PENGARUH MEDIA FLASH CARD TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SDN 060873 MEDAN PADA MATERI DIRIKU

Authors

  • Kania Rahma Sari STKIP Pangeran Antasari
  • Siti Rahmadhani Siregar STKIP Pangeran Antasari

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29239

Keywords:

Media Flash Card, Kemampuan Membaca Permulaan

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang ditemukan dalam kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN 060873 Medan. Kondisi ini berpotensi menghambat perkembangan keterampilan membaca dasar serta menyebabkan kesulitan membaca pada siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flash card dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN 060873 Medan. Pelaksanaan penelitian dilakukan di kelas 1 sekolah tersebut. Metode yang digunakan aadalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen, serta desain yang digunakan yaitu one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SDN 060873 Medan, dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel terdiri dari 28 siswa kelas 1-B. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penggunaan media flash card secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa, yang terhihat dari peningkatan hasil antara pretest dan posttest.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Alfiananda, D., & Indahyati, R. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis dengan Menggunakan Media Flash Card. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 4, 98–114. https://doi.org/10.61227/arji.v4i2.79

Andriana, E., Rokmanah, S., & Meisaroh, S. (2023). ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS II PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN SERANG 11. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09, 583–594.

Asrulla, A., Risnita, Jailani, M., Jeka, F., Negeri, U., Thaha, S., & Jambi, S. (2024). Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis.

Dermawan, D. (2022). MODEL LATIHAN DUMBBELL SIDE LUNGES DAN DUMBBELL WALKING SQUAT TERHADAP POWER TUNGKAI. Journal Of Physical Education, 3, 1–4. https://doi.org/10.33365/joupe.v3i1.1754

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis

Lestari, E. (2021). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELAS 1 SD NEGERI 01 SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA. Consilium: Education and Counseling Journal, 1, 112. https://doi.org/10.36841/consilium.v1i2.1098

Muyassyaroh, I. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Media Tubokas. Mikro Media Teknologi. https://books.google.co.id/books?id=0EZ3EAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Paling, S., Sari, R., Mas Bakar, R., Cory Candra Yhani, P., Mukadar, S., Lidiawati, L. S., Indah, N., & Hilir, A. (2023). Belajar dan Pembelajaran PT. MIFANDI MANDIRI DIGITAL.

Siregar, S., Ainun, N., & Syahrina, A. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 060950 MEDAN LABUHAN. Jurnal Binagogik, 10, 33–45. https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.484

Sudaryati, S., Pattiasina, P. J., Deswalantri, D., Widayati, U., Rukmana, A. Y., Normasunah, N., Meisuri, M., & Keban, S. K. K. (2023). Keterampilan membaca. December, 1–143.

Sultan, M., & Paurru, T. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V UPT SD Negeri 96 Pinrang. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 1, 44–50. https://doi.org/10.54065/pelita.1.2.2021.59

Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55

Downloads

Published

2025-08-04