PENGGUNAAN PUZZLE MATEMATIKA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATERI PECAHAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Cindhi Mafiroh Indrasari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Nurratri Kurnia Sari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29315

Keywords:

Learning Interest, Educational Puzzle, Fraction Material, Elementary School, Students.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media puzzle matematika terhadap minat belajar siswa pada materi pecahan di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain kelompok paralel yang terdiri dari kelompok eksperimen (menggunakan puzzle) dan kelompok kontrol (tanpa puzzle). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di salah satu sekolah dasar di Madegondo 01 Grogol Sukoharjo yang dipilih secara purposive. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah angket minat belajar, yang dikembangkan berdasarkan indikator minat belajar siswa. Guna menjamin validitas isi instrumen, dilakukan uji validitas Aiken's V dengan melibatkan tiga orang ahli pendidikan dasar. Setiap butir dalam angket dinilai pada skala 1–5, mulai dari "sangat tidak setuju" hingga "sangat setuju". Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai Aiken's V untuk setiap item berada pada rentang 0,75 hingga 1.00, yang berarti semua item dinyatakan valid secara isi dan layak digunakan dalam penelitian. Setelah pelaksanaan pembelajaran, data dianalisis menggunakan uji-t dua sampel independen untuk membandingkan skor minat belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, di mana kelompok yang belajar dengan media puzzle menunjukkan minat belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelompok yang menggunakan metode konvensional. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan puzzle sebagai media pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa, khususnya pada materi pecahan di sekolah dasar. Kata Kunci: Minat Belajar, Puzzle Edukatif, Materi Pecahan, Sekolah Dasar, Siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jannah, I., & Setyawan, A. (2022).

Pemanfaatan Media

Pembelajaran Papan Puzzle

Pecahan untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Siswa SDN

Bancaran 3 Bangkalan. Jurnal

Literasi Digital, 2(2), 124–131.

Retrieved from

https://doi.org/10.54065/jld.2.2.2

022.191

Lestari, A. (2022). Strategi

pembelajaran aktif untuk siswa

SD. Jurnal Pendidikan Guru

Sekolah Dasar, 10(2), 80–88.

Marlina, E. (2021). Peran guru dalam

menciptakan pembelajaran

menyenangkan. EduTech: Jurnal

Teknologi Dan Pendidikan, 5(3),

67–73.

McMahon, B. (2024). Using visual

fraction models to support

learning. Journal of Math

Education, 33(1), 12–19.

Mishra, P., Pandey, C. M., Singh, U.,

Gupta, A., Sahu, C., & Keshri, A.

(2019). Descriptive statistics and

normality tests for statistical data.

Annals of Cardiac Anaesthesia,

22(1), 67–72.

Nurhidayah, D., & Haryanto, A.

(2020). Efektivitas Media Puzzle

Edukatif terhadap Peningkatan

Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah

Dasar. Jurnal Edukasi Dan

Teknologi Pembelajaran, 8(1),

45–52.

Permatasari, D., Hidayat, T., &

Supardi, Z. A. (2021). The

effectiveness of e-learning based

on N-Gain analysis in physics

education. Jurnal Pendidikan

Fisika Indonesia (Indonesian

Journal of Physics Education),

17(1), 39–45. Retrieved from

https://doi.org/10.15294/jpfi.v17i1

.26627

Puspitasari, L., & Rahayu, S. (2022).

Media game edukatif untuk

pemahaman konsep pecahan.

Jurnal Inovasi Pendidikan, 14(1),

25–33.

Putri, A. M., & Nurfadhilah, S. (2020).

Validitas isi instrumen

menggunakan Aiken’s V untuk

pengembangan asesmen

pembelajaran. Jurnal Evaluasi

Pendidikan, 11(2), 145–152.

Retrieved from

https://doi.org/10.21831/jep.v11i2

.35082

Putri, N. A. (2023). Penggunaan

puzzle matematika dalam

pembelajaran pecahan. Jurnal

Pendidikan Dasar Indonesia,

8(1), 23–30.

Razali, N. M., & Wah, Y. B. (2011).

Power comparisons of Shapiro-

Wilk, Kolmogorov-Smirnov,

Lilliefors and Anderson-Darling

tests. Journal of Statistical

Modeling and Analytics, 2(1),

21–33.

Saifuddin, A. Z., & Anwar, R. K.

(2020). Analisis validitas isi

menggunakan indeks Aiken’s V.

Jurnal Penelitian Dan Evaluasi

Pendidikan, 24(1), 12–20.

Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan

Motivasi Belajar Mengajar.

Rajawali Pers.

Sari, D. P., & Permana, I. (2021).

Pengaruh pendekatan

pembelajaran konvensional

terhadap pemahaman konsep

matematika. Jurnal Ilmiah

Downloads

Published

2025-08-02