ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI MICROLEARNING PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DIKELAS III SD NEGERI 198 PALEMBANG

Authors

  • Ananda Universitas PGRI Palembang
  • Riswan Aradea Universitas PGRI Palembang
  • Kabib Sholeh Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29050

Keywords:

Kata Kunci: Strategi microlearning, pembelajaran bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi microlearning dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia dikelas III SD Negeri 198 Palembang. Microlearning merupakan pendekatan pembelajaran yang menyajikan materi dalam bentuk ringkas dan spesifik, seperti video singkat, gambar atau animasi, yang bertujuan mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawanc ara dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukan bahwa strategi microlearning dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, guru merancang media pembelajaran berbasis visual dan audiovisual yang sesuai dengan topik pembelajaran. Pelaksanan strategi ini dilakukan dengan menyajikan materi memalului media yang menarik, sehingga siswa lebih aktif dan fokus dalam belajar. Sementara itu, tahap evaluasi dilakukan melalui tanya jawab dan tugas singkat untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi. Hasilnya, strtegi ini mampu meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi microlearning memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III, karena mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menarik, efesien dan sesuai dengan kebutuhan siwa sekolah dasar di era digital saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Rizal. (2021). Penerapan microlearning dalam pembelajaran Bahasa.

Aini, N. (2022). Implementasi Microlearning dalam Pembelajaran Sekolah Dasar: Peluang dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 45-57.

Alim, N., & Sari, D.P. (2020). Penggunaan microlearning dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan bahsa dan sastra Indonesia, 10(1), 15-23.

Arifin, Z. (2021). Microlearning dalam pembelajaran bahasa: Teori dan praktik. jurnal Pendidikan dan pembelajaran, 8(2), 123-135. https://doi.org/10.1234/jpp.v8i2.5678

Arsyad, A. (2020). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Atmazaki. (2008). Pengembangan kurikulum dan pembelajaran bahasa Indonesia. Padang :UNP Press.

Atmazaki. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Perspektif Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 112-125.

Budiasni, N.L., & Darma, I.K. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. Denpasar: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Chatterjee, R., & Correia, A. P. (2020). Microlearning for Employee Training: What Works? International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17(1), 1-18.

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2021). e-Learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning (5th ed.). Wiley.

Dwi Lestari. (2020). Media Digital dalam microlearning. Jurnal teknologi Pendidikan, 8 (3), 89,95.

Fitriani, R., & Suparman, U. (2020). Pengaruh microlearning terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(2), 45–56.

Hamdani. (2019). Strategi Pembelajaran di Era Digital. Bandung: Pustaka Setia.

Haryono, A.(2021). Teknik pengumpulan dan Analisis data penelitian kualitatif. Jakarta : Pustaka pelajar.

Hasqi, D. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Retrieved from https://repository.ump.ac.id/8061/3/DWI%20HASQI%20PURWASIH%20BAB%20II.pdf

Herayanti, L., dkk. (2021). "Efektivitas Microlearning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa." Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 45-58.

Hidayati, N., & Rahmawati, D. (2020). Pengaruh microlearning terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia.jurnal ilmiah Pendidikan, 5(1), 45-58. https://doi.org/10.5678/jip.v5i1.1234

ICBS. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Menyenangkan dan Menarik. Retrieved from https://icbs.sch.id/pembelajaran-bahasa-indonesia-menyenangkan-dan-menarik/

Jurnal Pendidikan Bahasa,10 (2), 123-135.

Kaharudin. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Kemendikbud RI. (2023). "Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum Merdeka." Diakses dari www.kemdikbud.go.id pada 24 Februari 2025.

Kurniawan, A. (2022). Strategi microlearning dalam pembelajaran bahasa di sekolah dasar. jurnal penelitian Pendidikan ,9(3), 201-210. https://doi.org/10.2345/jpp.v9i3.910

Mayer, R. E. (2020). Multimedia Learning (3rd ed.). Cambridge University Press.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2019).Qualitative Data Analysis : A Methods Sourcebook (4 th ed). Sage publications.

Munir. (2021). Pembelajaran Digital Berbasis Microlearning. Bandung: Alfabeta.

Musfiqon. (2021). Media Pembelajaran Inovatif dan Interaktif. PT Bumi Aksara.

Nugroho, A.W., & Lestari, l. (2021). Strategi Microlearning dalam pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(2), 89-97.

Nurhadi. (2021).Implementasi microlearning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia disekolah dasar. Jurnal Pendidikan dasar, 7(1), 45-60.

Pambudi, M. A., & Windasari. (2021). Strategi Guru dalam Meningkatkan Literasi Digital pada Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(4), 640-646. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48999/40884

Pratiwi, S., & Setiawan, B. (2019). Implementasi microlearning dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas rendah, jurnal Pendidikan dasar, 6(4), 78-89. https://doi.org/10.3456/jpd.v6i4.789

Putri, C. (2020). Penerapan Microlearning dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(3), 45-53.

Putri, R. N., & Anwar, Y. (2023). Implementasi Microlearning Berbasis Video Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(3), 133-141.

Sari, R. (2023). Efektivitas microlearning dalam meningkatkan kemampuan berbahasa siswa SD. jurnal teknologi pendidikan, 10(1), 15-25. https://doi.org/10.6789/jtp.v10i1.1234

Setiawan, B. (2022). Penggunaan Microlearning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada IPA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(1), 87-96.

Sidiq, M.,&Choiri, M.A.(2019).Metodologi penelitian Pendidikan. Sidorjo: Nizamia Learning Center

Siti Nurjanah. (2022). Strategi Microlearning untuk siswa SD. Dalam prosiding seminar nasional Pendidikan (45-50). Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunendar, D., & Wibawa, A. (2020). Microlearning dalam Pendidikan: Konsep dan Implementasi. Jakarta: PT Indeks.

Wicaksono, A. (2020). "Pengaruh Penggunaan Media Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia." Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(2), 102-115.

Wulandari, D., & Susanto, H. (2021). Microlearning: Solusi pembelajaran bahasa yang efektif di era digital. jurnal inovasi pendidikan,7(2), 99-110. https://doi.org/10.2345/jip.v7i2.4567

Yuliani, R., & Setiawan, H. (2023). "Efektivitas Microlearning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di Sekolah Dasar". Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 22-34.

Yulianti, R., & Prabowo, H. (2022). Penerapan microlearning dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. , jurnal Pendidikan dan teknologi,11(3), 150-160. https://doi.org/10.7890/jpt.v11i3.1234

Zainuddin, M., & Fatimah, S. (2020). Microlearning sebagai metode inovatif dalam pembelajaran bahasa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan anak, 4(1), 30-40. https://doi.org/10.4567/jpa.v4i1.5678

Downloads

Published

2025-08-02