PERAN LINGKUNGAN KELUARGA DALAM MENCEGAH EKSPLOITASI ANAK USIA DINI DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI PAUD BINTANG RANGGASOLO

Authors

  • Mardiantu Rahmah Universitas Muhammadiyah Bima
  • Ihlas, Ade S Anhar Universitas Muhammadiyah Bima

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.29182

Keywords:

Eksploitasi Anak, Peran Keluarga, Pendidikan Anak Usia Dini, PAUD

Abstract

Eksploitasi anak dalam dunia pendidikan merupakan masalah yang sering kali tidak disadari oleh keluarga, terutama dalam bentuk tekanan akademik atau pemberian tanggung jawab yang tidak sesuai usia anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran lingkungan keluarga dalam mencegah eksploitasi anak usia dini di PAUD Bintang Ranggasolo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dengan orang tua, serta penyebaran kuesioner kepada wali murid dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua belum memahami secara utuh bentuk eksploitasi anak dalam konteks pendidikan. Banyak orang tua yang, tanpa disadari, membebani anak dengan tugas atau tekanan belajar yang berlebihan. Namun, setelah adanya sosialisasi dari pihak sekolah dan keterlibatan dalam kegiatan parenting, pemahaman orang tua mulai mengalami perubahan. Lingkungan keluarga yang terbuka, mendukung, dan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak terbukti berperan penting dalam mencegah eksploitasi Kesimpulannya, keluarga memiliki peran utama dalam memberikan perlindungan kepada anak dari eksploitasi, dengan cara memahami kebutuhan anak sesuai tahap usianya, memberikan waktu bermain yang cukup, serta menghindari tuntutan berlebihan dalam aspek pendidikan. Upaya edukasi dan pendampingan kepada orang tua perlu terus dilakukan agar hak-hak anak usia dini dapat terjaga dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ummah, S. A., & Fitri, N. A. N. (2020).

Pengaruh lingkungan keluarga

terhadap perkembangan sosial

Emosional Anak Usia

Dini. SELING: Jurnal Program

Studi PGRA, 6(1), 84-88.

Wahidin, U. (2021). Peran strategis

keluarga dalam pendidikan

anak. Edukasi Islami: Jurnal

Pendidikan Islam, 1(02), 1-9.

Wahid, F. S., Setiyoko, D. T., Riono, S.

B., & Saputra, A. A. (2020).

Pengaruh lingkungan keluarga

dan lingkungan sekolah terhadap

prestasi belajar siswa. Syntax

Literate; Jurnal Ilmiah

Indonesia, 5(8), 555.

Zutema, A. K. S., & Nurwati, N. (2020).

Hubungan Eksploitasi Anak

Dalam Perspektif Hak Asasi

Manusia Dengan Tingkat

Kematian Anak. Focus: Jurnal

Pekerjaan Sosial, 3(2), 91-109.

Downloads

Published

2025-06-29