PERAN LINGKUNGAN KELUARGA DALAM MENCEGAH EKSPLOITASI ANAK USIA DINI DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI PAUD BINTANG RANGGASOLO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.29182Keywords:
Eksploitasi Anak, Peran Keluarga, Pendidikan Anak Usia Dini, PAUDAbstract
Eksploitasi anak dalam dunia pendidikan merupakan masalah yang sering kali tidak disadari oleh keluarga, terutama dalam bentuk tekanan akademik atau pemberian tanggung jawab yang tidak sesuai usia anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran lingkungan keluarga dalam mencegah eksploitasi anak usia dini di PAUD Bintang Ranggasolo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dengan orang tua, serta penyebaran kuesioner kepada wali murid dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua belum memahami secara utuh bentuk eksploitasi anak dalam konteks pendidikan. Banyak orang tua yang, tanpa disadari, membebani anak dengan tugas atau tekanan belajar yang berlebihan. Namun, setelah adanya sosialisasi dari pihak sekolah dan keterlibatan dalam kegiatan parenting, pemahaman orang tua mulai mengalami perubahan. Lingkungan keluarga yang terbuka, mendukung, dan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak terbukti berperan penting dalam mencegah eksploitasi Kesimpulannya, keluarga memiliki peran utama dalam memberikan perlindungan kepada anak dari eksploitasi, dengan cara memahami kebutuhan anak sesuai tahap usianya, memberikan waktu bermain yang cukup, serta menghindari tuntutan berlebihan dalam aspek pendidikan. Upaya edukasi dan pendampingan kepada orang tua perlu terus dilakukan agar hak-hak anak usia dini dapat terjaga dengan baik.Downloads
References
Ummah, S. A., & Fitri, N. A. N. (2020).
Pengaruh lingkungan keluarga
terhadap perkembangan sosial
Emosional Anak Usia
Dini. SELING: Jurnal Program
Studi PGRA, 6(1), 84-88.
Wahidin, U. (2021). Peran strategis
keluarga dalam pendidikan
anak. Edukasi Islami: Jurnal
Pendidikan Islam, 1(02), 1-9.
Wahid, F. S., Setiyoko, D. T., Riono, S.
B., & Saputra, A. A. (2020).
Pengaruh lingkungan keluarga
dan lingkungan sekolah terhadap
prestasi belajar siswa. Syntax
Literate; Jurnal Ilmiah
Indonesia, 5(8), 555.
Zutema, A. K. S., & Nurwati, N. (2020).
Hubungan Eksploitasi Anak
Dalam Perspektif Hak Asasi
Manusia Dengan Tingkat
Kematian Anak. Focus: Jurnal
Pekerjaan Sosial, 3(2), 91-109.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.