IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR SISWA BERDASARKAN FELDER SILVERMAN LEARNING STYLES MODEL (FSLSM) MENGGUNAKAN INDEX OF LEARNING STYLES (ILS) PADA KELAS TINGGI SDN 05 SITIUNG

Authors

  • Ahmad Ilham Asmaryadi PGSD FKIP Universitas Dharmas Indonesia
  • Dodi Widia Nanda PGSD FKIP Universitas Dharmas Indonesia
  • Aisyah sabirah PGSD FKIP Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29234

Keywords:

gaya bealajar, Felder Silverman Learning Styles Model (FSLSM),, Index Of Learning Styles (ILS)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh bahwa gaya belajarr siswa belum teridentifikasi secara efektif dan belum menemukan pola dalam mengindetifikasi gaya belajar tersebut, ini berdampak terhadap proses belajar siswa dikelas yang kurang optimal dan proses belajar yang tidak sesuai dengan preferensi gaya belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan Identifikasi gaya belajar siswa menggunakan Felder Silvermen Lerarning Styles Model (FSLSM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa berdasarkan  Felder Silverman Learning Styles Model (FSLSM) menggunakan Index Of Learning Styles (ILS) pada kelas tinggi SDN 05 Sitiung. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif  jenis penelitian survey, dengan bentuk desain survey cross secctional. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN 05 Sitiung, kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya. Sampel penelitian terdiri dari 39  siswa yang merupakan siswa kelas tinggi.  Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner Index Of Learning Styles (ILS) yang telah diterjemakan kedalam Bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan persentase siswa lebih banyak memilih gaya belajar Aktif pada dimensi pemprosesan sebanyak 28 siswa (69,23%),  gaya belajar sensing pada dimensi persepsi sebanyak 22 siswa (56,41%), gaya belajar verbal pada dimensi input sebanyak 21 siswa (53,84%) dan gaya belajar Sekuensial pada dimensi pemahaman sebanyak 22 siswa (56,41%). Maka siswa kekas tinggi memiliki kecenderungan gaya belajar ASVeSe dalam empat dimensi Felder-Silverman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, A. (2023). The Correlation between the Felder-Silverman Learning Style Model (FSLSM) and Students’ Final Achievement Test in Online Learning Environment (A Correlation Study at The Ninth-Grade of MTs An-najah in Academic Year 2020∕2021) A Skripsi Presented to the Fa. Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/73921%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/73921/1/11160140000091-Anisa Andriani.pdf

Bobbi DePorter dan Mike Hernacki, Quantum learning: Membiasakan belajar Nyaman dan Menyenangkan,Bandung: Kaifa, 2009, h. 110

Cahyaningrum, D. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Model Felder-Silverman Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas V Mi Al-Huda Karangnongko. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari

Chatib, M. (2009). Sekolahnya manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Kaifa. https://books.google.co.id/books?id=tDJ9AwAAQBAJ

Cook, D. A. (2005). Reliability and validity of scores from the index of learning styles. Academic Medicine, 80(10 SUPPL.). https://doi.org/10.1097/00001888-200510001-00026

Deri, A., Munir, M., & Nursalman, M. (2023). Identifikasi Gaya Belajar Pada Siswa Baru Menggunakan Index of Learning Styles pada LMS Moodle Sesuai Felder-Silverman Learning Styles Model. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 13633–13639. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/8562%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/8562/6988

El-Bishouty, M. M. (2019). Use of Felder and Silverman learning style model for

online course design. Educational Technology Research and Development, 67(1), 161–177. https://doi.org/10.1007/s11423-018-9634-6

Felder, R. M., & Brent, R. (2005). Understanding Student Differences. Journal of Engineering Education, 94(1), 57-72.

Felder, R. M., & Silverman, L. K. (1988). Learning and teaching styles and libraries. Journal of Engineering Education, 78(June), 674–681. https://www.engr.ncsu.edu/wp-content/uploads/drive/1QP6kBI1iQmpQbTXL-08HSl0PwJ5BYnZW/1988-LS-plus-note.pdf

Frank Coffield. (2004). learning style and pedagogy in post-16 learning : A systematic and critical review. Learning and Skills Research Centre. www.LSRC.ac.uk

Felder, S. (2014). Index of Learning Styles (ILS) Learning Style Questionnaire. Academic Skills Advice, 1–12. www.brad.ac.uk/academic-skills/%0A1

Gordon Dryden,dkk, Revolusi Cara Belajar (The Learning Revolution) Belajar akan Efektif Kalau Anda dalam Keadaan “Fun”, (Bandung: Kaifa, 2001), 351.

