pendidikan agama islam Pendidikan Surau Sebagai Pembentukan Karakter Islami di Minangkabau (Suatu Tinjauan Historis)

Authors

  • Nabillah Putri Harsita Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Budi Haryanto Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29120

Keywords:

Pendidikan Surau, Karakter Islami, Minangkabau

Abstract

Pendidikan karakter telah menjadi salah satu fokus utama dalam sistem pendidikan global, terutama dalam membentuk individu yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki integritas moral. beberapa penelitian masih ditemui adanya gap atau kesenjangan penelitian. Fokus penelitian dalam studi ini adalah peneliti mencoba mendeskripsikan pendidikan surau yang dapat membentuk karakter Islami remaja Minangkabau melalui pendekatan yang holistik dan terstrukturPenelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Sumber data penelitian ini menggunakan data primer seperti buku literatur islam, serta data sekunder meliputi jurnal, buku, dan dokumen resmi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis historis. Yang dimana, peneliti ingin menggali serta menelaah berbagai sumber informasi yang mengungkapkan masa lampau dan masa sekarang. Salah satu prinsip yang menjadi pilar dalam kehidupan sosial dan pemerintahan adat Minangkabau adalah Tungku Tigo Sajarangan. Elemen tersebut yaitu Niniak Mamak sebagai pemimpin adat, Alim Ulama sebagai pemimpin agama, dan Cadiak Pandai sebagai cendekiawan. Terdapat berbagai tokoh agama di lembaga pendidikan surau Minangkabau yang diketahui mempunyai peran kuat dalam membentuk karakter Islami Masyarakat. Dengan demikian, pendidikan surau itu layak sebagai model pendidikan karakter yang ideal. Serta terbukti secara historis menjadi sarana dalam pembentukan karakter Islami di kalangan remaja dari aktivitas pembelajaran, pembiasaan ataupun keteladanan dari guru terkait.

Downloads

Download data is not yet available.

References

afrijulianti, D., Hidayat, A. T., & Arweni. (2024). Revitalisasi Agama Dan Budaya Oleh Abuya Zahmir Ba Di Hiang Tinggi ,. Majalah Ilmiah Tabuah, 28(2), 166–175.

Afrinaldi, A. (2009). Rekonstruksi Pendidikan Surau Di Minangkabau (Tinjauan Analisis Psikologi Sosial). Ta’dib, 12(2), 192–200. Https://Doi.Org/10.31958/Jt.V12i2.169

Alam, D. R. M., Firdaus, R., & Jaenudin, J. (2023). Urgensi Pendidikan Karakter Islami Di Era Disrupsi. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 1131–1146.

Alfath, K. (2020). Pendidikan Karakter Disiplin Santri Di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro. Al-Manar, 9(1), 125–164. Https://Doi.Org/10.36668/Jal.V9i1.136

Chaniago, P. (2020). Representasi Pendidikan Karakter Dalam Film Surau Dan Silek (Analisis Semiotik Ferdinand De Saussure). Journal Of Islamic Education Policy, 4(2), 135–151. Https://Doi.Org/10.30984/Jiep.V4i2.1284

Fajri, A., & Mahmud, M. (2021). Distorsi Nilai Pendidikan Dan Perubahan Fungsi Surau Di Minangkabau. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 11(1).

Fajri, N., & Aprison, W. (2024). Perjuangan Syekh Sulaiman Ar-Rasuli Dalam Memajukan Agama Islam Di Ranah Minang. Indonesian Research Journal On Education : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 82–87. Https://Doi.Org/10.53489/Jis.V1i2.7

Fajria, R., & Fitrisia, A. (2024). Tinjauan Literatur Falsafah Adat Minangkabau : Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. Journal Of Education Research, 5(2), 1811–1816. Https://Doi.Org/10.37985/Jer.V5i2.994

Ferzania, F., & Murniyetti, M. (2022). Metode Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Santri Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Surau Balenggek Sikabu Bukit Lubuk Alung. Fondatia, 6(4), 1056–1070. Https://Doi.Org/10.36088/Fondatia.V6i4.2349

Habsy, B. A., Mufidha, N., Shelomita, C., Rahayu, I., & Muckorobin, M. I. (2023). Filsafat Dasar Dalam Konseling Psikoanalisis : Studi Literatur. Indonesian Journal Of Educational Counseling, 7(2), 189–199. Https://Doi.Org/10.30653/001.202372.266

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Literasi Nusantara.

Handrianto, C. (2012). Paradigma Kepemimpinan “Tungku Tigo Sajarangan” Di Minangkabau. Youth Leadership Conference, September 2012, 1–8.

Hasnah, R., Yafi, S., & Rahmi, R. (2024). Surau Sebagai Refleksi Tafaqquh Fi Al-Din Dan Urgensinya Terhadap Modernisasi Pendidikan Islam. Journal Of Education Research, 5(2), 2212–2221. Https://Doi.Org/10.37985/Jer.V5i2.1036

Igo, F. (2025). Distorsi Nilai-Nilai Pendidikan Dan Perubahan Fungsi Surau Di Minangkabau (Studi Kasus: Surau Gadang Syekh Burhanuddin, Korong Tanjung Medan, Nagari Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Irawan, T., Alwizar, A., Dewi, E., Dinata, S., Sahbana, M. D. R., & Firdaus, M. (2025). Pendidikan Karakter Perspektif Buya Hamka Dalam Buku Pribadi Hebat Serta Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 8(1), 11–30.

