IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR SISWA BERDASARKAN FELDER SILVERMAN LEARNING STYLES MODEL (FSLSM) MENGGUNAKAN INDEX OF LEARNING STYLES (ILS) PADA KELAS TINGGI SDN 05 SITIUNG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29234Keywords:
gaya bealajar, Felder Silverman Learning Styles Model (FSLSM),, Index Of Learning Styles (ILS)Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh bahwa gaya belajarr siswa belum teridentifikasi secara efektif dan belum menemukan pola dalam mengindetifikasi gaya belajar tersebut, ini berdampak terhadap proses belajar siswa dikelas yang kurang optimal dan proses belajar yang tidak sesuai dengan preferensi gaya belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan Identifikasi gaya belajar siswa menggunakan Felder Silvermen Lerarning Styles Model (FSLSM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa berdasarkan Felder Silverman Learning Styles Model (FSLSM) menggunakan Index Of Learning Styles (ILS) pada kelas tinggi SDN 05 Sitiung. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif jenis penelitian survey, dengan bentuk desain survey cross secctional. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN 05 Sitiung, kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya. Sampel penelitian terdiri dari 39 siswa yang merupakan siswa kelas tinggi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner Index Of Learning Styles (ILS) yang telah diterjemakan kedalam Bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan persentase siswa lebih banyak memilih gaya belajar Aktif pada dimensi pemprosesan sebanyak 28 siswa (69,23%), gaya belajar sensing pada dimensi persepsi sebanyak 22 siswa (56,41%), gaya belajar verbal pada dimensi input sebanyak 21 siswa (53,84%) dan gaya belajar Sekuensial pada dimensi pemahaman sebanyak 22 siswa (56,41%). Maka siswa kekas tinggi memiliki kecenderungan gaya belajar ASVeSe dalam empat dimensi Felder-Silverman.Downloads
References
Andriani, A. (2023). The Correlation between the Felder-Silverman Learning Style Model (FSLSM) and Students’ Final Achievement Test in Online Learning Environment (A Correlation Study at The Ninth-Grade of MTs An-najah in Academic Year 2020∕2021) A Skripsi Presented to the Fa. Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/73921%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/73921/1/11160140000091-Anisa Andriani.pdf
Bobbi DePorter dan Mike Hernacki, Quantum learning: Membiasakan belajar Nyaman dan Menyenangkan,Bandung: Kaifa, 2009, h. 110
Cahyaningrum, D. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Model Felder-Silverman Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas V Mi Al-Huda Karangnongko. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari
Chatib, M. (2009). Sekolahnya manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Kaifa. https://books.google.co.id/books?id=tDJ9AwAAQBAJ
Cook, D. A. (2005). Reliability and validity of scores from the index of learning styles. Academic Medicine, 80(10 SUPPL.). https://doi.org/10.1097/00001888-200510001-00026
Deri, A., Munir, M., & Nursalman, M. (2023). Identifikasi Gaya Belajar Pada Siswa Baru Menggunakan Index of Learning Styles pada LMS Moodle Sesuai Felder-Silverman Learning Styles Model. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 13633–13639. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/8562%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/8562/6988
El-Bishouty, M. M. (2019). Use of Felder and Silverman learning style model for
online course design. Educational Technology Research and Development, 67(1), 161–177. https://doi.org/10.1007/s11423-018-9634-6
Felder, R. M., & Brent, R. (2005). Understanding Student Differences. Journal of Engineering Education, 94(1), 57-72.
Felder, R. M., & Silverman, L. K. (1988). Learning and teaching styles and libraries. Journal of Engineering Education, 78(June), 674–681. https://www.engr.ncsu.edu/wp-content/uploads/drive/1QP6kBI1iQmpQbTXL-08HSl0PwJ5BYnZW/1988-LS-plus-note.pdf
Frank Coffield. (2004). learning style and pedagogy in post-16 learning : A systematic and critical review. Learning and Skills Research Centre. www.LSRC.ac.uk
Felder, S. (2014). Index of Learning Styles (ILS) Learning Style Questionnaire. Academic Skills Advice, 1–12. www.brad.ac.uk/academic-skills/%0A1
Gordon Dryden,dkk, Revolusi Cara Belajar (The Learning Revolution) Belajar akan Efektif Kalau Anda dalam Keadaan “Fun”, (Bandung: Kaifa, 2001), 351.