Gravenhorst, R. M. (2011). Gaya Belajar Siswa dan Prestasi Akademik dalam a. Desember 2014, 37-41. https://doi.org/10.1080/15290824.2007.10387333

Hidayat, A., Adi, K., & Surarso, B. (2021). Deteksi Gaya Belajar Siswa Menggunakan Indeks Gaya Belajar. 581.

Intan Widiyowati, I., & Kusumawardani, R. (2018). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas Xi Ipa Man 2 Samarinda Yang Miskonsepsi Tentang Koloid. Pros. Semnas KPK, 1, 1–4.

Jakni, (2016), Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Alfabeta: Bandung

Jesika, J. (2019). Pengaruh Gaya Belajar, Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orangtua, Dan Persepsi Siswa Tentang Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Parepare. Skripsi. Program Keahlian Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, UNM: Makassar. http://eprints.unm.ac.id/14031/1/Skripsi.pdf. Diakses 12-10-2021, 20:03

Kamba, A., Latief, M., Rohandi, M., & Kadim, A. A. (2024). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek Di Smk Negeri 1 Limboto. Inverted: Journal of Information Technology Education, 4(2), 1–8. https://doi.org/10.37905/inverted.v4i2.17417

Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Prentice Hall.

Lou Russel, The Accelerated Learning Fieldbook: Panduan Belajar Cepat untuk Pelajar dan Umum, Bandung: Nusa Media, 2011, h. 47

Rafy Safuri, Psikologi Islam, ( Jakarta : PT Raja Grafindo, 2009 ), h. 294

Rahmah, N. L. (2022). Nur+Lailatur+Rahmah. X(X), 9–14.

Riyanti, F., & Rustiana, A. (2019). Pengaruh Gaya Belajar, Kesiapan Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Terhadap Keaktifan Belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1083–1099. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28341

Marbun, S. L. (2019). Persepsi Mahasiswa Tentang Gaya Komunikasi Politik Presiden Joko Widodo Melalui Aplikasi Youtube. Jurnal Universitas Medan, 63. http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/10906

Nasharuddin, Wahyuddin, Amin Said, M., Yansa, H., Janna, M., & Reski Amelia, A. (2023). Gaya Belajar Mahasiswa Farmasi dalam Pembelajaran Fisika Berdasarkan Indeks Learning Style Felder Silverman. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 11(1), 132–142. https://doi.org/10.24252/jpf.v11i1.36183

Nasution, N. (2022). Hakikat Gaya Belajar Auditori dalam Pandangan Filsafat. At_Tazakki, 6(2), 255–270.

Nugroho, T. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Game Edukasi Terhadap Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Berhitung. 1–23.

Nurhasanah, N., Aribowo, B., Purwandari, A. T., Sumantri, D., Maulana, S., Yasmin, M. A., & Shity, C. (2022). pendekatan Analytical Network Process. 7(2), 72–79.

Park, Y., Moon, J., & Na, H. (2025). Elementary STEM Teachers’ Open Educational Resources and TPACK in a Professional Learning Network: A Case Study. Online Learning Journal, 29(1), 192–213. https://doi.org/10.24059/olj.v29i1.4102

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. UNY Press

Sugiyono, Prof. Dr. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 2nd ed. edited by M. Dr. Ir. Sutopo S.Pd. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.

Suteja, B. R. (2016). Personalisasi Konten Pendukung Pembelajaran Online Berbasis Model Gaya Belajar Felder Silverman. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia.

Wulansari, S. (2020). Septianti Wulansari_D74214068.

Zagulova, D., Boltunova, V., Katalnikova, S., Prokofyeva, N., & Synytsya, K. (2019). Pembelajaran Elektronik yang Dipersonalisasi : Hubungan Antara Model Felder - Silverman dan Kinerja Akademik. 24(1), 25-31.

LAMPIRAN

Lampiran 1 Instrumen Penelitian

Downloads

Published

2025-08-01