PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SD NEGERI 2 LINGGOSARI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29063Keywords:
Model Problem Based Learning, hasil belajar, Pembelajaran IPASAbstract
Penelitialn ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar mata pelajaran IPAS siswa kelals IV di SD Negeri 2 Linggosari. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan Pre-Experimental Design dan desain One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 17 orang. Instrumen penelitian divalidasi oleh ahli materi dan bahasa. Siswa diberikaln pretest sebelum perlakuan dan posttest setelah penerapan model PBL. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari pretest sebesar 40,00 menjadi 75,50 pada posttest. Uji normalitas dengan Shapiro–Wilk menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Selanjutnya, uji-t berpasangan menunjukkan thitung = 19,316 > ttalbel = 1,740 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV. Model PBL mampu meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran yang menekankan pemecahan masalah dan kerja kolaboratif.Downloads
References
Anggraeni, O., Wahidy, A., & Utami, S. A. (2024). Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SBDP Kelas V SDN 30 Palembang. ALACRITY : Journal of Education, 4(2), 97–107. https://doi.org/10.52121/alacrity.v4i2.284
Fadila, V., Hakim, L., & Hera, T. (2022). HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 Vina Fadila , Lukman Hakim , Treny Hera Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang Surel : fadilavina34@gmail.com Wabah virus Covid-19 berda. 6(2), 77–87.
Anggraini, S. (2019). Pengaruh Model Pbl Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 13 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran …, 1–9.
Annisa, Asrin, & Khair, B. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Kuripan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 620–627.
Fitri, A. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk kelas IV.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5.
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia.
Julhadi. (2020). HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK.
Rahman, R., & Fuad, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar. DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 1(1), 75–80.
Rahmawati, L. E., & Huda, M. (2022). Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Muhammadiyah University Press.
Rifai, H., Mamoh, O., Mauk, V., & Dkk. (2024). kurikulum merdeka (implementasi dan pengaplikasian (N. Hidayati & S. Khaulah (eds.)).Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN. Literasi Media Publishing.
Suhelayanti, Z, S., Rahmawati, I., Tantu, Y. R. P., Kunusa, W. R., Suleman, N., Nasbey, H., S, J., Tangio, & Anzelina, D. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS).Sugiyono. (2016). metode penelitian kuantitatif,kualitatif dan R&D. alfabeta.
Syamsidah, & Suryani, . Hamidah. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL) Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan.
Zulfa, T., Tursinawati, & Darniuas, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 1(4), 62–70.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.