PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE BERMAIN PERAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29007Abstract
Bahasa Indonesia sering kali dianggap sebagai mata pelajaran yang menantang dan kurang menarik bagi siswa, terutama di tingkat Sekolah Dasar. Rendahnya minat siswa ini berdampak pada pencapaian hasil belajar yang kurang optimal. Oleh sebab itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang mampu menciptakan suasana yang menyenangkan dan mendorong partisipasi aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Sumurgung 1 Tuban dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan metode bermain peran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I, hanya 2 siswa atau 22,2% yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sementara pada siklus II jumlahnya meningkat menjadi 7 siswa atau 77,8%. Selain itu, metode ini juga berhasil menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, sehingga siswa menjadi lebih fokus, aktif, serta termotivasi dalam mengikuti pelajaran. Dengan demikian, bermain peran dapat menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan mutu pembelajaran Bahasa Indonesia di jenjang Sekolah Dasar.Downloads
References
A$na$sta$sya$, I$. G. A$. M. B., & Wula$nda$ri$,
I$. G. A$. A$. (2022). Meni$ngka$tka$n
Ka$ra$kter Peduli$ Sosi$a$l Si$swa$ SD
Mela$lui$ Pembi$a$sa$a$n Tri$ Hi$ta$ Ka$ra$na$. Jurna$l Educa$ti$o FKI$P
UNMA$, 8(3), 992–1002.
A$ngga$, A$., Surya$na$, C., Nurwa$hi$da$h,
I$., Herna$wa$n, A$. H., & Pri$ha$nti$ni$,
P. (2022). Kompa$ra$si$
i$mplementa$si$ kuri$kulum 2013 da$n
kuri$kulum merdeka$ di$ sekola$h
da$sa$r Ka$bupa$ten Ga$rut. Jurna$l
Ba$si$cedu, 6(4), 5877–5889.
da$ Costa$ Meneses, F. (2020).
Penera$pa$n model pembela$ja$ra$n
koopera$ti$f ti$pe tea$m a$ccelera$ted
i$nstructi$on untuk meni$ngka$tka$n
ha$si$l bela$ja$r ba$ha$sa$ I$ndonesi$a$.
I$ndonesi$a$n Journa$l of Educa$ti$ona$l
Development (I$JED), 1(2), 199–
209.
Ha$ni$fa$h, N. N. (2022). Penga$ruh Ga$ya$ Hi$dup, Loya$li$ta$s A$rmy, Da$n
Kredi$bi$li$ta$s Bts Seba$ga$i$ Bra$nd
Ambassador Tokopedia Terhadap
Perilaku Konsumtif. Sekolah
Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
Harianja, M. M., & Sapri, S. (2022).
Implementasi dan Manfaat Ice
Breaking untuk Meningkatkan
Minat Belajar Siswa Sekolah
Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1),
1324–1330.
https://doi.org/10.31004/basicedu
.v6i1.2298Kha$i$r, U. (2018). Pembela$ja$ra$n
Ba$ha$sa$ I$ndonesi$a$ da$n sa$stra$
(BA$SA$STRA$) di$ SD da$n MI$. A$R-
RI$A$YA$H: Jurna$l Pendi$di$ka$n
Da$sa$r, 2(1), 81.
Kurni$a$sa$ri$, A$., Pri$bowo, F. S. P., &
Putra$, D. A$. (2020). A$na$li$si$s
efekti$vi$ta$s pela$ksa$na$a$n bela$ja$r
da$ri$ ruma$h (BDR) sela$ma$ pa$ndemi$ Covi$d-19. Jurna$l Revi$ew
Pendi$di$ka$n Da$sa$r: Jurna$l Ka$ji$a$n
Pendi$di$ka$n Da$n Ha$si$l Peneli$ti$a$n,
6(3), 246–253.
Ni$ngsi$h, N. V., & Novi$ta$sa$ri$, L. (2021).
Penera$pa$n Metode Berma$i$n
Pera$n untuk Meni$ngka$tka$n
Kepemi$mpi$na$n Si$swa$. MENTA$RI$:
Jurna$l Pendi$di$ka$n A$na$k Usi$a$ Di$ni$,
1(1).
Noor, S. (2020). Pengguna$a$n qui$zi$zz
da$la$m peni$la$i$a$n pembela$ja$ra$n
pa$da$ ma$teri$ rua$ng li$ngkup bi$ologi$ untuk meni$ngka$tka$n ha$si$l bela$ja$r
si$swa$ kela$s X. 6 SMA$N 7
Ba$nja$rma$si$n. Jurna$l Pendi$di$ka$n
Ha$ya$ti$, 6(1), 1–7.
Pebri$a$na$, P. H., A$tmoko, A$., & Dewi$,
R. S. I$. (2024). HUBUNGA$N
PENDEKA$TA$N KOGNI$TI$F TEORI$ KONSTRUK KEPRI$BA$DI$A$N
KELLY TERHA$DA$P HA$SI$L
BELA$JA$R I$PA$S DA$LA$M
KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Consilium:
Education and Counseling
Journal, 4(2), 7–13.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat,
S., & Dewi, R. S. (2022).
Pengertian pendidikan. Jurnal
Pendidikan Dan Konseling
(JPDK), 4(6), 7911–7915.
Puspitasari, W. D. (2015). Metode
pembelajaran bermain peran
dalam meningkatkan kemampuan
ekspresif drama pada pembelajaran bahasa Indonesia
Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1),
266395.
Sukmawati, H. (2019). Metode
Pembelajaran Kooperatif
(COOPERATIVE LEARNING).
Jurnal Pendidikan Dan Studi
Islam, 5(2), 164–170.
Syahnaz, A., Widiandari, F., & Khoiri,
N. (2023). Model pembelajaran
cooperative learning dalam
meningkatkan motivasi belajar
siswa pada mata pelajaran pai
Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Dasar, 8(1), 5295–5311.
Yanto, A. (2015). Metode bermain
peran (Role playing) untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jurnal
Cakrawala Pendas, 1(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.