HUBUNGAN TUNTUTAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK YP GAJAH MADA PALEMBANG

Authors

  • Alfadt Aria Dinar Universitas PGRI Palembang
  • Edi Harapan Universitas PGRI Palembang
  • Evia Darmawani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29032

Keywords:

Parental Demands, Students' Learning Motivation

Abstract

Motivasi belajar pada siswa merupakan keseluruhan daya penggerak baik dari dalam diri siswa maupun dari luar siswa, sehingga menjadi sebuah dorongan yang muncul secara sadar maupun tidak sadar dalam diri siswa pada saat kegiatan belajar secara terus menerus untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai sehingga terjadi perubahan tingkah laku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi tuntutan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di SMK YP GAJAH MADA Palembang. Penelitian menggunakan metode korelasi dengan uji regresi linier sederhana. Sampel penelitian terdiri dari siswa yang mengalami rendahnya motivasi belajar disekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa tuntutan orang tua mempengaruhi motivasi belajar siswa secara substansial, dengan nilai R Square sebesar 0.784. Uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk menunjukan perolehan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.200. nilai ini lebih besar dari taraf signifikasnsi α = 0,05, yang berarti data residual berdistribusi normal. Temuan ini membuktikan bahwa tuntutan orang tua sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa di SMK YP GAJAH MADA Palembang secara signifikan. Penelitian memberikan kontribusi praktis bagi guru BK dan sekolah dalam merancang layanan bimbingan untuk membantu meningkatkan motivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aas, D. (2021). Dampak Pola Asuh Otoriter Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Tarbiyah Al-Aulad |, 487(1), 2021. http://riset-iaid.net/index.php/TA

Afif, M., & Aswati, N. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Perawatan Wajah MS Glow (Studi Kasus Pada Pengguna Produk Perawatan Wajah MS Glow di Kecamatan Prigen). JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 4(2), 147–167. https://doi.org/10.47201/jamin.v4i2.90

Al Fadli, A. A., & Mushafanah, Q. (2024). Analisis Peran Orang tua dalam Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 210–216. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.437

Ananda, R., Rohman, F., & Siregar, E. S. (2023). Belajar dan Pembelajaran. In Penerbit Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia (PRCI).

Andri Politon, V. (2022). Strategi guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mempersiapkan Peserta Didik Menghadapi Ujian Semester. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 2(1), 58–72. https://doi.org/10.54170/harati.v2i1.103

Banuwarlan, G. (2024). Pengaruh Kenyamanan Belajar Dan Persepsi Tentang Kelayakan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Di MTsN 15 Boyolali Tahun Pelajaran 2022/2023. Tesis Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.

Damayanti, A. N. (2023). Fenomena Pola Asuh Orang Tua Dan Pengaruhya Terhadap Kesehatan Mental Anak. Sebaya, 3, 29–39. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/sebaya/article/download/6957/5297

Dhiu, Konstantinus Dua Fono, Y. M. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i1.1328

Farid, I. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1707–1715.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.

Firdaus Zuhdi Maulana, SuyatiTri, S. A. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Otoriter Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas Xii Ipa Sma N 1 Comal. 1, 38–50.

Fitri, N. S., & Masyithoh, S. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 7(1), 1–16. https://doi.org/10.52266/tadjid.v7i1.1327

Framanta, G. M. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 126–129. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.654

Harmawan, A. A., & Riyanto, S. (2020). No TitleMetode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Dibidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Esperimen. CV Budi Utama.

Hermawan, F. Z., Fadlilah, M. A., & Fikri, M. S. (2024). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. UNES Journal of Education Scienties, 1(2), 98–105.

Khalda, A., Herlina, H., & Ihsan, H. (2023). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Dan Grit Terhadap Stres Akademik Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Di Kota Bandung. Jurnal Psikologi Insight, 7(1), 39–52. https://doi.org/10.17509/insight.v7i1.64739

Kusumaningrini, D. L., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Islam Dan Masyarakat Kontemporari, 10(1), 145–161. https://doi.org/10.37231/jimk.2020.10.1.112

Lutfiwati, S. (2020). Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 54–63. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh

Nasution, N. A., Anatasia, D., Ginting, B., Rambe, I. S., & Syahrial, S. (2024). Peran Orang Tua Dalam Motivasi Belajar Anak Di Rumah. Jurnal Nakula, 2(3), 25–31.

Nurhayati, & Nasution, J. S. (2022). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas Viii Smpit Fajar Ilahi Batam. Jurnal AS-SAID, 2(1), 100–115.

Pramono, A., Tama, T. J. L., & Waluyo, T. (2021). Analisis Arus Tiga Fasa Daya 197 Kva Dengan Menggunakan Metode Uji Normalitas Kolmogorov-Smirnov. Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer), 4(2), 213–216. https://doi.org/10.31598/jurnalresistor.v4i2.696

Purbayani, R., Nugraha, A. P., & Ihsanda, N. (2024). Korelasi Intensitas Pengasuhan Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. JOECE: Journal of Early Childhood Education, 1(1), 53–65. https://doi.org/10.61580/joece.v1i1.38

Sahir, S. H. (2021). Metode Penelitian. KBM Indinesia.

Sari, P. P., Sumardi, & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(1), 157–170.

Sembiring, R. S. B., & Nura, A. (2022). Pengaruh Motivasi Ekstrinsik dan Motivasi Intrinsik terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 3(4), 197–211. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v3i4.961

Septiani, F. D., Fatuhurrahman, I., & Pratiwi, I. A. (2021). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1104–1111. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1346

Setyaningrum, A., Rahman, A. M., & Ngesti, M. (2024). Dampak Harapan Orang Tua yang Tidak Realistis terhadap Akademik Remaja: Kajian Sistematik. Jurnal Psikologi, 1(4), 16. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2750

Sugiono, Noerdjanah, & Wahyu, A. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61. https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.

Wardani, A. D., Gunawan, I., Kusumaningrum, D. E., Benty, D. D. N., Sumarsono, R. B., Nurabadi, A., & Handayani, L. (2020). Student Learning Motivation: A Conceptual Paper. 487, 275–278. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201112.049

Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif: Jurnal Ilmu Administrasi. 3(2), 96–102.

Yuly Sakinatul Karomah, A. W. (2022). Hubungan pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa. 8, 54–60.

Yusuf Alwy, M., Herman, H, T., Abraham, A., & Rukmana, H. (2025). Analisis Regresi Linier Sederhana dan Berganda Beserta Penerapannya. Journal on Education, 01(02), 69–78.

Downloads

Published

2025-07-11