PENGGUNAAN PUZZLE MATEMATIKA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATERI PECAHAN DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29315Keywords:
Learning Interest, Educational Puzzle, Fraction Material, Elementary School, Students.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media puzzle matematika terhadap minat belajar siswa pada materi pecahan di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain kelompok paralel yang terdiri dari kelompok eksperimen (menggunakan puzzle) dan kelompok kontrol (tanpa puzzle). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di salah satu sekolah dasar di Madegondo 01 Grogol Sukoharjo yang dipilih secara purposive. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah angket minat belajar, yang dikembangkan berdasarkan indikator minat belajar siswa. Guna menjamin validitas isi instrumen, dilakukan uji validitas Aiken's V dengan melibatkan tiga orang ahli pendidikan dasar. Setiap butir dalam angket dinilai pada skala 1–5, mulai dari "sangat tidak setuju" hingga "sangat setuju". Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai Aiken's V untuk setiap item berada pada rentang 0,75 hingga 1.00, yang berarti semua item dinyatakan valid secara isi dan layak digunakan dalam penelitian. Setelah pelaksanaan pembelajaran, data dianalisis menggunakan uji-t dua sampel independen untuk membandingkan skor minat belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, di mana kelompok yang belajar dengan media puzzle menunjukkan minat belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelompok yang menggunakan metode konvensional. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan puzzle sebagai media pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa, khususnya pada materi pecahan di sekolah dasar. Kata Kunci: Minat Belajar, Puzzle Edukatif, Materi Pecahan, Sekolah Dasar, Siswa.Downloads
References
Jannah, I., & Setyawan, A. (2022).
Pemanfaatan Media
Pembelajaran Papan Puzzle
Pecahan untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa SDN
Bancaran 3 Bangkalan. Jurnal
Literasi Digital, 2(2), 124–131.
Retrieved from
https://doi.org/10.54065/jld.2.2.2
022.191
Lestari, A. (2022). Strategi
pembelajaran aktif untuk siswa
SD. Jurnal Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, 10(2), 80–88.
Marlina, E. (2021). Peran guru dalam
menciptakan pembelajaran
menyenangkan. EduTech: Jurnal
Teknologi Dan Pendidikan, 5(3),
67–73.
McMahon, B. (2024). Using visual
fraction models to support
learning. Journal of Math
Education, 33(1), 12–19.
Mishra, P., Pandey, C. M., Singh, U.,
Gupta, A., Sahu, C., & Keshri, A.
(2019). Descriptive statistics and
normality tests for statistical data.
Annals of Cardiac Anaesthesia,
22(1), 67–72.
Nurhidayah, D., & Haryanto, A.
(2020). Efektivitas Media Puzzle
Edukatif terhadap Peningkatan
Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah
Dasar. Jurnal Edukasi Dan
Teknologi Pembelajaran, 8(1),
45–52.
Permatasari, D., Hidayat, T., &
Supardi, Z. A. (2021). The
effectiveness of e-learning based
on N-Gain analysis in physics
education. Jurnal Pendidikan
Fisika Indonesia (Indonesian
Journal of Physics Education),
17(1), 39–45. Retrieved from
https://doi.org/10.15294/jpfi.v17i1
.26627
Puspitasari, L., & Rahayu, S. (2022).
Media game edukatif untuk
pemahaman konsep pecahan.
Jurnal Inovasi Pendidikan, 14(1),
25–33.
Putri, A. M., & Nurfadhilah, S. (2020).
Validitas isi instrumen
menggunakan Aiken’s V untuk
pengembangan asesmen
pembelajaran. Jurnal Evaluasi
Pendidikan, 11(2), 145–152.
Retrieved from
https://doi.org/10.21831/jep.v11i2
.35082
Putri, N. A. (2023). Penggunaan
puzzle matematika dalam
pembelajaran pecahan. Jurnal
Pendidikan Dasar Indonesia,
8(1), 23–30.
Razali, N. M., & Wah, Y. B. (2011).
Power comparisons of Shapiro-
Wilk, Kolmogorov-Smirnov,
Lilliefors and Anderson-Darling
tests. Journal of Statistical
Modeling and Analytics, 2(1),
21–33.
Saifuddin, A. Z., & Anwar, R. K.
(2020). Analisis validitas isi
menggunakan indeks Aiken’s V.
Jurnal Penelitian Dan Evaluasi
Pendidikan, 24(1), 12–20.
Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan
Motivasi Belajar Mengajar.
Rajawali Pers.
Sari, D. P., & Permana, I. (2021).
Pengaruh pendekatan
pembelajaran konvensional
terhadap pemahaman konsep
matematika. Jurnal Ilmiah
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.