Gravenhorst, R. M. (2011). Gaya Belajar Siswa dan Prestasi Akademik dalam a. Desember 2014, 37-41. https://doi.org/10.1080/15290824.2007.10387333
Hidayat, A., Adi, K., & Surarso, B. (2021). Deteksi Gaya Belajar Siswa Menggunakan Indeks Gaya Belajar. 581.
Intan Widiyowati, I., & Kusumawardani, R. (2018). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas Xi Ipa Man 2 Samarinda Yang Miskonsepsi Tentang Koloid. Pros. Semnas KPK, 1, 1–4.
Jakni, (2016), Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Alfabeta: Bandung
Jesika, J. (2019). Pengaruh Gaya Belajar, Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orangtua, Dan Persepsi Siswa Tentang Pemberian Tugas Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Parepare. Skripsi. Program Keahlian Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, UNM: Makassar. http://eprints.unm.ac.id/14031/1/Skripsi.pdf. Diakses 12-10-2021, 20:03
Kamba, A., Latief, M., Rohandi, M., & Kadim, A. A. (2024). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek Di Smk Negeri 1 Limboto. Inverted: Journal of Information Technology Education, 4(2), 1–8. https://doi.org/10.37905/inverted.v4i2.17417
Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Prentice Hall.
Lou Russel, The Accelerated Learning Fieldbook: Panduan Belajar Cepat untuk Pelajar dan Umum, Bandung: Nusa Media, 2011, h. 47
Rafy Safuri, Psikologi Islam, ( Jakarta : PT Raja Grafindo, 2009 ), h. 294
Rahmah, N. L. (2022). Nur+Lailatur+Rahmah. X(X), 9–14.
Riyanti, F., & Rustiana, A. (2019). Pengaruh Gaya Belajar, Kesiapan Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Terhadap Keaktifan Belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1083–1099. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28341
Marbun, S. L. (2019). Persepsi Mahasiswa Tentang Gaya Komunikasi Politik Presiden Joko Widodo Melalui Aplikasi Youtube. Jurnal Universitas Medan, 63. http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/10906
Nasharuddin, Wahyuddin, Amin Said, M., Yansa, H., Janna, M., & Reski Amelia, A. (2023). Gaya Belajar Mahasiswa Farmasi dalam Pembelajaran Fisika Berdasarkan Indeks Learning Style Felder Silverman. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 11(1), 132–142. https://doi.org/10.24252/jpf.v11i1.36183
Nasution, N. (2022). Hakikat Gaya Belajar Auditori dalam Pandangan Filsafat. At_Tazakki, 6(2), 255–270.
Nugroho, T. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Game Edukasi Terhadap Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Berhitung. 1–23.
Nurhasanah, N., Aribowo, B., Purwandari, A. T., Sumantri, D., Maulana, S., Yasmin, M. A., & Shity, C. (2022). pendekatan Analytical Network Process. 7(2), 72–79.
Park, Y., Moon, J., & Na, H. (2025). Elementary STEM Teachers’ Open Educational Resources and TPACK in a Professional Learning Network: A Case Study. Online Learning Journal, 29(1), 192–213. https://doi.org/10.24059/olj.v29i1.4102
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. UNY Press
Sugiyono, Prof. Dr. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 2nd ed. edited by M. Dr. Ir. Sutopo S.Pd. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.
Suteja, B. R. (2016). Personalisasi Konten Pendukung Pembelajaran Online Berbasis Model Gaya Belajar Felder Silverman. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia.
Wulansari, S. (2020). Septianti Wulansari_D74214068.
Zagulova, D., Boltunova, V., Katalnikova, S., Prokofyeva, N., & Synytsya, K. (2019). Pembelajaran Elektronik yang Dipersonalisasi : Hubungan Antara Model Felder - Silverman dan Kinerja Akademik. 24(1), 25-31.
LAMPIRAN
Lampiran 1 Instrumen Penelitian
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.