PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV B SDN 060873

Authors

  • Siti Rahmadhani Siregar STKIP Pangeran Antasari
  • Shafira Maharani STKIP Pangeran Antasari

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29236

Keywords:

Media Gambar, Bahasa Indonesia, Keterampilan Berbicara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media gambar memengaruhi kemampuan berbicara siswa kelas IV B SDN 060873. Karena kemampuan berbicara merupakan bagian penting dari bahasa, siswa kelas IV B masih kesulitan dalam menyusun kalimat yang rumit dan kurang percaya diri saat bercerita di depan kelas, yang menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Dengan demikian, sebanyak 24 siswa dijadikan sampel dalam penelitian kuantitatif ini, yang memiliki desain one-group pretest-posttest. Lembar tes digunakan untuk melaksanakan ujian lisan dalam rangka mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa telah meningkat secara signifikan. Dengan simpangan baku 96,522 dan 107,565, nilai rata-rata (mean) media gambar dari temuan Prettes adalah 80,50000 dan 87,50000, sedangkan nilai tertinggi adalah 93,00 dan 100,00. Nilai Minimum Keterampilan Berbicara (Y) pada Pretest dan Posttest Keterampilan Berbicara skor pretest 62,00 dan 75,00, skor posttest 87,00 dan 100,00, dan nilai rata-rata (mean) 78,0833 dan 89,0000, dengan simpangan baku 9,14576 dan 8,89064. Karena nilai rata-rata lebih besar dari simpangan baku, maka nilai rata-rata dan simpangan baku menunjukkan bahwa sebaran data sangat baik. Kesimpulan bahwa data yang diperoleh terdistribusi dengan sangat baik dapat ditarik dari hasil uji hipotesis satu sampel. Jika nilai Ha lebih besar dari 70% skor ideal dan nilai Ho lebih kecil atau sama dengan 70% skor ideal, maka kesimpulan tersebut dapat ditarik. H01 =     70% dan Hai =     70% nilai sig. (2-tailed) menunjukkan nilai 0,00 < 0,05. Maka dapat diputuskan Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini mengindikasikan bahwa media gambar memiliki pengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar khususnya siswa kelas tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifuddin, A., Maufur, S., & Farida, F. (2018). Pengaruh Penerapan Alat Peraga Puzzle dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di SD/MI. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 10. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13721

Azhari, A., & Darmiany, H. (2021). Pengaruh metode bercerita berbantuan media gambar terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III SDN 1 Sakra Selatan. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 25–34.

Damanix, C. (2021). Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Sukamaju Kota Tasikmalaya Melalui Penggunaan Media Gambar. Jurnal Wahana Pendidikan, 8(1), 27. https://doi.org/10.25157/wa.v8i1.4601

Ramayanti, D., & Armariena, D. N. (2024). Penggunaan Metode Cerita Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas III SDN. 4(1), 890–897.

Suningsih, N. W. (2023). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU SISWA KELAS VIII J SMP NEGERI 1 KINTAMANI. Paedagogy : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 3(2), 1–23.

Downloads

Published

2025-08-05