Januar, J. (2022). Implementation Of Syekh Muhammad Djamil Jaho ’ S Islamic Education Perspective Through Adat And Syara ’ Interaction. Islam Transformatif : Journal Of Islamic Studies, 6(2).

Kartini, K., Maharini, P., Raimah, R., Hasibuan, S. L., Harahap, M. H., & Armila, A. (2023). Pendekatan Historis Dan Pendekatan Filosofis Dalam Studi Islam. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(03), 21–29. Https://Doi.Org/10.56127/Jukim.V2i03.739

Khadimullah, K. H. A. M. Z. T. K. (2024). Menuju Tegaknya Syariat Islam Di Minangkabau: Peranan Ulama Sufi Dalam Pembaruan Adat. Marja.

Kharisman, M., Rama, B., & Siraj, A. (2024). Jejak Pendidikan Islam Di Sumatera Barat : Sejarah Awal, Lembaga Dan Tokoh Inspiratif. Tarqiyah : Jurnal Pendidikan Dan Literasi, 2(2), 29–46.

Latifah, Z. (2022). Syaikh Sulaiman Ar-Rasuli Penjaga Ajaran Ahl Al-Sunnah Wa Al-Jamâ’ah Di Minangkabau (1908-1970 M.

Muhammad Chairul Umar, & Riza, Y. (2022). Peran Ninik Mamak,Mamak Dan Kamanakan Di Minangkabau. Jurnal Budaya Nusantara, 5(3), 174–180. Https://Doi.Org/10.36456/Jbn.Vol5.No3.5733

Nagari, D. I., Pada, U., Masela, A. P., & Rivauzi, A. (2022). Sistem Tarekat Syattariyah Di Nagari Ulakan Pada Abad 21. Ondantia, 6(3), 449–461.

Naldi, P., Sodiq, A., & Suwendi. (2024). Pendidikan Sufistik Dalam Tradisi Islam: Analisis Konsep Pemikiran Sufistik Muhammad Jamil Jaho. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 9(1). Https://Doi.Org/10.25299/Al-Thariqah.2024.Vol9(1).16519

Noor Athiyah Inayati, S., Ramadhani, R., Ramadhani, R., & Hardianti, H. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Pemikiran Buya Hamka. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 49–58. Https://Doi.Org/10.56114/Maslahah.V1i1.47

Nurlaila, N., Kustati, M., & Amelia, R. (2023). Pendampingan Kegiatan Keagamaan Dalam Membentuk Karakter Anak Dengan Metode Pembiasaan Di Tpq Surau Istiqomah Kampung Ulak Tobek Godang Pasaman. Renata: Jurnal Pengabdian Masyarakat Kita Semua, 1(3), 85–91. Https://Doi.Org/10.61124/1.Renata.20

Pulungan, S. (2019). Sejarah Pendidikan Islam. Prenadamedia Group 1.

Puspitasari, Y. D., & Ulum, W. M. (2020). Studi Kepustakaan Siswa Hiperaktif Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Didika : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar , 6(2), 304–313.

Putri, D. K., & Wirdanengsih, W. (2022). Pola Hidup Mahasiswi Berasrama Di Kota Padang (Studi Pola Hidup Mahasiswi Asrama Yayasan Amal Saleh Di Kota Padang). Jurnal Perspektif, 5(2), 199–207.

Remiswal, R., Basit, A., & Azmi, F. (2021). Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Melalui Surau. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 168. Https://Doi.Org/10.32832/Tadibuna.V10i2.4766

Rosyid, A. (2023). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Berbasis Al-Qur’an. Tadribuna: Journal Of Islamic Education Management, 2(2), 76–89. Https://Doi.Org/10.61456/Tjiec.V2i2.87

Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597. Https://Doi.Org/10.37329/Cetta.V6i3.2603

Sulistyo, W. D., Pd, S., Pd, M., & Pd, S. (N.D.). Seminar Nasional “Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah.”

Syah, A. D. M., Sholikhudin, M. A., & Yusuf, A. (2023). Konsep Pendidikan Karakter Al-Ghazali Dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin Dan Relevansinya Terhadap Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 118–135.

Yola, N., Amri, M. U., & Thania, C. E. (2024). Transformasi Lembaga Pendidikan Islam Di Minangkabau : Peralihan Dari Tradisional Ke Modern Dalam Perspektif Sejarah Dan Dinamika Sosial. 5(1), 1–12.

Yulanda, N., Muchtar, S. Al, Malihah, E., & Sapriya, S. (2022). Kecerdasan Beragama Berbasis Pendidikan Surau Dalam Pembelajaran Di Minangkabau. Research And Development Journal Of Education, 8(2), 456. Https://Doi.Org/10.30998/Rdje.V8i2.12154

Yusuf, A. (2019). Best Practices Nilai-Nilai Karakter Multikultural Di Pondok Pesantren Ngalah, Pasuruan. Al Murabbi, 5(1), 36–56. Https://Doi.Org/10.35891/Amb.V5i1.2059

Yusutria, Y. (2021). Peran Syeikh Dalam Pembentukan Karakter Generasi Ranah Minangkabau Sumatera Barat Di Lembaga Pendidikan Surau. Jie (Journal Of Islamic Education), 6(1), 73. Https://Doi.Org/10.52615/Jie.V6i1.208

Downloads

Published

2025-08-03