Teaching memberikan dampak yang lebih kuat dibandingkan dengan strategi kolaboratif, sebagaimana dibuktikan melalui pencapaian posttest siswa pada kelompok eksperimen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Ahiri, J. (2017). Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Uhamka Press.

Anita Lie. (2016). Model Pembelajaran Cooperative, Teori dan Prakteknya di Ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo

Gasong. D. (2019). Apresiasi Sastra Indonesia. Yogyakarta: Deepublish Publisher

Ibrahim, Muhsin. (2018). Pembelajaran Cooperatif dan Implementasinya. Surabaya: University Press.

Kosasih (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Bumi Aksara

Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu (Edisi Kedua). Bogor: Ghalia Indonesia

Uno, B. Hamzah. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Jurnal:

Khasan, Dafik, Hobri. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Whole Brain Teaching Pada Sub Pokok Energi Kinetik. Review: Jurnal unej,ac.id/indek php/pancaran article.

Manalu, Fantalina (2022). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Hasil Belajar Memahami Cerita Pendek Siswa SMA Negeri 13 Medan. Review: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Medan. Volume 3, Issue 2. Pages 213-235.I-SSN 2134-3496. E-ISSN 2314-2315.

Nursulistyo (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berkarakter Berdasarkan Whole Brain Teaching Pokok Bahasan Sumber Daya Alam IX SMP Review: http://dspace.unej.ac.id/bitstream/handle/45678123/122341.

Rahminisari. (2019). Upaya Menigkatkan Kemampuan Menganalisis Unsur- Unsur Intrinsik dan Unsur Ekstrinsik Cerita Pendek melalui Penerapan Model Pembelajaran Whole Brain Teaching Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Gorontalo. Review: Jurnal Pendidikan Ilmiah. Volume 6, Issue 2. Pages 2217-2231. I-ISSN 1241-1261. E-ISSN 7780-7892.

Yuniarti. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Pendek Melalui Penerapan Model Pembelajaran Whole Brain Teaching Siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Pematangsiantar. Review: Jurnal Pendidikan Ilmiah. Volume 9, Issue 3. Pages 137-143. I-ISSN 3341-3561. E-ISSN 3341-7892

Downloads

Published

2025-06-29