EFEKTIVITAS LKPD BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PERUBAHAN ENERGI KELAS IV SDN MRICAN 2

Authors

  • Agustina Alaida Yahya Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sutrisno Sahari, Nursalim Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29160

Keywords:

LKPD, CTL, Perubahan Energi

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas LKPD Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Perubahan Energi Kelas IV SDN Mrican 2. Metode yang digunakan pada penelitian ini mengunakan model pengembangan dengan pendekatan ADDIE menurut Branch. Pada metode ini terdapat 5 tahapan, yaitu (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Mrican 2. Teknik analisis data yang digunakan analisis yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji kevalidan ahli materi 94% dan skor ahli media 90%. Kedua skor tersebut diakumulasikan menjadi 92%, menunjukkan kategori sangat valid. (2) Hasil uji keefektifan menunjukkan rata-rata nilai soal evaluasi pada uji coba terbatas dengan persentase 85,7% dan uji coba luas dengan persentase 89,5%. Kedua skor tersebut diakumulasikan menjadi 87,6% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa produk LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) sangat valid dan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran materi perubahan energi kelas IV SDN Mrican 2

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdahamidah Putri, Arrasuli, B. A., & Adelia, R. P. (2021). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75–84.

Alfatonah, I. N. A., Kisda, Y. V., Septarina, A., Ravika, A., & Jadidah, I. T. (2023). Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Kelas IV. Jurnal Basicedu, 7(6), 3397–3405. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6372

Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2

Julaeha, N., & Altaftazani, D. H. (2021). Pembelajaran Mencermati Isi Teks Informasi Menggunakan Metode Project Based Learning pada Siswa Kleas III. Journal of Elementary Education, 04(02), 207–214.

Juwita, Maritasari, D. B., & Wardani, I. U. (2025). Pengembangan Media Digital Scrapbook Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas 4 Pada Materi Pengukuran. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 11(1), 325–336.

Lestari, Y. W., Sartika, R. P., Enawati, E., & Muharini, R. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Problem Based Learning ( PBL ) pada Materi Koloid. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5342–5351.

Mayasari, D., Damasriswara, R., & Sahari, S. (2023). Pengembangan Media Scrapbook Pada Teks Fiksi Berbasis Kearifan Lokal Jawa Timur Kelas IV SD. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1567–1574.

Muktadir, A., Prayuningtyas Angger Wardhani, Alrahmat Arif, & Jatu Wahyu Wicaksono. (2020). Media Scrapbook Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 146–156. https://doi.org/10.21009/jpd.v11i02.18278

Ramadani, A. N., Kirana, K. C., Astuti, U., & Marini, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Dunia Pendidikan (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(6), 784–808.

Rusmayana, T. (2021). Model Pembelajaran ADDIE Integrasi Pedati di SMK PGRI Karisma Bangsa Sebagai Pengganti Praktek Kerja Lapangan di Masa Pandemi Covid-19 (Vol. 6, Issue 1).

Sa’diah, N., Suherman, A., & Septiyanto, R. F. (2022). Pengembangan e-LKPD Berbasis CTL untuk Meningkatkan Sciences Process Skill pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 6(1), 84–93. https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss1/672

Sahabuddin, E. S., Hartoto, & Kaltsum, N. F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Digital Pada Pembelajaran Tematik. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(03), 219–232.

Sarni, E., & Junita, S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pembelajaran IPA Materi Siklus air Kelas V SDN 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2).

Situmorang, R., Simanungkalit, E., Karo-karo, D., BettySimanjuntak, E., & Simanuhuruk, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Canva Pada Tema 8 Subtema 1 Untuk Siswa Kelas V Sd Negeri 16 Urat Timur T.A2022/2023. Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(3).

Somantari, N. P. R. C., Wendra, I. W., & Darmayanti, I. A. M. (2022). Pembelajaram Menulis Teks Berita dengan Menggunakan Metode Information Search di Kelas VIII SMP Dharma Wiweka Denpasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(4), 478–487.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (4th ed.). Alfabeta.

Warisno, A. (2021). Standar Pengelolaan Pendidikan Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Islam. 1, 1–8.

Downloads

Published

2025-08-01