Penggunaan Media Pembelajaran Papan Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Pecahan Setengah Di Kelas 2
Penelitian Tindakan Kelas
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29108Keywords:
Papan Pecahan, Hasil Belajar, Media pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan setengah pada siswa kelas II UPT SD Negeri Doromukti dengan me nggunakan media papan pecahan. Metode yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mctaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari empat tahap yaitu: mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di UPT SD Negeri Doromukti dengan jumlah responden sebanyak 11 siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya penggunaan media papan pecahan itu dapat meningkatkan hasil belajar. Persentase ke tuntasan belajar meningkat dari 45,4% pada siklus I hingga mencapai 72,7% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa media papan pecahan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Downloads
References
Absari, R. U., & Nurdian, Y. (2022). Pendampingan Kebiasaan Baru Siswa SD Sebagai Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar dari Rumah. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 253. https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.8161
Andreastya, V. H., & Luqmana, I. I. (2024). PENGARUH MEDIA PAPAN PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN MENENTUKAN BILANGAN PECAHAN SISWA MI DARUL ULUM 2 JOGOROTO KEMAMPUAN MENENTUKAN BILANGAN PECAHAN SISWA MI DARUL ULUM 2 JOGOROTO. 2(7).
Astuti, L. F., Rusmiati Aliyyah, R., Gunadi, G., Subasman, I., & Gani, R. A. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Papan Pecahan Pada Materi Bilangan Pecahan Kelas V. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 3(1), 75–94. https://doi.org/10.56855/jpsd.v3i1.913
Baharuddin, M. R., & Abidin, M. Z. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Melalui Penerapan Pembelajaran Daring Berbasis Papan Tulis Digital Kelas IV SDN 03 Surutanga. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(2), 197–205. https://doi.org/10.30605/cjpe.422021.1456
BP, A. R. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. 2(1), 1–8.
Faot, I. Y. (2024). Penggunaan Media Papan Pecahan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan di Kelas III SD. 4, 3134–3142.
Habsy, B. A. (2019). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. 4(3), 57–71. http://marefateadyan.nashriyat.ir/node/150
Kholidah, Hidayat, Jamaludin, Leksono, 4Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 2023.KAJIAN ETNOSAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENUMBUHKAN NILAI KEARIFAN LOKAL DAN KARAKTER SISWA SD CHANOS CHANOS).MELALUI SATE BANDENG. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, & ISSN. (2023). INSTRUMEN TES DAN NON TES PADA PENELITIAN. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 43(4), 342–346.
Mustari, F. (2016). HUBUNGAN PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA DENGAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (SD). 09, 1–23.
Mutiara, M., fithriani Saleh, S., & Hadaming, H. (2023). Keefektifan Media Pembelajaran Papan Pecahan dalam Pembelajaran Materi Pecahan di Sekolah Dasar. Konstanta: Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(3), 134–141. https://journal.widyakarya.ac.id/index.php/konstanta-widyakarya/article/view/1061
Pramesti, A., Putri, F., Prastiwi, A. B., & Zamzuri, M. (2022). Penerapan Problem Baseed Learning dengan Media Papan Pecahan dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Matematika Kelas IV SD. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 5(1), 53–59. https://doi.org/10.59638/aijer.v5i1.297
SUHAR, S. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.51878/science.v2i1.984
Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Bioedukasi, 4(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305
Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur higher order thinking skills (HOTS) berorientasi programme for international student asessment (PISA) pada peserta didik. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 57–68. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.