EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI IPA KELAS V SDN 11 PALEMBANG

Authors

  • rizke purwaningtias Universitas PGRI Palembang
  • Patricia H.M Lubis Universitas PGRI Palembang
  • David Budi Irawan Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29146

Keywords:

Problem Based Learning, Critical Thinking Skills

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi keterampilan berfikir kritis siswa pada pembelajaran IPA yang masih kurang dan guru kurang tepat dalam memilih model pembelajaran sehingga kurang efektif dalam menyampaikan materi pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan berfikir kritis siswa kelas V SD Negeri 11 Palembang. Metode yang gunakan dalam penelitian ini adah metode quasi eksperimental design dengan pola nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari kelas V.A dengan jumlah siswa 14 orang dan V.B dengan jumlah siswa 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan program Microsoft Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based learning efektif terhadap keterampilan berfikir kritis siswa kelas V SD Negeri 11 Palembang. Pernyataan tersebut di Buktikan dari hasil data-data yang sudah ada, di mana hasil data akhir nilai rata- rata posttest menunjukkan kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata yang lebih besar yaitu 95,0 dari pada nilai rata-rata di kelas kontrol yaitu sebesar 70,6. Pernyataan tersebut  juga didukung dari hasil pengujian hipotesis yang menggunakan uji t menunjukkan nilai sebesar 6,317 dan sebesar 2,051, sehingga memenuhi kriteria yaitu thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan pernyataan tersebut maka hipotesis yang menyatakan bahwa penerapan model problem based learning mempunyai keefektifan terhadap keterampilan berfikir kritis siswa kelas V dapat diterima kebenarannya. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adilah, G. P., & Rosyida, F. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Geografi: Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Microlearning Di MAN 1 Malang. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 18(1), 466–483.

Anggitasari, V., Widyaningrum, T., & Utari, S. (2021). Pengembangan Berpikir Kritis Melalui Analisis Jurnal. Nasional Pendidikan, 1(1), 1954–1960.

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-Based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35.

Ariani, R. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3).

Arifah, N., Kadir, F., & Nuroso, H. (2021). Hubungan Antara Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Fisika Siswa. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 4(1), 14–20.

Asrini, N. W. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Pair Check. Journal of Education Action Research, 4(3), 338–344.

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–252.

Fitriani, N., Syaikhu, A., & Rahmad, I. N. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Suhu dan Kalor. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 261–269.

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355.

Indarsah, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Sifat-Sifat Cahaya Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1–27.

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175.

Nainggolan, R. M., & Sujarwo. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Base Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas 5 SD St Antonius Bangun Mulia Medan. Journal Pusat Studi Pendidikan Rakyat, 2(2), 1–8.

Nirwana, Khaeruddin, & Husniati, A. (2022). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Visual Pada Materi Sistem Pencernaan Siswa Kelas V SDN 3 Surutanga Palopo. Jurnal EduTech, 8(2), 135–145.

Pamungkas, D., & Safitri, D. N. (2024). A Systematic Literature Review of Problem-Based Learning in Mathematics: Developing Critical Thinking and Learning Interest. Journal of Educational Technology and Mathematics (JETM), 1(2), 8–15.

Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87–94.

Safitri, Y. E., & Asih, S. S. (2023). Pengembangan Media Komik Strip Digital Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis IPA. Joyful Learning Journal, 12(2), 92–98.

Sani, R. A. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Setyawan, M., & Koeswanti, H. D. (2021). Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(3), 489–496.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Bandung: Alfabeta.

Suryani, Y., Melasari, Nurjannah, N., Iskandar, I. T., Rokayah, O., & Prasetyo, I. U. (2023). Penerapan Lesson Study Dengan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 20(1), 37–44.

Tekisendi, H. R. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model PBL dan Karakter Islami Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Utama, K. H., & Kristin, F. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4).

Utami, H. B., Salsabila, E., & Wiraningsih, E. D. (2022). Pentingnya Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Dunia Pendidikan Matematika. J-PiMat, 4(2), 529–538.

Zulva, M., Turmuzi, M., & Saputra, H. H. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Si Bula (Stik Bilangan Bulat) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Kelas IV SDN 18 Cakranegara Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 812–820.

Downloads

Published

2025-08-04

Most read articles by the same author(s)