PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN ISTIMA’ PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB DI IAI IMAM SYAFII INDONESIA

Authors

  • Resy Mulyani Institut Agama Islam Imam Syafii Indonesia
  • Siti Nurdinah Institut Agama Islam Imam Syafii Indonesia
  • Delima Afriyanti Institut Agama Islam Imam Syafii Indonesia

Keywords:

Pembelajaran Istima', Problematika Pendidikan Bahasa Arab, Motivasi dan Teknologi Pengajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis problematika yang dihadapi dalam pembelajaran istima' (mendengarkan) pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di Institut Agama Islam  Imam Syafii Indonesia. Pembelajaran istima' merupakan salah satu keterampilan penting dalam penguasaan bahasa Arab yang membutuhkan pendekatan khusus. Namun, dalam praktiknya, terdapat berbagai tantangan yang menghambat efektivitas pembelajaran, baik dari sisi kurikulum, metode pengajaran, hingga faktor eksternal yang mempengaruhi kemampuan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara dan observasi sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya media pembelajaran yang variatif, minimnya penguasaan teknologi oleh pengajar, serta kesulitan dalam memahami berbagai aksen atau dialek bahasa Arab menjadi faktor utama yang mempengaruhi kualitas pembelajaran istima'. Selain itu, rendahnya motivasi dan kebiasaan mahasiswa dalam berlatih mendengarkan bahasa Arab juga turut memperburuk kondisi ini. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan rekomendasi untuk peningkatan penggunaan teknologi dalam pembelajaran, pengembangan metode yang lebih inovatif, serta peningkatan motivasi mahasiswa agar dapat mengatasi problematika yang ada dan meningkatkan kualitas pembelajaran istima' di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAI Imam Syafii Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyanti, D., & Segati, A. (2023). Implementasi Program BAZNAS Kota Pekanbaru Pada Kesejahteraan Mustahik. Jurnal Ekonomi Islam, 1(1), 54–62.

Fadira, Y. A., Chandra, C., & Kharisma, I. (2025). Analisis Kemampuan Menyimak Informasi dari Media Audio pada Siswa Kelas VI SD. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(2), 74–86.

Jauhari, Q. A. (2018). Pembelajaran Maharah Istima Di Jurusan PBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(1), 129–152.

Mantiq, A., & Nurdinah, S. (2025). PENINGKATAN LITERASI DIGITAL MELALUI PEMANFAATAN E-BOOK INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH PESANTREN TEKNOLOGI RIAU. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 23–27.

Mazlina, Fidri, N. (2024). Pengaruh Metode Imla ’ Terhadap Maharah Kitabah Siswa Madrasah Aliyah an - Ni ’ Mah Batam. 2(2), 156–164.

Mulyani, R. (2023). KEMAHIRAN MENULIS DALAM KONTEKS BAHASA ARAB. AL-MA’LUMAT: JURNAL ILMU-ILMU KEISLAMAN, 1(2), 1–8.

Mulyani, R. (2024). PENTINGNYA BELAJAR BAHASA ARAB DALAM MEMAHAMI AL-QUR’AN DAN HADITS. AL-MA’LUMAT: JURNAL ILMU-ILMU KEISLAMAN, 2(1), 33–39.

Mulyani, R., Zakiyyah, R., & Nurdinah, S. (2023). Dinamika perkembangan semantik bahasa Arab dalam perspektif Islam. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 418–427.

Ni’mah, K. (2016). PEMBELAJARAN ISTIMA’BAHASA ARAB DENGAN METODE STORYTELLING. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 3(2), 166–188.

Nurhayati, Fidri, M., & Saputra, D. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kota Batam. 1(1), 1–9.

Rahman, S. A., Maharani, K., Hakim, A. R., Fauzan, M. R., & Fu’adi, A. (2024). Manfaat Pembiasaan Istima’dalam Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 251–256.

Widjiantoro, S. T., Yuanda, L., & Kusuma, F. (2025). MEMBANGUN KESADARAN FINANSIAL DIGITAL: IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI KEUANGAN BAGI MASYARAKAT. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 17–22.

Downloads

Published

2025-08-04