PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORDWAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS VI DI SD MURNI PADANG

Authors

  • Wilda Hariani Putri Universitas Negeri Padang
  • Zelhendri Zen Universitas Negeri Padang
  • Syafril Universitas Negeri Padang
  • Nofri Hendri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29165

Keywords:

Wordwall, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Wordwall terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS materi Rotasi dan Revolusi Bumi di SD Murni Padang, Kota Padang. Metode pada penelitian ini adalah metode kuantitatif, desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimenal dengan rancangan penelitian Post test Only Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan obserasi dan tes tulis. Analisis data dengan Uji t (Independent Sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan Wordwall dengan hasil belajar siswa berdasarkan rata-rata nilai posttest untuk kelas eksperimen sebesar 82,77 dan kelas kontrol sebesar 66,72. Dari analisis uji hipotesis menggunakan uji t di peroleh  = 4,638 > 2,021. Hal ini berarti menunjukkan terdapat perbedaan nilai posttest yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas VI di SD Murni Padang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

https://doi.org/10.31800/jtp. kw.v8 n1.p122--141

Minarta, S. M., & Pamungkas, H. P. (2022). Efektivitas Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa MAN 1 Lamongan. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, VI

Mukhid, A. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Surabaya : Jakad Media Publishing.

Muslih. (2017). Trend Pengembangan Ilmu di UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman.

Mujahidin, AA, Salsabila, UH, Hasanah, AL, Andani, M., & Aprillia, W. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran bold (quizizz, sway, dan wordwall) kelas 5 di sd muhammadiyah 2 wonopeti. Inovatif: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 1(2), 552–560.

Nugrahini, R. W., & Margunani, M. (2015). The Effect of Family Environment and Internet Usage on Learning Motivation. Jurnal Dinamika Pendidikan Unnes, 10(2), 166–175

Nuryadi, Dewi Astuti, T., Sri Utami, E., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian (1 ed.). Yogyakarta: Sibuku Media.

Pius Abdillah & Danu Prasetya, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, (Surabaya: Arloka, 2003), hlm. 256.

Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2022). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Wordwall. Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), Art. 1.

Putri, F. M. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daeing (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Pendidikan Dasar. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/54622

Downloads

Published

2025-08-06