PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERISASI MATERI PECAHAN SISWA KELAS IV SDN 02 TUGU HARUM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29051Keywords:
Problem Based Learning, Literasi Numerasi, Materi PecahanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi numerasi siswa pada materi Pecahan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, pre eksperimental design. Tipe yang digunakan one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Tugu Harum. Sampel penelitian ini menggunakan seluruh populasi yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Tugu Harum. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling Jenuh dimana kelas berdistribusi normal dan homogen. Adapun instrumen yang digunakan, yaitu tes kemampuan literasi numerasi yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Hasil pengujian hipotesis uji-t diperoleh taraf sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak, sehingga terdapat pengaruh pada model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan literasi numerasi siswa pada materi pecahan kelas IVDownloads
References
Ambarwati, D., & Kurniasih, M, D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2857–2868.
Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 237–247.
Dwi. O & Rahman, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah mahasiswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Vol. 9. No.4. Hal: 1076-1085
Laili, V. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Peserta Didi
Marisyah, Firman, & Rusdinal. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai,3(3), 2–3.
Novi, K., Lepini, P., Made, S, I., & Sudarmawan, G, A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 278–286.
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Mathematics Education Journal, 3(1), 9–15.
Rerung, N., Sinon, I, L, S., & Widyaningsih, S, W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55.
Rusnilawati, R. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika bercirikan active knowledge sharing dengan pendekatan saintifik kelas VIII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 245–258
Rohim, D, C., & Nugraha, Y, A. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa di SD Jatiroto 01. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(3), 183–189.
Simamora, Y., Simamora, I. M & Andriani, K. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematik Siswa SMP. JPMS, 8 (2), 532-538.
Utami, P. F & Setyaningsih, E. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Pada Materi Hukum Newton. Skripsi.
Yosepus, H., Ketut, P., & ali, H. (2017). Pengaruh model Problem Based Learning terhadap kompetensi pengetahuan dan keterampilan berpikir kritis siswa madrasah Aliyah BPD Iha tentang konflik. Jurnal Penelitian Pendidikan. 34(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.