PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE BERMAIN PERAN

Authors

  • nurul diana Kamelia Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29007

Abstract

Bahasa Indonesia sering kali dianggap sebagai mata pelajaran yang menantang dan kurang menarik bagi siswa, terutama di tingkat Sekolah Dasar. Rendahnya minat siswa ini berdampak pada pencapaian hasil belajar yang kurang optimal. Oleh sebab itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang mampu menciptakan suasana yang menyenangkan dan mendorong partisipasi aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Sumurgung 1 Tuban dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan metode bermain peran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I, hanya 2 siswa atau 22,2% yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sementara pada siklus II jumlahnya meningkat menjadi 7 siswa atau 77,8%. Selain itu, metode ini juga berhasil menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, sehingga siswa menjadi lebih fokus, aktif, serta termotivasi dalam mengikuti pelajaran. Dengan demikian, bermain peran dapat menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan mutu pembelajaran Bahasa Indonesia di jenjang Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A$na$sta$sya$, I$. G. A$. M. B., & Wula$nda$ri$,

I$. G. A$. A$. (2022). Meni$ngka$tka$n

Ka$ra$kter Peduli$ Sosi$a$l Si$swa$ SD

Mela$lui$ Pembi$a$sa$a$n Tri$ Hi$ta$ Ka$ra$na$. Jurna$l Educa$ti$o FKI$P

UNMA$, 8(3), 992–1002.

A$ngga$, A$., Surya$na$, C., Nurwa$hi$da$h,

I$., Herna$wa$n, A$. H., & Pri$ha$nti$ni$,

P. (2022). Kompa$ra$si$

i$mplementa$si$ kuri$kulum 2013 da$n

kuri$kulum merdeka$ di$ sekola$h

da$sa$r Ka$bupa$ten Ga$rut. Jurna$l

Ba$si$cedu, 6(4), 5877–5889.

da$ Costa$ Meneses, F. (2020).

Penera$pa$n model pembela$ja$ra$n

koopera$ti$f ti$pe tea$m a$ccelera$ted

i$nstructi$on untuk meni$ngka$tka$n

ha$si$l bela$ja$r ba$ha$sa$ I$ndonesi$a$.

I$ndonesi$a$n Journa$l of Educa$ti$ona$l

Development (I$JED), 1(2), 199–

209.

Ha$ni$fa$h, N. N. (2022). Penga$ruh Ga$ya$ Hi$dup, Loya$li$ta$s A$rmy, Da$n

Kredi$bi$li$ta$s Bts Seba$ga$i$ Bra$nd

Ambassador Tokopedia Terhadap

Perilaku Konsumtif. Sekolah

Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta

Harianja, M. M., & Sapri, S. (2022).

Implementasi dan Manfaat Ice

Breaking untuk Meningkatkan

Minat Belajar Siswa Sekolah

Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1),

1324–1330.

https://doi.org/10.31004/basicedu

.v6i1.2298Kha$i$r, U. (2018). Pembela$ja$ra$n

Ba$ha$sa$ I$ndonesi$a$ da$n sa$stra$

(BA$SA$STRA$) di$ SD da$n MI$. A$R-

RI$A$YA$H: Jurna$l Pendi$di$ka$n

Da$sa$r, 2(1), 81.

Kurni$a$sa$ri$, A$., Pri$bowo, F. S. P., &

Putra$, D. A$. (2020). A$na$li$si$s

efekti$vi$ta$s pela$ksa$na$a$n bela$ja$r

da$ri$ ruma$h (BDR) sela$ma$ pa$ndemi$ Covi$d-19. Jurna$l Revi$ew

Pendi$di$ka$n Da$sa$r: Jurna$l Ka$ji$a$n

Pendi$di$ka$n Da$n Ha$si$l Peneli$ti$a$n,

6(3), 246–253.

Ni$ngsi$h, N. V., & Novi$ta$sa$ri$, L. (2021).

Penera$pa$n Metode Berma$i$n

Pera$n untuk Meni$ngka$tka$n

Kepemi$mpi$na$n Si$swa$. MENTA$RI$:

Jurna$l Pendi$di$ka$n A$na$k Usi$a$ Di$ni$,

1(1).

Noor, S. (2020). Pengguna$a$n qui$zi$zz

da$la$m peni$la$i$a$n pembela$ja$ra$n

pa$da$ ma$teri$ rua$ng li$ngkup bi$ologi$ untuk meni$ngka$tka$n ha$si$l bela$ja$r

si$swa$ kela$s X. 6 SMA$N 7

Ba$nja$rma$si$n. Jurna$l Pendi$di$ka$n

Ha$ya$ti$, 6(1), 1–7.

Pebri$a$na$, P. H., A$tmoko, A$., & Dewi$,

R. S. I$. (2024). HUBUNGA$N

PENDEKA$TA$N KOGNI$TI$F TEORI$ KONSTRUK KEPRI$BA$DI$A$N

KELLY TERHA$DA$P HA$SI$L

BELA$JA$R I$PA$S DA$LA$M

KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Consilium:

Education and Counseling

Journal, 4(2), 7–13.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat,

S., & Dewi, R. S. (2022).

Pengertian pendidikan. Jurnal

Pendidikan Dan Konseling

(JPDK), 4(6), 7911–7915.

Puspitasari, W. D. (2015). Metode

pembelajaran bermain peran

dalam meningkatkan kemampuan

ekspresif drama pada pembelajaran bahasa Indonesia

Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1),

266395.

Sukmawati, H. (2019). Metode

Pembelajaran Kooperatif

(COOPERATIVE LEARNING).

Jurnal Pendidikan Dan Studi

Islam, 5(2), 164–170.

Syahnaz, A., Widiandari, F., & Khoiri,

N. (2023). Model pembelajaran

cooperative learning dalam

meningkatkan motivasi belajar

siswa pada mata pelajaran pai

Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Dasar, 8(1), 5295–5311.

Yanto, A. (2015). Metode bermain

peran (Role playing) untuk

meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jurnal

Cakrawala Pendas, 1(1).

Downloads

Published

2025-08-06

Most read articles by the same author(s)