PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 6 LUBAI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29062Keywords:
Model Pembelajaran RADEC, Pemahaman Konsep, IPA, Perubahan Lingkungan, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi perubahan lingkungan di kelas V SD Negeri 6 Lubai. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep siswa yang disebabkan oleh dominasi metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi experiment type non-equivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes esai yang telah melalui proses validasi, uji reliabilitas, dan uji tingkat kesukaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata posttest siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest siswa pada kelas eksperimen sebesar 86,33, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 72,67. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test, diperoleh nilai t_hitung sebesar 4,031 dan t_tabel sebesar 2,048 (pada taraf signifikansi 5% dengan df = 28). Karena t_hitung > t_tabel (4,031 > 2,048), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran RADEC terhadap pemahaman konsep siswa. Dengan demikian, model RADEC terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi perubahan lingkungan dalam mata pelajaran IPA.Downloads
References
Anggraeni, O., Wahidy, A., & Utami, S. A. (2024). Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SBDP Kelas V SDN 30 Palembang. ALACRITY : Journal of Education, 4(2), 97–107. https://doi.org/10.52121/alacrity.v4i2.284
Yulisa, Y., Hakim, L., & Lia, L. (2020). Pengaruh Video Pembelajaran Fisika Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Smp. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 37. https://doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3445
Amelia, E. D., Imran, M. E., & Anisa. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discussion, Explain, and Create) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V pada Pembelajaran IPA SD Inpres Pattallassang. Journal on Education, 6(3), 17890–17901.
Apriansah, A., Sujana, A., & Ismail, A. (2024). Pengaruh Pembelajaran RADEC Terhadap Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa Kelas IV pada Materi Transformasi Energi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 45–56.
Dita, P. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Early Childhood Islamic Education Journal, 3(01), 73–85.
Handayani, S. (2019). Buku Model Pembelajaran Speaking Tipe STAD Yang Inspiratif Fun Game berbasis Karakter.
Hisbullah, & Nurhayati. (2018). PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR.
Ibrahim, M. B., Sari, F. P., Kharisma, L. P. I., Artawan, P., Sudipa, I. G. I., Simanihuruk, P., Rusmayadi, G., Muhammadiah, M., Nursanty, E., & Lolang, E. (2023). METODE PENELITIAN BERBAGAI BIDANG KEILMUAN (Panduan & Referensi).
Magdalena, I. (2022). TEORI DAN PRAKTIK EVALUASI PEMBELJARAN SD.
Rahmawati, L. E., & Huda, M. (2022). Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian.
Saputra, D. N., Listyaningrum, N., Leuhoe, Y. J. I., Apriani, Asnah, & Rokhayati, T. (2022). BUKU AJAR METODOLOGI PENELITIAN.
Sari, M. N., Mudrikah, S., Keban, Y. B., Bua, M. T., Apdoludin, Ningsih, P. E. A., Budiyini, A., Ishak, Hanifah, D. P., Dailami, A., & Cuhanazriansyah, M. R. (2024). METODOLOGI PWNWLITIAN TINDAKAN KELAS & RESEARCH AND DEVELOPMENT.
Vitriasari, L., Sopandi, W., Sujana, A., Ainunasya, R. N., Nenden, K., & Wandani, R. W. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Teknologi Pangan Melalui Model Pembelajaran RADEC Di Kelas 3 SD. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 13(2), 777–786.
Wahyudhi, Q. I., Winarsunu, T., & Sofa Amalia. (2019). 3 1,2,3. 07(01), 52–64.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.